Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ade Maesyaputra Oktofiansyah XIXI IPA 1. Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ade Maesyaputra Oktofiansyah XIXI IPA 1. Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat."— Transcript presentasi:

1 Ade Maesyaputra Oktofiansyah XIXI IPA 1

2 Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap keadaan lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah berlebihan. Suratman (1975) kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan kepada seseorang untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang layak. dengan kata lain dapat pula didefinisikan sebagai kemampuan untuk menunaikan tugas dengan baik walaupun dalam keadaan sukar, dimana orang yang kesegaran jasmaninya kurang, tidak akan dapat melakukannya.

3 Kebugaran jasmani berfungsi untuk meningkatkan kemampuan kerja bagi siapapun yang memilikinya sehingga dapat melaksanakan tugas-tugasnya secara optimal untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Dari hasil seminar kebugaran jasmani nasional pertama yang dilaksanakan diJakarta pada tahun 1971 dijelaskan bahwa fungsi kebugaran jasmani adalah untuk mengembangkan kekuatan, kemampuan, dan kesanggupan daya kreasi serta daya tahan dari setiap manusia yang berguna untuk mempertinggi daya kerja dalam pembangunan dan pertahanan bangsa dan negara.

4 Kebugaran jasmani terdiri dari dua bagian, yaitu : Kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan (healtah related fitness)terdiri dari : daya tahan jantung paru (cardiorespiatory), kekuatan otot, daya tahan otot, fleksibilitas, dan komposisi tubuh. Kebugaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan (skill related) terdiri dari : kecepatan, power, keseimbangan, kelincahan, koordinasi dan kecepatan reaksi (Mutohir dan Gusril, 2004 :72) Menurut Sadoso Sumosardjuno (1989 : 9), mengelompokkan Kesegaran jasmani dalam 4 komponen pokok diantaranya : - Ketahanan jantung dan peredaran darah (cardiovascular endurance) - Kekuatan (strength) - Ketahanan otot (muscular endurance) - Kelenturan (flexibility)

5 Lari 60 meter gantung angkat tubuh untuk putra (pull up) gantung siku tekuk untuk putri (tahan pull up) Baring duduk (sit up) Loncat tegak (vertical jump)

6 Lari 1200 meter Lari 1000 meter Lompat Tali Senam Lantai Push up

7 Lari ini bertujuan untuk mengukur kecepatan yang dilakukan pada lintasan yang berjarak 60 meter. Cara Pelatihannya sama seperti pada lari jarak dekat yang menggunakan waktu dan Aba-aba pada start. Waktu yang digunakan diusahakan seminimal mungkin. Latihan ini akan menunjang speed kamu dalam menggerakkan kaki dan reflek kamu.

8 Latihan ini bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan bahu. Latihan ini dapat dilakukan pada palang tunggal, Kedua tangan berpegangan pada palang tunggai selebar bahu Pegangan telapak tangan menghadap ke arah letak kepala. Gerakannya dilakukan dengan Mengangkat tubuh dengan membengkokkan kedua lengan, sehingga dagu menyentuh atau berada di atas palang tunggal kemudian kembali ké sikap permulaan.

9 Latihan ini bertujuan untuk mengukur kekuatan dan ketahanan otot lengan dan bahu. Latihan ini dapat dilakukan pada palang tunggal, Kedua tangan berpegangan pada palang tunggai selebar bahu Pegangan telapak tangan menghadap ke arah letak kepala. Gerakan latihan ini dilakukan Dengan bantuan tolakan kedua kaki, peserta melompat ke atas sampai dengan mencapai sikap bergantung siku tekuk, dagu berada di atas palang tunggal Sikap tersebut dipertahankan selama mungkin.

10 Sit up adalah latihan yang digunakan untuk melatih kekuatan otot perut. Sit up dilakukan dengan berbaring telentang di lantai, kedua lutut ditekuk dengan sudut 90˚ dengan kedua jari- jarinya diletakkan di belakang kepala. Kemudian bergerak mengambil sikap duduk sampai kedua sikunya menyentuh paha, kemudian kembali ke sikap awal.

11 Vertical Jump adalah latihan yang bertujuan untuk mengukur daya ledak / tenaga eksplosif. Vertical Jump dilakukan dengan posisi berdiri tegak dekat dinding, kaki rapat, papan skala berada pada sisi kanan / kiri badan peserta. Angkat tangan yang dekat dinding lurus ke atas, telapak tangan ditempelkan pada papan skala hingga meninggalkan bekas jari. Peserta mengambil awalan dengan sikap menekukkan lutut dan kedua lengan diayun ke belakang. Kemudian peserta meloncat setinggi mungkin sambil menepuk papan dengan tangan yang terdekat sehingga menimbulkan bekas.

12 Lari 1200 meter adalah latihan yang bertujuan untuk mengukur daya tahan jantung paru, peredaran darah dan pernafasan. Lari 1200 meter ini dilakukan dengan start tegak maupun start jongkok dan dengan diawali dengan aba-aba. Dan usahakan waktu yang digunakan seminimal mungkin dan bertahap agar Latihan tidak sia-sia.

13 Lari 1000 meter adalah latihan yang bertujuan untuk mengukur daya tahan jantung paru, peredaran darah dan pernafasan. Lari 1000 meter ini dilakukan dengan start tegak maupun start jongkok dan dengan diawali dengan aba-aba. Dan usahakan waktu yang digunakan seminimal mungkin dan bertahap agar Latihan tidak sia-sia.

14 Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan oto bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang. Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan: 1. mengubah jarak telapak tangan 2. bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan 3. mengubah jarak antar kaki 4. mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain 5. mengubah jumlah tangan yang digunakan : satu tangan atau dua tangan

15 senam lantai ( flour exercise ) adalah satu bagian dari rumpun senam. sesuai istilahnya gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. selain itu senam lantai juga disebut dengan istilah bebas. karena pada waktu melakukan gerakan tidak membawa atau menggunakan alat.unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguing, melompat berputar di udaram menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat kedepan atau kebelakang. Back Next

16 Guling depan diatas peti lompat lompat Jongkok diatas peti lompat

17 Metode Teknik

18  Berguling kedepan dilanjutkan meletakkan kedua tangan, bagian tengkuk, luruskan kedua kaki sampai punggung condong ke depan.  Sikap tidur diatas matras, angkar kedua kaki lurus keatas secepat mungkin kemudian jatuhkan kaki kembali, lutut di bengkokkan hingga ujung kaki yang mendarat kelantai. bersamaan itu, ankat panggul hingga seolah-olah sikap akan melenting.

19  Ambil awalan lari secepatnya  Menjelangpeti lompat menolak dengan kedua ujung kaki yang dibantu oleh ayunan kedua lengan arahnya keatas dengan menuju permukaan peti lompat  Arahkan kedua tangan ke permukaan peti lompat dengan kedua tangan lurus. setelah kedua telapak tangan menempel pada peti lompat, lakukan gerakan guling kedepan seperti pada teknik guling depan pada matras. kemudian mendarat dengan dua kaki pada matras.

20 Metode Teknik

21  Lakukan tolakan dengan kedua kaki dengan benar  Melompat diatas peti lompat dengan bertumpu pada kedua tangan dan memindahkan kedua kaki dari arah depan ke belakang peti lompat

22  Ambil awalan secukupnya kemudian lari secepatnya  Menolak dengan kedua kaki kearah depan yang dibantu dengan ayunan kedua lengan  Angkat tungkai kearas dada hingga membuat sikap jongkok, kedua kaki tersebut melewati lengan yang terbuka antara celah tangankanan dan kiri selagi menahan berat badan  Apabila kaki sudah melewati celah lengan siap mendarat melewati peti lompat dengan posisi badan jatuh agak condong kedepan, dengan kedua kaki ngeper, setelah itu badan pada posisi tegak.

23 Lompat tali ( Inggris Amerika) atau melompat- lompat tali ( Inggris Britania) adalah alat utama yang digunakan dalam permainan dari skipping dimainkan oleh anak-anak dan banyak Orang dewasa muda, di mana satu atau lebih peserta melompati sebuah tali berayun sehingga lewat di bawah kaki mereka dan lebih kepala mereka. Hal ini dapat terdiri dari satu peserta berputar dan melompat tali, atau minimal tiga peserta bergantian, dua di antaranya mengubah tali sementara satu atau lebih melompat.


Download ppt "Ade Maesyaputra Oktofiansyah XIXI IPA 1. Sumosardjuno dan Giri Widjojo menyatakan Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat-alat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google