Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODAL VENTURA MATERI MATA KULIAH LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODAL VENTURA MATERI MATA KULIAH LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK."— Transcript presentasi:

1 MODAL VENTURA MATERI MATA KULIAH LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK

2 PENGERTIAN Pengertian modal ventura dalam arti sempit adalah modal yang ditanamkan pada usaha yang mengandung resiko baik dalam bentuk penyertaan modal saham, obligasi konversi maupun pinjaman yang dapat dikonversi menjadi saham. Pengertian modal ventura menurut Tony Lorenz : adalah investasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengambil resiko di mana penyedia dana (venture capitalist) terutama mengharapkan capital gain selain pendapatan bunga atau deviden. Pengertian modal ventura menurut Clinton Richardson adalah dana yang diinvestasikan pada perusahaan atau individu yang memiliki risiko tinggi

3 Pengertian modal ventura menurut Robert White adalah usaha penyediaan pembiayaan untuk memungkinkan pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru baik di bidang teknologi maupun non teknologi. Pengertian modal ventura Keppres No. 61 Tahun 1988 yaitu Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

4 Dari beberap definisi tersebut dapat dikatakan bahwa Modal Ventura merupakan lembaga pembiayaan yang: –Beresiko tinggi –Merupakan investasi jangka panjang –Keuntungan yang diperoleh berupa capital gain dan pendapatan bunga atau deviden –Biasanya investasi ini pada usaha-usaha baru atau usaha-usaha yang bersifat inovasi

5 KONSEP MODAL VENTURA Ciri-ciri khusus investasi modal ventura adalah tingginya kemungkinan risiko yang dihadapi oleh pemodal (venture capitalist) tanpa melihat struktur investasi apakah bentuk penyertaan modal yang memberikan capital gain jangka panjang atau berupa pinjaman yang memberikan keuntungan (return on investment) yang tinggi bagi pemodal ventura. Keterlibatan perusahaan modal ventura antara lain meliputi kegiatan operasi perusahaan di samping memberikan usulan-usulan. Pada prinsipnya perusahaan modal ventura bertindak seolah-olah sebagai partner.

6 Perusahaan ventura juga selalu berusaha mengembangkan perusahaan pasangan usahanya untuk menjadi lebih menguntungkan sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan modal ventura.

7 TUJUAN MODAL VENTURA Selain untuk memperoleh keuntungan yang tinggi, modal ventura juga mempunyai tujuan lain yi: 1. membantu pendirian suatu perusahaan 2. membantu pengembangan usaha terutama pada tahap awal 3. membantu perusahaan pada tahap pengembangan produk maupun tahap mengalami kemunduran 4. membantu merealisasi suatu gagasan produk terutama produk teknologi 5. mengembangkan proyek research and development 6. mengembangkan teknologi baru dan alih teknologi 7. pengalihan kepemilikan suatu perusahaan

8 MEKANISME MODAL VENTURA Mekanisme modal ventura dibedakan dalam 2 bentuk pendekatan yaitu: 1.Single-tier Approach Adalah bentuk pengelolaan dimana perusahaan modal ventura menghimpun dana dan sekaligus mengelola dana tersebut yang diinvestasikan dalam bentuk penyertaan modal pada perusahaan pasangan usaha (investee company). Dengan mekanisme ini perusahaan modal ventura berfungsi sebagai perusahaan penyedia dana (fund company) dan perusahaan pengelola dana (management company)

9 2. Two- tier Approach Merupakan pendekatan yang pada prinsipnya adalah suatu bentuk mekanisme pengelolaan modal ventura di mana melibatkan dua badan usaha yang terpisah, yang satu sebagai perusahaan yang menyediakan dana atau fund company, dan perusahaan lainnya bertindak sebagai perusahaan pengelola (management company) yang melakukan pengelolaan fund company yang bersangkutan.

10 JENIS MODAL VENTURA Dilihat dari cara pendanaannya perusahaan modal ventura dibagi menjadi 2 jenis yaitu: 1.Leverage venture capital yaitu perusahaan modal ventura yang dalam memenuhi kebutuhan dananya meminjam sejumlah besar uang baik dari pemerintah maupun dari sumber-sumber swasta lainnya. 2. Equity venture capital yaitu perusahaan modal ventura dalam pemenuhan dananya tidak melakukan pinjaman dari berbagai sumber. Dana diperoleh dari pemegang saham yang kemudian digunakan untuk melakukan penyertaan pada suatu perusahaan (investee company)

11 SUMBER DANA MODAL VENTURA Sumber dana modal ventura berasal dari berbagai sumber yaitu: 1.Investor perorangan Sumber dana perorangan dapat diperoleh dengan menawarkan suatu kerjasama modal. Tetapi sumber dana dari perorangan ini sulit untuk diperoleh. 2. Perusahaan Biasanya perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai divisi untuk bisnis modal ventura 3. Perusahaan Asuransi dan Dana Pensiun Lembaga keuangan non bank ini merupakan sumber dana modal ventura yang cukup besar. Potensi dana dari sumber ini merupakan dana jangka panjang.

12 JENIS PEMBIAYAAN MODAL VENTURA Pembiayaan yang disediakan perusahaan modal ventura ada beberapa cara yaitu: 1.Penyertaan Modal (equity participation) Pembiayaan yang diberikan dapat dilakukan dengan penyertaan secara langsung baik dengan membeli saham biasa maupun saham preference 2. Obligasi Konversi Adalah pemberian pinjaman kepada perusahaan pasangan usaha yang dapat dikonversi ke dalam saham biasa.

13 3. Pinjaman dengan Warrant Pembiayaan yang diberikan dengan syarat perusahaan modal ventura diberikan hak opsi untuk membeli saham perusahaan. 4. Pinjaman Subordinasi Pembiayaan ini pada dasarnya berbeda dengan pinjaman biasa. Tingkat bunganya relatif rendah dan tidak perlu dibayar bila perusahaan belum mampu menutupi semua biaya operasinya. Jika terjadi likuidasi, pengembalian pinjaman ini berada pada urutan setelah obligasi atau pinjaman lain. 5. Pinjaman Konversi Pembiayaan yang diberikan dalam bentuk pinjaman yang dapat dikonversi ke dalam bentuk saham biasa. Pembiayaan ini merupakan alternatif dari pembiayaan obligasi konversi

14 6. Jasa-jasa lain Perusahaan ventura juga menawarkan jasa sbb: 1.Konsultasi keuangan, perpajakan dan perencanaan strategi 2.Rencana merjer dan akuisisi 3.Pemasaran dan pengembangan usaha baru 4.Membantu mengidentifikasi peluang bagi perusahaan patungan dengan perusahaan besar lain. 5. Perencanaan dan persiapan bagi perusahaan yang akan go public.

15 TAHAP PEMBIAYAAN MODAL VENTURA Tahap-tahap pembiayaan modal ventura dibagi 3 tahap sebagai berikut: 1.Tahap Pengembangan tahap dimana perusahaan baru berdiri sehingga tingkat risikonya sangat tinggi, dibedakan menjadi 4 tahap yaitu: 1.Seed Financing Pada tahap ini kegiatan perusahaan pasangan usaha adalah melakukan kegiatan penelitian dan riset untuk mengukur viabilty suatu ide atau konsep yang nantinya akan menjadi suatu proyek atau obyek pembiayaan

16 2. Start-up financing Pada tahap ini pembiayaan yang diberikan untuk membiayai pekerjaan yang masih berkisar pada riset dan pengembangan, sementara itu perusahaan modal ventura bersama dengan perusahaan pasangan usaha memulai untuk melakukan pemasaran 3. First round financing Pada tahap ini seluruh usaha dan kemampuan dikerahkan untuk mensukseskan peluncuran komersial prototipe produk 4. Second round financing Pada tahap ini produk sudah dapat dipasarkan tetapi belum memperoleh keuntungan

17 2. Tahap Ekspansi Setelah mencapai tahap peluncuran produk, perusahaan harus mampu meyakinkan suatu turnover dan cashflow yang didukung oleh berbagai macam pelanggan. Kredit bank sudah lebih mudah diperoleh meskipun hanya pembiayaan jangka pendek sesuai kebutuhan berdasarkan rencana cashflow perusahaan pasangan usaha.

18 3. Tahap Akuisisi Merupakan tahap di mana perusahaan mengalami perubahan atau perpindahan kepemilikan yang salah satu caranya bisa lewat Leverage Buy Out (LBO). LBO adalah kelompok investor yang membeli saham- saham suatu perusahaan yang memiliki utang yang pembayarannya diambil dari perolehan laba atau penjualan aktiva perusahaan yang dibeli sahamnya atau dengan mengkapitalisasi potensi perkembangan perusahaan.


Download ppt "MODAL VENTURA MATERI MATA KULIAH LEMBAGA KEUANGAN BANK DAN BUKAN BANK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google