Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GIZI WANITA HAMIL SEMESTER VI -10. TRANSFER ZAT GIZI IBU-JANIN Gizi janin secara total tergantung pada Ibu yang memberikan oksigen dan zat makanan diperlukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GIZI WANITA HAMIL SEMESTER VI -10. TRANSFER ZAT GIZI IBU-JANIN Gizi janin secara total tergantung pada Ibu yang memberikan oksigen dan zat makanan diperlukan."— Transcript presentasi:

1 GIZI WANITA HAMIL SEMESTER VI -10

2 TRANSFER ZAT GIZI IBU-JANIN Gizi janin secara total tergantung pada Ibu yang memberikan oksigen dan zat makanan diperlukan untuk pertumbuhan. -Semua substansi makanan di transfer melalui plasenta. -Plasenta merupakan bagian dari janin Plasenta memiliki : ke-unikan, di samping berperan sebagai alat tranfer makanan dari Ibu ke janin dan sebaliknya. -Juga mengambil alih peranan metabolisme Ibu selama kehamilan -Perubahan pada Ibu hamil dipengaruhi oleh sintesa hormon Plasenta.

3 PERTUMBUHAN PLASENTA Pertumbuhan awal plasenta banyak diberitakan melalui beberapa penelitian. -3 hari setelah pembuahan, sebagian blastosit akan menjadi Trofoblast (bakal plasenta). -Hari ke-45 setelah ovulasi, hasil pembuahan disebut, Embrio, akan memasuki ruang uterus (kandungan), saat itu ketebalan dinding uterus (= Endo Metrium) + 5 mm + 5 mm -Embrio ini masih berbentuk Morula, di rongga uterus 2-3 hari -Perlekatan ini diperkuat oleh trofoblast yang masuk ke dalam, mengelilingi pembuluh kapiler Ibu, tanpa merusak pembuluh kapiler tersebut.

4 Trofoblast makin banyak dan besar, makin masuk ke endometrium, menempel pembuluh darah Ibu, membentuk Villi (tonjolan) dan Ruangan-ruangan Berisi Darah, berupa spiral- spiral. Tonjolan masuk sampai perbatasan otot-endometrium -Bentuk plasenta menjadi komplet pada kehamilan 4 bulan. -Pembuluh darah plasenta tumbuh jadi besar, cukup untuk mengalirkan darah Ibu ke janin, janin tumbuh makin besar. -Pertumbuhan plasenta pada awal kehamilan lebih cepat dari embrio. -Permukaan plasenta yang melekat pada ibu bertonjol- tonjol atau bersekat-sekat. Banyaknya antara 10 – 30 tonjolan (= kotiledon).

5 -Banyaknya tonjolan untuk memperluas permukaan plasenta agar lebih banyak pembuluh darah ibu yang mengalirkan darah kejanin. -Tonjolan – tonjolan itu bila diukur luasnya 11 m 2. -Perubahan besar plasenta sangat berhubungan dengan tumbuhnya janin. -Berat plasenta kehamilan 40 minggu antara 450 – 650 gram. HORMON – HORMON PLASENTA -Selama kehamilan plasenta mensintesis hormon dalam jumlah banyak. Yaitu Hormon Steroid Dan Poli Peptida -Kehamilan normal ditentukan oleh hormon – hormon ini.

6 HORMON – HORMON STEROID -Plasenta menghasilkan hormon steroid : -Progesteron -Estradiol (estrogen) -Estron -Estriol -Pada kehamilan 7 – 8 minggu plasenta belum sepenuhnya menghasilkan hormon steroid, setelah masa ini, baru meningkat cepat. -PROGESTERON : antara trisemester I dan III naik dari 4  g/ ml jadi 160  g/ ml. -ESTRADIOL : meningkat dari 2  g/ ml pada 10 – 12 minggu jadi 14 – 17 mg/ ml menjelang aterm. -ESTRIOL : lebih rendah dari estradiol.

7 HORMON POLIPEPTIDA Plasenta menghasilkan hormon polipeptida : -HCG : human chorionic gonadotropin. -HPL : human placental lactogen = human chorionic somatomammotropin. = human chorionic somatomammotropin. -HCG : sudah diproduksi 10 hari setelah ovulasi dan segera setelah implantasi (melekat) di endometrium, akan menurun pada minggu ke 25 kehamilan. PERAN FISIOLOGI HORMON PLASENTA PROGESTERON : - untuk pertumbuhan janin. - kontraksi otot dan jaringan ikat pada saat melahirkan. ESTROGEN:- metabolisme protein- lipid - metabolisme vitamin - penambahan peredaran darah uterus yang diperlukan untuk pertumbuhan janin.

8 *HCG : untuk mempertahankan corpus luteum (zat pembungkus telur) pada beberapa minggu awal kehamilan. * HPL : untuk mempertahankan suplai glukose ke janin Mekanisme transfer makanan melalui plasenta Difusi sederhana : Dengan cara elektro kimia. Menembus membran plasenta. kecepatan difusi ditentukan oleh tebal tipisnya membran yang membatasi bagian ibu dan janin. Transport aktif : melalui pembuluh darah ibu dan janin lewat tali pusat. Contoh : transport air/ cairan.

9 Karbohidrat : melalui difusi sederhana konsentrasi glukosa janin lebih tinggi dari ibu. Asam Amino Melalui 3 tahap 1. pembuluh darah ibu 2. difusi pasif 3. konsentrasi diplasenta lebih tinggi dari ibu Lemak : Asam lemak bebas dan cholesterol masuk melalui difusi pasif. Protein : - Albumin - Globulin - Immunoglobulin Dalam jumlah besar ditransfer langsung ke janin melalui pembuluh darah. Dalam jumlah besar ditransfer langsung ke janin melalui pembuluh darah.

10 Vitamin larut dalam lemak : Di janin lebih rendah Vitamin D bisa masuk ke janin dalam bentuk: 25-OHD. Vitamin yang lain belum diketahui mekanismenya. 25-OHD = 25 – hidroxycholecalciferol. Mineral : Mekanisme transfer yang diketahui : - zat besi - kalsium - kalsium Zat besi melalui ikatan transferin Kalsium melalui kalsium – binding – protein.


Download ppt "GIZI WANITA HAMIL SEMESTER VI -10. TRANSFER ZAT GIZI IBU-JANIN Gizi janin secara total tergantung pada Ibu yang memberikan oksigen dan zat makanan diperlukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google