Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perawatan mikroskop. 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi Musuh dari Mikroskop adalah : 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perawatan mikroskop. 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi Musuh dari Mikroskop adalah : 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi."— Transcript presentasi:

1 Perawatan mikroskop

2 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi Musuh dari Mikroskop adalah : 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi

3 Yang perlu diperhatikan Perawatan Mikroskop dapat dipengaruhi banyak hal. Minyak Debu Jamur

4 Jamur Musuh yang pertama bagi mikroskop adalah Jamur Jamur bukan saja merusak lensa, jamur juga dapat menyebabkan gambar yang dihasilkan tidak baik. Tanpa jamurvs Dengan jamur

5 SEKILAS TENTANG JAMUR Aspergillus restrictus eurotium tonophilum othsuki 50% Penurunan kualitas lensa disebabkan oleh fungi, terutama dari jenis : Aspergillus restrictus dan eurotium tonophilum othsuki Hidup di daerah yg kelembabannya rendah

6 Sekilas tentang jamur Jamur sudah ada sejak dulu. Sudah ada sejak 3 juta tahun yang lalu Terdapat 100 juta spora jamur dalam 1 gram tanah. Dapat untuk membuat cuka Dapat untuk membuat makanan & obat-obatan. Dapat untuk membuat penicilin. kenyataannya!! Jamur dapat merusak bahan metal pada pesawat !

7 Bagaimana Jamur dapat merusak lensa ( microscope ) Uap air di udara yang bercampur dengan hifa/akar jamur akan mengakibatkan timbulnya asam. Jamur pertama-tama merusak pelapis lensa yang berfungsi memantulkan cahaya dan kemudian baru merusak bagian lensa. Proses terjadinya kerusakkan Pada lensa

8 Keadaan Lingkungan Untuk mencegah tumbuhnya jamur, pastikan relative humidity (R.H) dari lingkungan sekitar 60%. Temperatur Relative Humidity, R.H % Kondisi optimum untuk jamur pada lensa Kondisi jamur pada umumnya Kondisi yang dibutuhkan jamur pada lensa untuk tumbuh

9 Mencegah pertumbuhan jamur Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki. Berikut cara untuk meminimalisir pertumbuhan jamur. Simpan microscope di tempat yang kering (sedikit kandungan uap air). Kita dapat memonitor kelembaban udara dengan menggunakan hygrometer.

10 Mencegah pertumbuhan jamur Menjaga Mikroskop tetap bersih dan kering. Tempatkan mikroskop jauh dari sumber air. Tempatkan mikroskop pada lingkungan yang berventilasi baik.

11 debu Musuh yang kedua dari mikroskop adalah:debu Minyak pelumas dapat menarik debu dan membuat pergerakkan mekanik menjadi tidak lancar. Debu pada lensa dapat menimbulkan bayangan yang tidak diperlukan. Dapat juga membiaskan cahaya dan membuat gambar kelihatan suram.

12 sisa minyak imersi Musuh yang ketiga bagi mikroskop adalah sisa minyak imersi Sisa Minyak imersi pada lensa yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan gambar jadi ‘blur’ dan kehilangan kekontrasannya, sehingga menjadi susah untuk fokus.

13 Cara – cara pemindahan, penyimpanan dan perawatan mikroskop

14 Cara memindahkan mikroskop Mikroskop adalah barang yang sangat peka, oleh karena itu cara membawa yang benar sangatlah penting.! Selalu lihat manual instruction microscope untuk cara memegang yang benar. !! Jangan menjatuhkan mikroskop! Yang akan menyebabkan kalibrasi dari optik dapat menyimpang dan perlu alighment.

15 Tempat Penyimpanan Bila tidak digunakan, gunakan tutup mikroskop Tempat penyimpanan : -Jauh dari lalu lalang orang -Jauh dari sumber getaran -Ruangan yang bersih / tidak berdebu -Ruangan yang tidak lembab -Tempatkan di meja yang tidak goyang -Bila tidak digunakan dlm jangka waktu lama, simpan di kotak kayu yang ada lampunya dan letakkan silica gel di dalamnya Biasakan meletakkan silika anti jamur pada mikroskop

16 Ruangan yang baik untuk microscope

17 Perawatan Mikroskop Alat-alat yang digunakan untuk membersihkan: 1.Blower / peniup debu (eter : alkohol = 7:3) 2.Cairan pembersih lensa (eter : alkohol = 7:3) 3.Cotton bud/tusuk gigi 4.Tissue lensa 5.Kaca pembesar

18 Membersihkan mikroskop BODY/ FRAME MICROSCOPE BODY/ FRAME MICROSCOPE Pertama-tama kita bersihkan permukaan body, frame microscope dengan kuas atau tissue Pertama-tama kita bersihkan permukaan body, frame microscope dengan kuas atau tissue Jangan bersihkan kaca dan lensa dengan kuas !!

19 LENSA-LENSA  LENSA-LENSA Untuk membersihkan debu dari permukaan lensa, dapat digunakan blower, air gun atau tissue pembersih (lens tissue)

20 Mempersiapkan tissue pembersih Tissue pembersih dilipat mengelilingi sebatang kayu (arah lipatan sesuai gambar) Jangan menggunakan ujung yang tajam karena akan menyebabkan lensa tergores!

21 Membersihkan lensa : dengan gerakan spiral (memutar), usapkan dari bagian dalam ke arah luar lensa Membersihkan lensa dgn cairan pembersih Ether : Alkohol (7 bagian : 3 bagian) *Ether & alkohol : PA (ProAnalis-99%)

22 Gunakan kertas yang digulungkan pada jari anda dengan kertas tisu lensa seperti diatas lalu mulailah membersihkan filter. Membersihkan filter

23 Bagian-bagian yang perlu dibersihkan Filter Lensa objektif lensa bagian atas dari condenser Kaca diapraghma Hindari membersihkan lensa bagian dalam dari eyepiece dengan menggunakan larutan pembersih Lensa eyepiece bagian atas

24 TERIMA KASIH


Download ppt "Perawatan mikroskop. 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi Musuh dari Mikroskop adalah : 1. Jamur 2. Debu 3. Minyak Imersi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google