Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Latihan Teknik Smash (spike). Latihan Smash (Spike)- semi Spike semi adalah pukulan dengan memakai ketinggian bola sedang. Ada beberapa hal yang harus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Latihan Teknik Smash (spike). Latihan Smash (Spike)- semi Spike semi adalah pukulan dengan memakai ketinggian bola sedang. Ada beberapa hal yang harus."— Transcript presentasi:

1 Latihan Teknik Smash (spike)

2 Latihan Smash (Spike)- semi Spike semi adalah pukulan dengan memakai ketinggian bola sedang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan spike  Dituntut kecepatan dan ketepatan melakukan tolakan karena bola tidak terlalu tinggi  Awalan tidak terlalu jauh dengan net  Lambungan tangan juga tidak terlalu tinggi  Tolakan dan awalan yang tidak terlalu jauh.  Berlatihlah melakukan spike yang sesungguhnya

3 Kesalahan-kesalahan dalam melakukan smash : 1. Langkah awalan terlalu lebar dan meloncat, hal ini berakibat mengurangi daya tolak ke atas 2. Tergesa-gesa melangkah maju sebelum bola diumpan, sehingga pemain melompat di bawah bola. 3. Start awalan terlalu awal atau terlambat.meloncat keatas di bawah bola, sehingga pukulan tidak dapat keras dengan penuh tenaga. 4. Persiapan utnuk melonccat lutut kurang ditekuk (step terakhir dari awalan), sering pula ayunan ke dua lengan lewat samping belakang badan, sehingga tinggi loncatan akan berkurang beberapa cm dan lompatan akan banyak ke depan dibandingkan dengan daya ke atas 5. jari-jari menggenggam saat memukul

4 Lanjutan 6. Lengan pemukul siku terlalu dibengkokkan, sehingga pengambilan bola smash tidak dapat mencapai titik tertinggi raihan diatas net. 7. Kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan saat memukul bola 8. Mendarat dengan satu kaki dan tidak lentuk, sehingga mudah lelah serta cepat mengalami kerusakan tendo-tendo otot dan ligamentum. 9. Meloncat ke depan yang sering mengakibatkan menyentuh net, apabila umpan dekat net.

5 Latihan teknik membendung spike perorangan dan beregu Membendung /block merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik. Teknik melakukan bendungan/block adalah sebagai berikut : 1. Sikap Awal a. Sikap kedua kaki sejajar berdiri di dekat net b. Kedua tangan ditekuk dimuka net 2. Tolakan. Dilakukan dengan dua kaki dan dilakukan sejenak setelah spiker menolak (meloncat). Kedua lengan lurus serong kedepan jari-jari dibuka dan gerakan tangan aktif. 3. Sikap Akhir, a. Mendarat dengan dua kaki dan mengeper b. Serta pertahankan keseimbangan jangan sampai menyentuh net.


Download ppt "Latihan Teknik Smash (spike). Latihan Smash (Spike)- semi Spike semi adalah pukulan dengan memakai ketinggian bola sedang. Ada beberapa hal yang harus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google