Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman Castaka Agus S, M.Kom, M.CS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman Castaka Agus S, M.Kom, M.CS."— Transcript presentasi:

1 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman Castaka Agus S, M.Kom, M.CS

2 Kompetensi Matakuliah Mahasiswa mampu:Mahasiswa mampu: menjelaskan logika berpikir komputer (computational thinking),menjelaskan logika berpikir komputer (computational thinking), menjelaskan alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan,menjelaskan alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, menjelaskan prinsip kerja program,menjelaskan prinsip kerja program, menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentumenggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu menjelaskan konsep pemrograman terstrukturmenjelaskan konsep pemrograman terstruktur membuat program sederhana dengan bahasa Cmembuat program sederhana dengan bahasa C

3 Kompetensi Detail Mampu menjelaskan Prinsip-prinsip AlgoritmaMampu menjelaskan Prinsip-prinsip Algoritma Mampu menjelaskan Konsep Bahasa PemrogramanMampu menjelaskan Konsep Bahasa Pemrograman Mampu membuat Flowchart dan PseudocodeMampu membuat Flowchart dan Pseudocode Mampu menjelaskan Konsep Dasar Bahasa CMampu menjelaskan Konsep Dasar Bahasa C Mampu membuat program Struktur Input/OutputMampu membuat program Struktur Input/Output Mampu membuat program PercabanganMampu membuat program Percabangan Mampu membuat program PerulanganMampu membuat program Perulangan Mampu menjelaskan Pemrograman ModularMampu menjelaskan Pemrograman Modular Mampu membuat Fungsi: parameter, kembalian fungsi by valueMampu membuat Fungsi: parameter, kembalian fungsi by value Mampu menjelaskan dan membuat program Array 1 dimensiMampu menjelaskan dan membuat program Array 1 dimensi Mampu menjelaskan dan membuat program Array 2 dimensiMampu menjelaskan dan membuat program Array 2 dimensi Mampu membuat program Manipulasi StringMampu membuat program Manipulasi String

4 Silabus Kontrak Perkuliahan & Pengantar Algoritma dan PemrogramanKontrak Perkuliahan & Pengantar Algoritma dan Pemrograman Algoritma, Pseudocode dan FlowchartAlgoritma, Pseudocode dan Flowchart Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C)Pengantar Bahasa Pemrograman (dengan Bahasa C) Input & Output pada Bahasa CInput & Output pada Bahasa C Struktur Kontrol PercabanganStruktur Kontrol Percabangan Struktur Kontrol PerulanganStruktur Kontrol Perulangan Struktur Kontrol Perulangan BertingkatStruktur Kontrol Perulangan Bertingkat UTSUTS Modular ProgrammingModular Programming Function by valueFunction by value Array 1 DimensiArray 1 Dimensi Array 2 DimensiArray 2 Dimensi Pengolahan Karakter dan StringPengolahan Karakter dan String UASUAS

5 Komponen Penilaian Tugas: 35%Tugas: 35% Kuis 10%Kuis 10% Absen 10%Absen 10% UTS:20%UTS:20% UAS:25%UAS:25%

6 Mengapa Belajar Algoritma dan Pemrograman? Untuk menulis kode dalam bahasa yang dimengerti komputerUntuk menulis kode dalam bahasa yang dimengerti komputer Untuk melatih logika berpikirUntuk melatih logika berpikir Untuk dasar matakuliah lain di Teknik InformatikaUntuk dasar matakuliah lain di Teknik Informatika

7 Apakah belajar programming itu sulit? Hanya butuh waktu / “jam terbang”Hanya butuh waktu / “jam terbang” Hanya butuh semangat dan kemauanHanya butuh semangat dan kemauan Hanya butuh sering mencoba / latihan!Hanya butuh sering mencoba / latihan! Kuncinya latihan dan diskusi!Kuncinya latihan dan diskusi!

8 Bagan Sistem Komputer

9 Apa Itu Algoritma? DefinisiDefinisi Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalahUrutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah Kamus Besar Bahasa Indonesia: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalahKamus Besar Bahasa Indonesia: Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalahAlgoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah

10 Penulisan Algoritma Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa manusia lainnya)Dalam bahasa natural (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa manusia lainnya) Tapi sering membingungkan (ambiguous)Tapi sering membingungkan (ambiguous) Menggunakan flow chart (diagram alir)Menggunakan flow chart (diagram alir) Bagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjangBagus secara visual akan tetapi repot kalau algoritmanya panjang Menggunakan pseudo-codeMenggunakan pseudo-code Sudah lebih dekat ke bahasa pemrograman, namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrogramanSudah lebih dekat ke bahasa pemrograman, namun sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti pemrograman

11 Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat programAdalah alat untuk membuat program Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks)Perbedaan: cara memberikan instruksi (sintaks) Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang samaPersamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

12 Bahasa C di tingkat dunia

13 Paradigma Pemrograman Pemrograman Prosedural / TerstrukturPemrograman Prosedural / Terstruktur Berdasarkan urutan-urutan, sekuensialBerdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan CContoh: PASCAL dan C Pemrograman FungsionalPemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematikaBerdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program.Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman ModularPemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul.Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiriModul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADAContoh: MODULA-2 atau ADA

14 Paradigma Pemrograman Pemrograman Berorientasi ObyekPemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasiPemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi FungsiPemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain. Pemrograman DeklaratifPemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOGContoh: PROLOG

15 Computational Thinking Memecahkan masalah dengan menggunakan komputer secara benar dan logisMemecahkan masalah dengan menggunakan komputer secara benar dan logis Alur berpikir:Alur berpikir: Deklaratif: menggunakan fakta untuk mencari kebenaran / memecahkan masalahDeklaratif: menggunakan fakta untuk mencari kebenaran / memecahkan masalah Imperatif: menggunakan langkah-langkah yang logis untuk memecahkan masalahImperatif: menggunakan langkah-langkah yang logis untuk memecahkan masalah

16 Pembagian Target Program Pemrograman DesktopPemrograman Desktop Pemrograman WebPemrograman Web Pemrograman MobilePemrograman Mobile

17 Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software) Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

18 Aksi dalam algoritma Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakanKejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan Dari waktu0 ke waktuNDari waktu0 ke waktuN Contoh: “aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam”Contoh: “aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam” Batasan:Batasan: Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada?Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada? Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang?Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang? Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng?Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng? Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finishBerarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish Kejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentangKejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universalCara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal

19 Contoh Kasus Ada 2 gelas kosong berukuran: 5 liter dan 3 literAda 2 gelas kosong berukuran: 5 liter dan 3 liter Bagaimana cara kita mendapatkan air berukuran 4 liter?Bagaimana cara kita mendapatkan air berukuran 4 liter?

20 Cara Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Masukkan air 3 liter ke 5 liter, sisa 2 liter kosongMasukkan air 3 liter ke 5 liter, sisa 2 liter kosong Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Tuangkan air 3 liter ke sisa 2 liter, berarti sisa 1 liter di gelas 3 literTuangkan air 3 liter ke sisa 2 liter, berarti sisa 1 liter di gelas 3 liter Buang seluruh air di gelas 5 liter tadiBuang seluruh air di gelas 5 liter tadi Tuangkan air 1 liter yg ada di gelas 3 liter tadi hingga ke 5 liter kosongTuangkan air 1 liter yg ada di gelas 3 liter tadi hingga ke 5 liter kosong Masukkan air ke 3 liter hingga penuhMasukkan air ke 3 liter hingga penuh Tuangkan 3 liter ke gelas 5 liter yang sudah ada 1 liter tadi, hingga kita dapat 4 literTuangkan 3 liter ke gelas 5 liter yang sudah ada 1 liter tadi, hingga kita dapat 4 liter

21 Latihan : (Gunakan Bahasa sehari-hari / Pseudocode ) 1.Buat algoritma untuk mengirim kepada teman dengan asumsi sudah mempunyai alamat . 2.Buat algoritma untuk meminjam buku di perpustakaan 3.Buat algoritma pada saat membeli buku di toko buku

22 LATIHAN SOAL

23 1.Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah : a.Membuat program b. Membuat Algoritma c. Membeli komputer d. Proses e. Mempelajari program 2.Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut : a. Proses b. Program c. Algoritma d. Prosesor e. Step

24 2.Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut : a. Proses d. Prosesor b. Programe. Step c. Algoritma 3.Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa : a. Bahasa Inggris b. Bahasa Puitis c. Bahasa pemrograman d. Bahasa Asing e. Sembarang bahasa asal terstruktur

25 3.Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma dapat berupa : a. Bahasa Inggris b. Bahasa Puitis c. Bahasa pemrograman d. Bahasa Asing e. Sembarang bahasa asal terstruktur 4.Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat : a. Sebelum pembuatan program b. Pada saat program dibuat c. Sesudah pembuatan program d. Pada saat verifikasi program e. Saat Program di eksekusi

26 4.Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat : a. Sebelum pembuatan program b. Pada saat program dibuat c. Sesudah pembuatan program d. Pada saat verifikasi program e. Saat Program di eksekusi 5.Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah : a. Masalah – Pseudocode – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil b. Masalah – Algoritma – Flowchart – Program – Eksekusi – Hasil c. Masalah – Model – Algoritma – Eksekusi – Hasil d. Masalah – Model – Algoritma – Program – Eksekusi – Hasil e.Algoritma – Program – Model – Eksekusi - Hasil

27 Bahan Bacaan Donald Knuth, The Art Of Computer Programming, Volume 1 / Fundamental Algorithms, 2 nd edition, Addison WesleyDonald Knuth, The Art Of Computer Programming, Volume 1 / Fundamental Algorithms, 2 nd edition, Addison Wesley Rinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C, Penerbit Informatika BandungRinaldi Munir, Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C, Penerbit Informatika Bandung


Download ppt "Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Pemrograman Castaka Agus S, M.Kom, M.CS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google