Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI PENDIDIKAN a A. PENGERTIAN KOMUNIKASI Kata Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata cum dan unus.  Cum yaitu kata depan yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI PENDIDIKAN a A. PENGERTIAN KOMUNIKASI Kata Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata cum dan unus.  Cum yaitu kata depan yang."— Transcript presentasi:

1

2 KOMUNIKASI PENDIDIKAN

3 a

4 A. PENGERTIAN KOMUNIKASI Kata Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata cum dan unus.  Cum yaitu kata depan yang berarti dengan dan bersama dengan.  Unus yaitu kata bilangan yang berarti satu. Cum + Unus => Communio Communio (English) = Communion : kebersamaan, persatuan, persekutuan, gabungan, pergaulan, hubungan. ber Communio [usaha/ kerja]  Communicare Communicare : membagi sesuatu dengan seseorang, tukar menukar, membicarakan sesuatu dengan seseorang, bercakap-cakap.

5 Communicare => Communication Communication (indonesia) = Komunikasi  Menurut Agus M. Hardjana, Komunikasi adalah proses penyampaian makna dalam bentuk gagasan atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui media tertentu.  Onong Uchajana Efendi merumuskan komunikasi sebagai proses pernyataan antar manusia. => hal yang dinyatakan adalah pikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan bahasa sebagai alat penyalurnya.

6 Garry Cronkhite merumuskan empat asumsi pokok komunikasi yang dapat membantu memahami komunikasi : 1.Komunkasi adalah suatu proses (communication is a process) 2.Komunikasi adalah pertukaran pesan (communication is transactive) 3.Komunikasi adalah interaksi yang bersifat multidimensi (communication is multi- dimensional) 4.Komunikasi merupakan interaksi yang mempunyai tujuan-tujuan atau maksud ganda (communication is multiproposeful)

7 Komunikasi merupakan suatu konsep yang multimakna. Makna komunikasi pada dasarnya dapat dibedakan berdasarkan :  Komunikasi sebagai proses sosial.  Komunikasi sebagai peristiwa. komunikasi merupakan suatu gejala yang dipahami dari sudut bagaimana bentuk dan sifat terjadinya.  Komunikasi sebagai ilmu. Struktur ilmu (pengetahuan) mencakup aspek ontologis, epistimologis dan aksiologis.

8  Ontologi adalah teori tentang “ada”, yaitu tentang apa yang dipikirkan, yang menjadi objek pemikiran. Mempelajari tentang keberadaan sesuatu hal.  Epistemologi adalah teori pengetahuan, yaitu membahas bagaimana cara mendapatkan pengetahuan dari objek yang ingin dipikirkan. Membahas tentang batas-batas, karakteristik, apa saja yang dipelajari dalam sebuah pengetahuan  Aksiologi adalah teori tentang nilai yang membahas tentang manfaat, kegunaan, maupun fungsi dari objek yang dipikirkan. Cabang Ilmu yang membahas kegunaan dan fungsi suatu pengetahuan untuk kehidupan sehari-hari

9 B. SEJARAH PERKEMBANGAN KOMUNIKASI Komunikasi merupakan bagian penting dari kehidupan manusia, dengan komunikasi, kehidupan bisa berjalan aktif, dan terus berkembang kearah kemajuan hidup. Sejarah komunikasi ditentukan oleh empat titik penentu: 1. Perolehan (acquisition) bahasa 2. Pengembangan seni tulis 3. Reproduksi kata-kata tertulis (written word) 4. Komunikasi elektronik

10 Teknologi komunikasi prasejarah masih sedemikian sederhana namun sesuai dengan masanya. Seiring perkembangan zaman, mulai ditemukan beberapa hal baru dalam komunikasi. Misalnya,  Komunikasi dalam bentuk huruf  Piktograf : bangsa Sumeria  Heirogliph : bangsa Mesir kuno  Komunikasi melalui surat kabar, majalah, dsb.  Komunikasi melalui media elektronik ; telepon, faksimile, komputer.

11


Download ppt "KOMUNIKASI PENDIDIKAN a A. PENGERTIAN KOMUNIKASI Kata Komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata cum dan unus.  Cum yaitu kata depan yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google