Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DAMPAK EKOLOGI 1. Ekologi dan populasi Gambaran populasi dunia pada tanggal 12 Oktober 1999 telah mencapai 6 milyar orang. Pada tahun 1960 – 1990 telah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DAMPAK EKOLOGI 1. Ekologi dan populasi Gambaran populasi dunia pada tanggal 12 Oktober 1999 telah mencapai 6 milyar orang. Pada tahun 1960 – 1990 telah."— Transcript presentasi:

1 DAMPAK EKOLOGI 1. Ekologi dan populasi Gambaran populasi dunia pada tanggal 12 Oktober 1999 telah mencapai 6 milyar orang. Pada tahun 1960 – 1990 telah bertambah 3 milyar orang, dan semenjak penduduk dunia bertambah sebanyak rata-rata 97 juta per tahun dan 94 % dari jumlah ini berasal dari negara berkembang. Abad 21 jumlah penduduk dunia akan mencapai 10 – 14 milyar dan diharapkan zero growth akan terjadi pada Penduduk Indonesia pada tanggal 12 Oktober 1999 berjumlah 206 juta dengan pertumbuhan 1,98 % dan zero growth diperkirakan dicapai tahun Kecepatan pertumbuhan penduduk ini akan berakibat kepada penggunaan SDA yang tetap lajunya perkapita, maka produksi limbah juga akan berlipat-lipat walaupun pertumbuhan teknologi dan produksi tetap.

2 Nilai lingkungan 1. Environmental auditing  Food  Industrial and commercial products  Medicines  Tourism and recreations 2. Biodiversity  Depletion of one-common species  Local or global species extinction  Ecosystem disruption 3. Cost-Benefit Analysis 4. Enviromental Ethics

3 Tingkat organisasi dalam komponen biotik lingkungan 1. Individu 2. Populasi 3. Komunitas 4. Ekosistem 5. Biomes 6. Biosfer

4 2. Dampak ekologi penggunaan sumberdaya alam Data produksi batuan besi yang diolah (AS dan negara lainnya) menunjukkan peningkatan dari kurang 50 juta ton pada tahun 1880 dan mencapai 460 juta ton tahun Selanjutnya proyeksi penggunaan SDA dari 1960 sampai kebutuhan th 2000 juga menunjukkan peningkatan yang tinggi. Sebagai contoh penggunaan minyak bumi meningkat dari 3,2 109 barrel menjadi kira-kira 1010 barrel dan batubara dari ton menjadi ton. Hal ini akan selalu meningkat sesuai dengan bertumbuhnya standar hidup manusia. Untuk kenaikan 3,6 milyar orang didunia untuk standar AS akan membutuhkan 75 x kebutuhan besi dibanding saat itu, 100 x tembaga, 200 x timah hitam, 75 x seng, dan 250 x timah putih. Urbanisasi juga memperlihatkan peningkatan pada negara yang sedang berkembang seperti India dan Pakistan dari tahun 1901 sampai Sebagai contoh di India pada tahun 1901 mempunyai penduduk di kota 0,4 juta orang yang meningkat pada tahun 1960 menjadi 26,4 juta orang, demikian juga Pakistan meningkat dari 8,5 juta menjadi 56,4 juta, sedangkan bila dibandingkan dengan AS menurun dari 39,3 juta menjadi 10,9 juta.

5 Di negara tersebut terjadi pergeseran lebih cepat dan dalam kenyataannya sangat terbatas dalam kapasitas finansial dan kurang dalam pengalaman teknik untuk menyediakan jasa kebutuhan air, disposal, pengendalian pencemaran, dan makanan bergizi. Dampak pergeseran dari daerah ke kota pada jasa sanitasi terlihat baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil-hasil yang penting dapat kelihatan sebagai contoh adalah di Delhi India, berjangkit infeksi oleh hepatitis akibat terkontaminasinya kebutuhan air bersih oleh virus penyebab penyakit tersebut yang berasal dari air buangan yang diperkirakan kasus dalam periode 3 bulan antara tahun Urbanisasi mengakibatkan defisiensi terhadap perumahan, transportasi, dan distribusi serta penyediaan makanan yang akan mengakibatkan defisiensi terhadap kesehatan dan kualitas lingkungan.Kalau ditinjau secara mendalam pembahasan lingkungan berhubungan dengan pertanyaan WHY, WHAT, dan HOW TO yang mencoba memberikan gambaran menyeluruh tentang sistem lingkungan yang mana manusia berada dalam sistem tersebut dan peranan apa yang harus dilakukannya dan bagaimana peranan itu seyogyanya dibawa untuk menjaga kesinambungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk lain yang terdapat disekitarnya.

6 Kualitas lingkungan kita ditentukan oleh aktivitas manusia Dalam prosesnya yang digunakan adalah air, makanan, tanah, dan udara Manusia akan menimbulkan perubahan-perubahan. Penggunaan keempat kebutuhan dasar terhadap kehidupan akan mempengaruhi dinamika semua kehidupan manusia, tumbuhan, dan binatang di bumi yang dapat merubah keseimbangan ekologi. Penggunaan tanah, air dan udara sebagai tempat pembuangan limbah telah mengganggu atau merusak kualitas lingkungan dan tempat tersebut dalam waktu singkat akan tidak dapat digunakan untuk tujuan dan keperluannya. Pengujian perubahan ekologi dan penggunaan sumberdaya tanah, air, dan udara sangat membutuhkan pendekatan yang bersamaan.

7 P GAMES adalah suatu istilah yang berhubungan dengan kenaikan secara eksponensial dari penduduk (people), produksi (production), tenaga (power), tempat tinggal (places), dan pencemaran (pollution). Pertumbuhan ekonomi AS dalam 13 tahunan seperti berikut ini; $100 milyar $300 milyar $500 milyar Kembali ke desa (kebalikan urbanisasi)

8 People  Peningkatan penduduk sangat pesat di negara sedang berkembang 97 juta pertahun Power Peningkatan penduduk juga akan meningkatkan penggunaan tenaga listrik menjadi sebanyak 1,5 milyar kWh dan naik sebanyak 7 % pertahun. Untuk menghasilkan tenaga per tahun dibakar 300 juta ton Batubara, 9 milyar gallon minyak dan 3 triliyun kubik kaki gas. Listrik tenaga air adalah sedikit dan tenaga nuklir masih kecil. Places Jumlah tempat tinggal adalah faktor yang penting sebagai kebijakkan kualitas lingkungan. Pollutions Jumlah zat pencemar dapat dihitung dengan melihat jumlah penduduk. Misalnya 5 pon sampah per hari, 50 gallon air dan saluran membutuhkan 0,2 pon oksigen terlarut.

9 Contoh: DAMPAK EKOLOGI IJC telah melaporkan pengaruh kontaminan terhadap kehidupan burung di Great Lake. Kebanyakan pengaruhnya ditunjukan melalui percobaan laboratorium toxikologi dan pengamatan dilakukan untuk beberapa organisme di lapangan. Tidak diragukan lagi bahwa senyawa-senyawa klorinasi adalah tahan dan dapat menyebabkan pengaruh yang merusak bila bahan tersebut terakumulasi. Pendekatannya: 1. Metode dosis-respon yang dipakai oleh EPA, FDA, dan USDA untuk pengkajian resiko daari karsinogennya terhadap kesehatan manusia. 2. Sain ekologi populasi dan komunitas. Contoh: The Michigan Department of Natural Resources (MDNR) telah mengamati pola demografi dari burung rajawali semenjak Jumlah sarang burung rajawali meningkat secara eksponensial. Hal ini berhubungan dengan penurunan konsentrasi PCB's dari danau Ontario yang secara individu diidentifikasi sebagai remedial action projects (RAPs).


Download ppt "DAMPAK EKOLOGI 1. Ekologi dan populasi Gambaran populasi dunia pada tanggal 12 Oktober 1999 telah mencapai 6 milyar orang. Pada tahun 1960 – 1990 telah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google