Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C."— Transcript presentasi:

1 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C

2 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer2 Jenis-jenis Aplikasi Komputer zAplikasi menurut fungsi zAplikasi menurut environment zCara memperoleh aplikasi

3 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer3 Aplikasi menurut fungsi APLIKASI GRAFIK zAplikasi komputer grafik awal perkembangannya dimulai pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an. Merupakan suatu program komputer yang digunakan dengan menarik sebuah gambar yang memberikan dimensi baru pada bidang komputer saat itu. zDua cara nyata yang dapat memasukkan informasi grafik ke dalam komputer menjadi suatu aplikasi, yaitu : y Direct Programming Graphics, dengan menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman. y Digitizing (or Graphics) Tablets, dengan menggunakan mouse.

4 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer4 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI ANIMASI zMerupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Untuk mencapai efek tersebut, animator harus membangun rangkaian frame/ gambar dari sebuah subyek, yang setiap frame berikutnya sedikit berbeda dari frame sebelumnya. zSebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Satu daripada tekniknya ialah dengan mencipta objek yang kemudian disesuaikan dan digerakkan, di mana akhirnya akan menghasilkan animasi 3D yang lengkap. zFungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan mengguna- kan alat pengecatan komputer yang standard untuk mengecat frame- frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie)

5 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer5 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI WEB zMerupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan www (world wide web). zDengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna diintenet yang menggunakan http (hyper text transfer protocol) z WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut “the killer application" atau "the world is at your fingertip" karena kita boleh mendapatkan informasi dengan begitu mudah sekali bukan sekadar teks bahkan gambar (images), maupun multimedia.

6 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer6 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI WEB (lanjutan) zDalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan seperti: y memesan atau membeli suatu barang secara online y mendaftar secara online y mencapai multimedia, dlsb. zAplikasi browser yang paling sering digunakan di dunia saat itu adalah Netscape Navigator, selain itu Internet Explorer. Yang sekarang banyak dipakai orang adalah Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari dan Opera.

7 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer7 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI PENDIDIKAN DAN ILMU PENGETAHUAN zComputer Assisted Instruction (CAI) Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI adalah : yDrill and Practice yTutorial ySimulasi

8 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer8 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI PENDIDIKAN DAN ILMU PENGETAHUAN (lanjutan) zComputer Managed Instruction (CMI) Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian. zComputer Assisted Testing (CAT) Komputer digunakan sebagai media ujian. Bentuknya bermacam- macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) digunakan sebagai pengganti soal ujian dalam bentuk kertas, sampai kepada bentuk yang lebih maju, dimana kemampuan komputer dimanfaatkan untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif.

9 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer9 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI BASIS DATA zDBMS (Data Base Management System) Komputer juga dapat digunakan secara efektif dalam bisnis management. Melalui komputerisasi data base management system (DBMS) dan SIM, seorang manajer atau eksekutive perusahaan dapat dibantu dalam membuat keputusan tentang seluruh operasi bisnisnya dan dapat memberikan bimbingan dan instruksi kepada bawahannya.

10 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer10 Aplikasi menurut fungsi (lanjutan) APLIKASI BISNIS zSetiap bisnis, besar atau kecil, memproses sejumlah data yang besar dalam operasi hariannya. Data diperoleh dari payroll, faktur customer dan rekening keuangan, inventaris manajemen, dan rekening biaya customer yang semuanya harus dikalkulasi, disimpan, diklasifikasikan, disortir, diretrieve, diproses kembali, dilaporkan, dikomunikasi dan disebarkan pada suatu waktu. Pemrosesan data seperti itu dikenal sebagai Business Data Processing atau Data Processing (DP). Jika pemrosesan ini dilakukan dengan komputer, hal ini dikenal dengan Electronic Data Processing (EDP).

11 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer11 Aplikasi menurut environment APLIKASI CLIENT SERVER

12 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer12 Aplikasi menurut environment (lanjutan) APLIKASI CLIENT-SERVER (lanjutan) zSebuah contoh dari aplikasi client-server sederhana adalah aplikasi web yang didesain dengan menggunakan Active Server Pages (ASP) atau Personal Home Page (PHP). Skrip PHP atau ASP akan dijalankan di dalam web server (Apache atau Internet Information Services), sementara script yang berjalan di pihak client akan dijalankan oleh web browser pada komputer client. zClient-server merupakan penyelesaian masalah pada software yang menggunakan database sehingga setiap komputer tidak perlu diinstall database, dengan metode client-server database dapat diinstal pada suatu komputer sebagai server dan aplikasinya diinstal pada client.

13 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer13 Aplikasi menurut environment (lanjutan) APLIKASI CLIENT-SERVER (lanjutan) z User User disini adalah end user yang mengakses client untuk mendapatkan sebuah layanan. End user bisa saja seorang manager perusahaan, professional, karyawan di sebuah perusahaan, atau pelanggan. z Client Client dapat berupa sebuah pemproses yang powerful atau dapat juga berupa terminal tua dengan kemampuan proses yang terbatas. Secara mendasar client adalah sebuah PC dengan sistem operasinya sendiri.

14 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer14 Aplikasi menurut environment (lanjutan) APLIKASI CLIENT-SERVER (lanjutan)  Network dan Transmisi Server dan client dapat terkoneksi dengan sebuah media transmisi. Media transmisi ini dapat berupa kabel, wireless, atau fiber. Dengan media ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk melakukan enterprice network lebih besar dalam sebuah workgroup atau departemen. Untuk itu dibutuhkan interoperability sebagai contoh operasi dan pertukaran informasi yang heterogen melalui berbagai perangkat software dalam jaringan. Esensinya adalah keterbukaan dalam melakukan pertukaran baik komponen dan software yang berasal dari vendor yang berbeda-beda.

15 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer15 Aplikasi menurut environment (lanjutan) APLIKASI CLIENT-SERVER (lanjutan) z Servers Konektivitas adalah hal yang terpenting namun bukan satu-satunya faktor untuk mendapatkan efisiensi dan efektivitas sharing resource yang dimiliki. Dibutuhkan sebuah perangkat yang memiliki kemampuan mengontrol software, menjalankan program aplikasi, dan mengakses database dengan mudah dan cepat. Untuk itulah diperlukan sebuah Server. Sebuah Server harus mendukung spesifikasi yang mendukung resource sharing seperti Network Server Operating System, Multiple User Interface, GUI (Graphic User Interface), dialog oriented cleint-server languange seperti SQL dan database arsitektur. z Pemrosesan Aplikasi Data digunakan oleh program applikasi yang mana sebagian besarnya berada di server.

16 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer16 Aplikasi menurut environment (lanjutan) APLIKASI STAND ALONE z Stand Alone adalah aplikasi yang hanya berjalan pada satu komputer dan hanya mampu diakses oleh satu orang dalam satu waktu (tidak bisa bersamaan). Sering juga disebut dengan single user.

17 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer17 Cara Memperoleh Aplikasi Ada 2 cara untuk mendapat program aplikasi : 1. Mengembangkan program aplikasi, dan 2. Membeli/ Sewa Sekarang sangat banyak perusahaan internasional membuat program aplikasi yang dirancang dengan baik, bebas dari kesalahan, user friendly (mudah digunakan), mempunyai dokumentasi manual, mampu dikembangkan untuk kebutuhan mendatang, selalu ada versi terbaru.

18 PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer18


Download ppt "PKTI 1CBab 2 : Jenis Aplikasi Komputer1 (Computer in Society) Rr. Artiana Krestianti PK&TI 1C."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google