Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or"— Transcript presentasi:

1

2 Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or

3  Permainan sepak takraw termasuk kategori olahraga keras dalam pelaksanaannya, di mana kontak langsung dari lompatan dan tendangan (smash) akan dapat mengakibatkan cedera,oleh sebab itu teknik-teknik dasar harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

4  Sepak Kuda adalah sepakan atau menyepak dengan menggunakan kura kaki atau menyepak dengan punggung kaki

5 1) Memainkan bola yang datangnya rendah dan kencang atau keras. 2) Menyelamatkan dari serangan lawan, mempertahankan diri dari serangan lawan. 3) Memainkan bola,mengawal atau menguasai bola dalam usaha menyelamatkan bola

6 1) Berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. 2) Lutut kaki sepak dibengkokkan sedikit sambil ujung jari mengarah ke tanah/lantai, kaki tendang ke arah bola yang datang di bawah lutut. 3) Bola disentuh pada bagian bawahnya dengan bagian atas kaki (punggung kaki). 4) Mata melihat ke arah bola datang.

7 5) Badan dibungkukkan sedikit, kaki tumpu ditekuk. 6) Kedua tangan dibuka dan dibengkokkan pada siku untuk menjaga keseimbangan. 7) Bola disepak ke atas setinggi kepala

8 A. Latihan Berpasangan 1) Pemain berbaris dua bersaf berhadapan dengan jarak 3-4 meter. 2) Barisan A (1, 2, 3, 4, 5) melambungkan bola kepada barisan B. Barisan B menyepak bola dengan punggug kakinya setinggi kepala barisan A, dan barisan A menangkap bola. 3) Setelah 5 kali latihan dalam poin B, maka diadakan pergantian pelambung dan penyepak. 4) Seperti latihan b, bola dikontrol/ditimang satu kali deelum diberikan kepada pelambung, setelah 5 kali diadakan pergantian seperti sebelumnya.

9 B. Latihan Sendiri 1) Setiap pemain diberi sebuah bola. 2) Bola dilambungkan sendiri dan disepak dengan bagian atas atau punggung kaki atau kura kaki. Bola disepak setinggi kepala lalu ditangkap 3) Latihan poin b dilakuka berulang-ulang

10 C. Latihan Formasi 1 Lawan 5 1) Pemain berbaris dua bersaf berhadapan, dengan jarak 3-4 meter, barisan pertama 5 orang dan barisan kedua 1 orang. 2) Pemain 1 melambungkan bola ke pemain 2, pemain 2 menerima bola dan menyepak bola dengan kura kaki setinggi kepala, memberikannya ke pemain 1 dan menangkapnya. Kemudian pemain 1 melambungkan bola ke pemain 3, 4, 5, 6, serta mengembalikan bola seperti pemain sebelumnnya.

11 Lanjutan…. 3) Setelah selesai latihan poin b, pemain 2 menjadi pelambung, dan sterusnya sampai semuanya mendapat giliran. 4) Bola yang dilambung dikontrol sekali dengan sepak sila dan diberikan kepada pelambung dengan sepak kura. (Lihat gambar) Bola di sepak = pemain = Bola di lambung =

12 D. Latihan Formasi Berbaris Berkelompok 1) Pemain berbaris berbanjar berkelompok berhadapan (Kelompok A berhadapan dengan kelompok B), dengan jarak 3-4 meter. 2) Pemain 1 kelompok A melambungkan bola ke pemain 1 kelompok B. Pemain 1 B menyepak bola dengan kura kaki setinggi kepala pemain 2 A yang telah maju menggantikan 1 A yang mundur ke belakang. Pemain yang sudah menyepak kuda dan pemain yang telah melambungkan bola kemudian pindah kebelakang.

13 Lanjutan… 3) Penggantian pelambung dan penyepak dilakukan setelah semua pemain telah melakukannya, pelambung menjadi penyepak dan penyepak menjadi pelambung. 4) Seperti latihan b, sebelum menyepak bola ke pihak lawan, bola ditimang sekali dengan sepak sila. Menyepak bola ke pihak lawan selalu dengan sepak kudadan tingginya setinggi kepala. Setelah selesai melaksanakan tugas, maka diadakan pergantian penyepak menjadi pelambung dan sebaliknya…

14  Gambar Pemain = Bola dilambung = Arah pemain =

15

16 . Smash kepala meliputi : -Dahi/kening -Samping kanan kepala -Samping kiri kepala 2. Smash kaki meliputi : -Kaki bagian dalam -Kaki bagian luar/kura-kura kaki -Bagian telapak kaki

17  Gerakan smash merupakan suatu gerakan yang kompleks atau suatu serangkaian gerakan yang serempak tidak terputus dan disertai dengan tenaga yang besar. Selanjutnya Ucup Yusup dkk, mengemukakan bahwa “smash adalah tindakan pukulan terhadap bola yang lurus ke bawah sehingga bola akan bergerak dengan cepat dan menukik melewati jaring/net menuju ke sasaran yang diinginkan.”

18 Pengambilan ancang-ancang Tumpuan Melayang Smash Mendarat

19 Berdiri membelakangi net Kaki kiri dibelakang Langkah tumpuan adalah mengangkat kaki kiri sekuat-kuatnya dengan posisi badan dan lutut mengeper sehingga titik berat berada pada persendian kaki kanan.

20 Dengan cepat, menarik kaki kiri setinggi pinggang atau dengan kemampuan disertai dengan putaran badan ke samping kanan, dibantu dengan tolakan kaki kanan kemudian melayang. Smash Pada saat di udara, langsung melakukan smash dengan mengayunkan kaki kanan lurus ke atas melewati kepala kemudian punggung kaki diarahkan pada bola yang mengarah sasaran di daerah lawan. Atau dengan kekuatan full si pelaku melakukan smash dengan gerakan back rool di udara.

21 Pada saat melakukan pendaratan, posisi kaki kanan yang melakukan smash sudah dalam keadaan lurus ke bawah diikuti dengan kaki kiri bersamaan untuk menjaga keseimbangan tubuh pada saat mendarat kemudian kembali pada posisi semula.

22


Download ppt "Oleh: NAWAN PRIMASONI, M.Or"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google