Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Siklus Pengembangan Media

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Siklus Pengembangan Media"— Transcript presentasi:

1 Siklus Pengembangan Media
Perencanaan Pengembangan Policy Implementasi Penilaian

2 Bagaimana Orang dewasa Belajar?
Kesadaran Diri Arahkan diri sendiri Mandiri (status dan Peran)

3 Akrab Istilah yang Mirip
Media Segala sesuatu yang dapat mengantar kan Pesan dari pengirim kepada penerima Sumber Belajar Segala sesuatu yang dapat menghasilkan Pesan sebagai bahan/obyek kajian dalam pembelajaran Bahan Ajar Segala sesuatu yang berisi pesan yang Dimanfaat dalam pembelajaran (materi )

4 M E D I A "between" APA? TUJUAN? Media Pembelajaran:
MEDIA-MEDIUM: Cara berkomunikasi dari sumber ke penerima (Smaldino, 2005:9) "between" APA? LATIN: “BETWEEN” PENGHANTAR/PERANTARA/MEMFASILITASI. Perantara pesan dari komunikator ke komunikan MEDIA KOMUNIKASI TUJUAN? Media Pembelajaran: Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.

5 A A1 B A

6 PERANAN MEDIA MENGATASI BATAS-BATAS RUANG KELAS MENGATASI PERBEDAAN
(OBYEK TERLALU KECIL, TERLALU BESAR, BERGERAK TERLALU CEPAT ATAU LAMBAT, KOMPLEKS, BUNYI HALUS, RINTANGAN GEOGRAFIS, DSB) MENGATASI PERBEDAAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA INTERAKSI LGS SISWA DENGAN LINGKUNGAN MEMBERI PENGALAMAN INTEGRAL DAN KOMPREHENSIF KESERAGAMAN PENGAMATAN PERANAN MEDIA MENANAMKAN KONSEP DASAR DENGAN BENAR DAN KONGKRIT MEMBANGKITKAN MOTIVASI DAN MERANGSANG BELAJAR MEMBANGKITKAN KEINGINAN DAN MINAT BARU

7 LANDASAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN & SUMBER BELAJAR
PENGALAMAN BELAJAR ABSTRAK KONKRIT

8 PENGALAMAN BELAJAR (EDGAR DALE)
75 % MATA 13 % TELINGA 12 % LAINNYA

9 PENGALAMAN BELAJAR (GEORGE WILSON)-----------------(HARGINSON)
10% DARI YG DIDENGAR 50% DARI YG DILIHAT 60% DARI YG DIKATAKAN 90% DARI YG DILAKUKAN 82 % MATA 12 % TELINGA 6 % LAINNYA

10 BELAJAR TERJADI DENGAN: (Magnesen)
MEMBACA 10 % MENDENGAR 20 % MELIHAT 30% MELIHAT DAN MENDENGAR 50% MENGATAKAN 70% MENGATAKAN SAMBIL MENGERJAKAN 90%

11 Prinsip Media Pembelajara
1. Mudah 2. Murah KI KD 7 M Media Pembelajaran Media Pembelajaran. 3. Menarik 4. Mempan 5. Mustajab 6. Manfaat 7. Menstimulasi Materi 13 - Sosialisasi/Pelatihan Depdiknas 2006

12 Klasifikasi Media DIRANCANG (BY DESIGN)
Media yang dipersiapka untuk menyampai pesan (papan panel, Alat peraga, kartu, gambar, komputer, TV dsb) DIMANFAATKAN (BY UTILIZATION) Media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan (lingkungan sekitar, aktivitas, pekerjaan, benda-disekitar)

13 Jenis-Jenis Media Audio Cetak Audio-Cetak Proyeksi visual diam
Proyeksi audio visual diam Audiovisual gerak Obyek Fisik : benda nyata Manusia dan lingkungannya Elektronika (komputer)/multimedia

14 1950 Saat ini 1980 TREND MEDIA Text (buku) Media Gerak (film) Obyek
Audio phonograph Obyek (benda nyata, model) Visual (photo, slide, film strip) TREND MEDIA 1950 Saat ini Digital video interactive Desktop publishing audio Virtual reality CD-ROM 1980 Dr.Sujarwo, M.Pd

15

16 Pertimbangan Pemanfaatan Media
Karakteristik Warga belajar; jenis kelamin, pekerjaan, kebutuhan, kecakapan/ kemampuan awal Tujuan pembelajaran Materi pembelajaran Metode pembelajaran Kondisi pembelajaran

17 Alur pemanfaatan media
Materi pemb. Tujuan pemb. Karakteristik Metode pemb. kondisi pemb. Media

18 Contoh Media Gambar:

19 Mohon ceritakan/tulis
B C APA YANG BAPAK/IBU DENGAR TADI MALAM APA YANG BAPAK/IBU LIHAT TADI MALAM APA YANG BAPAK/IBU LAKUKAN TADI MALAM

20

21 Rancangan Produksi Alat Permainan
Nama alat permainan: Sasaran :anak klp apa? Aspek yg akan dikembangkan/fungsi Tema yang dikembangkan Bahan dan alat Cara/langkah pembuatan Gambar/sketsa Cara Penggunaan


Download ppt "Siklus Pengembangan Media"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google