Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penyusunan dan Implementasi Strategi By. Meilia Widad Angela D0412029.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penyusunan dan Implementasi Strategi By. Meilia Widad Angela D0412029."— Transcript presentasi:

1 Penyusunan dan Implementasi Strategi By. Meilia Widad Angela D

2 Manajemen Strategis? “proses menentukan misi dasar perusahaan dan tujuan jangka panjang, kemudian mengimplementasikan rencana kegiatan untuk mencapai misi dan tujuan tersebut.”

3 Pendekatan Umum Prioritas EkonomiPrioritas Politik Kepemimpinan biaya,diferensiasi, dan segmentasi. Kunci : Menejer menengah Menjual produk yang bernilai tambah tinggi (dari hulu), dan homogen, serta generik. Global sourcing Ex : automobil, kimia, speda motor, baja, PC, etc. Strategi bersifat responsif terhadap negara tertentu. Nilai tambah produk dari hulu Country centered / Multi- domestic Ex : Asuransi, barang2 dlm kemasan, etc.

4 Prioritas Kualitas (TQM)Koordinasi Administratif Strategi : Manajemen kualitas total untuk memenuhi harapan konsumen dan terus menerus meningkatkan kualitas produk atau jasa. Disusun pada tingkat manajemen puncak dan disebarkan keseluruh organisasi cabang. Ex : handphone, mobil, gaming. Strategi : berdasarkan keuntungan dari sebuah situasi tertentu dan bukan menggunakan strategi ekonomi atau politik yg ditentukan sbelumnya. Pengambilan keputusan brsifat fleksibel dan cepat tanggap. Terkadang mengkombinasikan 3 pendekatan sebelumnya.

5 1. Pemindaian Lingkungan Proses menyediakan manajemen peramalan yang akurat mengenai kecenderungan yang berhubungan dengan perubahan eksternal di area geografis tempat perusahaan melakukan bisnisnya saat ini atau yang direncanakan sebagai tempat bisnis. Tahapan Perencanaan Strategi

6 2. Analisis Sumber Daya Internal Untuk mengidentifikasi faktor kunci kesuksesanyang akan menentukan seberapa baik kinerja perusahaan. Faktor kunci = faktor yang diperlukan oleh perusahaan untuk bersaing secara efektif di pasar. Sumber daya Internal = aspek Mikroekonomi.

7 3. Penentuan Tujuan Tujuan biasanya berperan sebagai payung yang dibawahnya beroperasi anak perusahaan dan kelompok internasional. Penentuan tujuan penting untuk penyusunan strategi. Tujuan profitabilitas dan pemasaran mendominasi rencana strategis MNC.

8 Pemasaran Dibangun berdasarkan : Pruduct, Price, Place, Promotion Produksi Koordinasi fungsi produksi diperlukan dlm implementasi strategi agar mnghasilkan produk yg benar2 global. Keuangan Merencanakan dengan matang bagaimna pendanaan perusahaan agar terhindar dari resiko2 seperti krisis, revaluasi mata uang, dsb. Agar perusahaan dapat tetap mampu beroperasi. Main Planning Area

9


Download ppt "Penyusunan dan Implementasi Strategi By. Meilia Widad Angela D0412029."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google