Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAPORAN BERKALA. JURNAL PENYESUAIAN Jurnal penyesuaian (Adjusment entries) adalah jurnal yang disusun untuk menyesuaikan saldo-saldo akun yang dilaporkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAPORAN BERKALA. JURNAL PENYESUAIAN Jurnal penyesuaian (Adjusment entries) adalah jurnal yang disusun untuk menyesuaikan saldo-saldo akun yang dilaporkan."— Transcript presentasi:

1 LAPORAN BERKALA

2 JURNAL PENYESUAIAN Jurnal penyesuaian (Adjusment entries) adalah jurnal yang disusun untuk menyesuaikan saldo-saldo akun yang dilaporkan di neraca saldo sebelum disusun laporan keuangan karena nilai yang dilaporkan dalam neraca saldo masih belum tepat sehingga tidak memenuhi kualitas informasi akuntansi yang diperlukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

3 JURNAL PENYESUAIAN Perkiraan-perkiraan yang memerlukan ayat jurnal penyesuaian : Beban yang masih harus dibayar (Accruals payable) Pendapatan yang masih harus diterima (Accuruals receivable) Beban dibayar dimuka (Prepaid expense) Pendapatan diterima dimuka (Deferred revenue) Penggunaan supplai Penyusutan aktiva tetap (Depreciation of fixed asset) Penyisihan piutang ragu-ragu (bad debt) Persediaan barang

4 Beban yang masih harus dibayar (Accruals payable)

5 Pendapatan yang masih harus diterima (Accruals receivable)

6 Beban dibayar dimuka (Prepaid Expence)

7 Pendapatan diterima dimuka (Deferred Revenue)

8 Penggunaan Supplai

9

10 Penyusutan Aktiva Tetap (Depreciation Of Fixed Asset)

11 Penyisihan Piutang Ragu-ragu/ Penghapusan Piutang

12 CONTOH

13 CONTOH (Cont)

14

15

16

17

18 JURNAL PENUTUP yaitu jurnal yang dibuat untuk memindahkan saldo-saldo rekening sementara dan rekening prive. Tujuan pembuatan jurnal penutup: 1. Untuk menutup saldo yang terdapat dalam semua rekening sementara. 2. Menutup berarti mengurangi saldo rekening sehingga menjadi nol. 3. Agar saldo rekening Modal menunjukkan jumlah yang sesuai dengan keadaan pada akhir periode (sama dengan jumlah modal akhir yang dilaporkan dalam neraca). Dalam menyelenggarakan penutupan buku, digunakan rekening sementara yang baru, yaitu rekening Rugi-Laba / Ikhtisar Rugi- Laba. Rekening ini hanya digunakan dalam penutupan buku pada akhir periode.

19 Prosedur penutupan buku: Menutup semua rekening pendapatan dengan memindahkan saldo setiap rekening pendapatan ke rekening Rugi-Laba. Menutup semua rekening biaya dengan memindahkan saldo setiap rekening biaya ke rekening Rugi-Laba. Menutup rekening Rugi-Laba dengan memindahkan saldo rekening tersebut ke rekening Modal. Menutup rekening Prive (jika ada) dengan memindahkan saldo rekening tersebut ke rekening Modal.

20 JURNAL PENUTUP PADA PERUSAHAAN PERSEORANGAN Perusahaan perseorangan adalah sebuah badan usaha yang modalnya berasal dari satu orang pemilik. Dalam perusahaan perseorangan hanya terdapat satu rekening modal. Dalam perusahaan perseorangan pemilik sering melakukan pengambilan atau pemakaian kekayaan perusahaan (uang atau barang) untuk keperluan pribadi / prive. Data untuk penutupan buku dapat diambil dari kolom neraca lajur (kolom rugi-laba).

21 Contoh

22 Contoh (cont)

23

24 Jurnal Pembalik (Reversing Entries / Reversing Journal) Apa itu Jurnal Pembalik? Jurnal yang dibuat untuk membalik beberapa jurnal penyesuaian, sebagai langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya kesalahan pada periode berikutnya. Tujuan: Tujuannya adalah untuk menyederhanakan pembuatan jurnal yang bersangkutan dengan periode akutansi berikutnya.

25 Jurnal Pembalik (Reversing Entries / Reversing Journal) Hal- hal yang harus diingat dalam membuat jurnal pembalik: Dibuat jika perusahaan mencatat pembayaran sebagai beban disaat seharusnya tercatat sebagai harta atau mencatat pendapatan padahal pendapatan tersebut belum dipenuhi seluruhnya kewajiban sehingga masih terhitung utang. Untuk transaksi – transaksi apapun yang saat penyesuaiannya menimbulkan akun riil baru yang tidak ada di neraca saldo. Jurnal pembalik dibuat untuk membalik jurnal penyesuaian. Jurnal pembalik dibuat di awal periode berikutnya.

26 Jurnal Pembalik (Reversing Entries / Reversing Journal) Transaksi-transaksi yang terjadi di dalam suatu persusahaan yang memerlukan jurnal pembalik, antara lain sebagai berikut : Beban dibayar di muka (pengeluaran uang untuk suatu barang dan jasa yang akan digunakan atau memberi manfaat di masa mendatang dapat digolongkan dalam beban dibayar dimuka), yang pada saat pembayaran dicatat sebagai beban. Pendapatan diterima di muka (pendapatan atas suatu barang/jasa yang belum diserahkan), yang pada saat penerimaan dicatat sebagai pendapatan. Beban yang akan dibayar (beban yang harusnya sudah dibayar tetapi belum terealisasikan). Pendapatan yang masih harus diterima (penghasilan yang sudah dapat direalisasi dalam suatu periode, tapi belum diakui karena belum terjadi penyerahan)

27 Jurnal Pembalik (Reversing Entries / Reversing Journal) Langkah-langkah membuat Jurnal Pembalik: 1. Buatlah Jurnal saat pembayaran (untuk beban dibayar di muka dan pendapatan diterima di muka), angka yang dimasukkan adalah angka yang terdapat di soal. 2. Buatlah Jurnal penyesuaian(penulisan tanggal selalu tanggal bulan di akhir periode). 3. Buatlah Jurnal pembalik(jurnal penyesuaian dibalik), penulisan tanggal selalu di awal periode selanjutnya. Angka yang ditulis sama seperti jumlah angka pada jurnal penyesuaian. 4. Untuk Beban yang akan dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima, hanya terdapat: Jurnal Penyesuaian dan Jurnal pembalik

28 Contoh Jurnal Pembalik 3 Januari 2012 Dibayar sewa ruko untuk masa 2 tahun sebesar Rp Januari 2012 Menyediakan Jasa Service HP, diterima di muka Rp Penyesuaian: -Belum membayar gaji pegawai Rp Belum diterima pembayaran Jasa Service Blackberi dari rombongan Pak RT, Rp

29 Contoh Jurnal Pembalik Jurnal Umum: 3 Jan 2012 Beban Sewa Rp Kas Rp Jan 2012 Kas Rp Pendapatan Service HP Rp Jurnal Penyesuaian 31 Januari 2012: Sewa dibayar di muka Rp Beban Sewa Rp Pendapatan Jasa Service HP Rp Pendapatan diterima di muka Rp Beban Gaji Rp Utang Gaji Rp Piutang Service Blackberi Rp Pendapatan Service Blackberi Rp

30 Contoh Jurnal Pembalik Jurnal Pembalik 1 Februari 2012: Beban Sewa Rp Sewa dibayar di muka Rp Pendapatan diterima di muka Rp Pendapatan Jasa Service HP Rp Pendapatan Service Blackberi Rp Piutang Service Blackberi Rp

31 Contoh Jurnal Pembalik Penjelasan: 1. Di dalam Jurnal Penyesuaian, angka Rp yang dicatat sebagai sewa dibayar di muka didapatkan dari 50 jt - (50 jt/24bulan), yaitu yang dicatat adalah jumlah yang TERSISA bukan yang terpakai. 2. Jurnal Pembalik untuk transaksi tanggal 3 dan 4 tidak perlu dibuat apabila pencatatan di dalam Jurnal Umum sudah benar. Yaitu seperti ini: Sewa dibayar di muka Rp Kas Rp Kas Rp Pendapatan diterima di muka Rp


Download ppt "LAPORAN BERKALA. JURNAL PENYESUAIAN Jurnal penyesuaian (Adjusment entries) adalah jurnal yang disusun untuk menyesuaikan saldo-saldo akun yang dilaporkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google