Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BARANG DAN JASA LILIS NURYANTI A210110191 Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas pemuas kebutuhan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BARANG DAN JASA LILIS NURYANTI A210110191 Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas pemuas kebutuhan."— Transcript presentasi:

1

2 BARANG DAN JASA LILIS NURYANTI A

3 Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas pemuas kebutuhan 2. Siswa dapat menjabarkan kegunaan suatu barang 3. siswa mampu menjelaskan tentang jenis-jenis barang dan contohnya.

4 Pengertian : Barang adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan atau menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan jasa adalah suatu barang yang tidak berwujud, tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat

5 Kegunaan suatu barang menurut AJ Meyers Kegunaan bentuk ( Form Utility) adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang diubah bentuknya. Contohnya,papan, paku, cat dan pelitur yang diolah menjadi meja, kursi dan lainnya. Kegunaan tempat ( Place Utility ) adalah kegunaan tempat adalah kegunaan yang muncul setelah suatu barang dipindahkan ke tempat lain. Contohnya, pasir dipantai akan memiliki nilai ekonomis setelah diangkut ke lokasi pembangunan gedung kota.

6 Kegunaan suatu barang : Kegunaan waktu ( Time Utility ) adalah kegunaan barang ketika digunakan tepat waktu, contohnya tabungan pendidikan yang telah disiapkan sejak jauh-jauh hai menjadi berguna ketika tiba saatnya membayar biaya pendaftaran sekolah. Kegunaan milik (Ownership Utility ) adalah kegunaan barang muncul ketika barang tersebut telah dimiliki. Contoh, komputer yang ada ditoko akan berguna setelah pembeli membayar dan memiliki barang tersebut dapat digunakan

7 JENIS-JENIS BARANG  BERDASARKAN CARA MEMPEROLEHNYA : Barang ekonomi adalah barang yang didapat dengan cara mengotbankan sesuatu untuk mendapatkannya. Contoh : komputer, baju Barang non ekonomi adalah barang yang didapat tanpa adanya pengorbanan atau biaya. Contoh : air, udara

8 BERDASARKAN KEPENTINGANNYA Barang inferior adalah barang yang pemakaiannya dikurangi jika pendapatan bertambah dan sebaliknya. Barang esensial adalah barang yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaannya tidak signifikan dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. contohnya beras, gula, minyak sayur dan bensin. Barang mewah adalah barang yang berharga mahal. Contoh, mobil mewah, kapal pesiar.

9 BERDASARKAN CARA PENGGUNAANYA Barang pribadi adalah barang yang dimiliki oleh individu. Contoh, rumah, tabungam. Barang publik adalah barang yang digunakan untuk kepentingan banyak orang. Contoh, masjid, jalan raya

10 BERDASARKAN HUBUNGAN PEMAKAIAN : Barang substitusi adalah barang yang dapat menggantikan barang lain. Contohnya, jika beras mahal mahal maka akan digantikan dengan jagung. Barang komplementer adalah barang yang kegunaanya semakin bertambah jika digunakan bersama dengan barang lain. Contoh: baju kemeja dengan dasi, sepatu dengan kaos kaki.

11 BERDASARKAN CARA PENGERJAANNYA : Barang mentah adalah barang yangbelum mengalami pengolahan. Contoh, kentang, ubi kayu. Barang setengah jadi adalah barang yang telah diproses pada tahap tertentu, tetapi belum menjadi barang siap pakai. Contohnya, tepung beras, benang. Barang jadi adalah barang yang telah diproses hingga siap untu digunakan. Contohnya, sepatu, kemeja.

12 BERDSARKAN BENTUK DAN SIFAT : Barang tetap adalah barang yang bersifat tetap dan tahan lama, contoh gedung, mesin. Barang bergerak adalah barang yang bersifat tidak tetap dan masa pakainya pendek, contohnya, buah, sayur, beras.

13 STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT Langkah-langkah : Membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu atau lebih kategori Peserta berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama Peserta mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas Memberikan poin-poin penting terkait dengan materi

14


Download ppt "BARANG DAN JASA LILIS NURYANTI A210110191 Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa dapat menjelaskan pengertian barang dan jasa sebagai alat pemuas pemuas kebutuhan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google