Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 6 Elastisitas. 2 A.Pengaruh Gaya pada Benda Elastis benda padat yang dapat berubah bentuk dan ukuran karena suatu gaya, akan tetapi dapat kembali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 6 Elastisitas. 2 A.Pengaruh Gaya pada Benda Elastis benda padat yang dapat berubah bentuk dan ukuran karena suatu gaya, akan tetapi dapat kembali."— Transcript presentasi:

1 Bab 6 Elastisitas

2 2 A.Pengaruh Gaya pada Benda Elastis benda padat yang dapat berubah bentuk dan ukuran karena suatu gaya, akan tetapi dapat kembali ke bentuk dan ukuran semula jika gaya tersebut dihilangkan. Contoh: pegas dan karet gelang. Benda elastis adalah Karet Pegas

3 3 1.Tegangan dan Regangan Tegangan atau stress, perbandingan antara gaya yang bekerja pada benda dan luas penampang benda. Keterangan:  = tegangan atau stress (N/m 2 ) F = gaya (N) A = luas penampang benda (m 2 )

4 Regangan atau strain, perbandingan antara pertambahan panjang benda dan panjang benda mula-mula. Perbandingan antara tegangan dan rega- ngan benda disebut modulus elastisitas atau modulus Young. Keterangan:  = regangan  l = pertambahan panjang (m) l = panjang mula-mula (m) E = modulus Young (N/m 2 )

5 Modulus Young beberapa bahan

6 2. Hubungan Antara Gaya dan Perubahan Panjang pada Pegas Gaya pada pegas berbanding lurus dengan pertambahan panjang pegas. Grafik linieritas gaya vs pertambahan panjang pada pegas

7 Benda elastis seperti pegas, mempunyai batas elastisitas. Jika gaya yang diberikan melebihi batas elatisitas benda, benda tidak mampu kembali ke ukuran dan bentuk semula.

8 3.Hukum Hooke Keterangan: F = gaya (N) k = konstanta gaya pegas (N/m)  x = pertambahan panjang pegas (m) “ Pada daerah elastisitas suatu benda, besarnya pertambahan panjang sebanding dengan gaya yang bekerja pada benda itu.”

9 4.Susunan Pegas a.Susunan Seri

10 b.Susunan Paralel

11 B. Pemanfaatan Sifat Elastisitas Pegas Pegas dimanfaatkan sebagai salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor dan pada dinamometer.


Download ppt "Bab 6 Elastisitas. 2 A.Pengaruh Gaya pada Benda Elastis benda padat yang dapat berubah bentuk dan ukuran karena suatu gaya, akan tetapi dapat kembali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google