KKNI PROGRAM STUDI INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER V1.0

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI S1 Prof. Dr. Sapriya, M. Ed
Advertisements

Created By : Siti arofah, s.soS
PENJELASAN PROGRAM PEKERTI / AA
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KKNI Sebagai Basis Pengembangan Kurikulum (KBK) Ilmu Komputer
LESSON STUDY SEBAGAI PILIHAN SARANA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN
LOGO Selayang Pandang Bidang Kajian Sistem & Manajemen Industri Pertanian JURUSAN TMIP FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS PADJADJAAN.
AGENDA: 1.Persiapan re-desain kurikulum S1 Biologi Pengarahan proposal & skripsi ke 2.
€€. Mempunyai wawasan, pengetahuan dan berkemampuan untuk memahami, menganalisis dan memecahkan permasalahan dan fenomena komunikasi yang terjadi.
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
PENJELASAN PROGRAM PEKERTI / AA
Kurikulum berbasis KKNI
Loka Karya Outcome-based Education
Kuliah matematika diskrit Program Studi Teknik Elektro
STaTiSTiKa uGM Pengenalan kampus.
Program Dasar Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia (PDPT-UI)
KURIKULUM INTI TEKNIK SIPIL BMPTTSSI draft-Februari 2015
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
KKNI PROGRAM STUDI INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER KKNI PROGRAM STUDI INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER Disusun oleh Tim KKNI APTIKOM Dipresentasikan Pada kegiatan Diskusi.
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA.
Sumber Referensi Pengembangan Kurikulum
Teddy Mantoro Mangga2-Jakarta, September 2015
Sumber Referensi Pengembangan Kurikulum
Using Course-view to Enhance our Course Design
KKNI Bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Penyusunan Kurikulum Informatika ITB
PENJELASAN KURIKULUM DAN STRATEGI PENGAMBILAN MATA KULIAH BAGI MAHASISWA Takin INFORMATIKA ANGKATAN SENIN, 22 AGUSTUS 2016.
Focus Group Discussion MANAJEMEN INFORMATIKA BANDUNG
Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi SN-Dikti Berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) KOPERTAIS WIL. IV Dr. Abdul Muhid, M.Si Tim Ahli.
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)
PENYUSUNAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI (KPT) KESMAS
Penyusunan Kurikulum Dr. Agus Zainal Arifin
REKONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI
Persentase Nilai Akhir TA 1 di 6 Semester Terakhir di Prodi S1 IF
KKNI PROGRAM STUDI INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER V1.1
Cerdas Dalam Emosional dan Spiritual
KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI Anifuddin Azis
KNOWLEDGE AREA KKNI DIII MANAJEMEN INFORMATIKA
PANDUAN PENYUSUNAN LO BID.INFORMATIKA & KOMPUTER
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU DAN CALON GURU MATEMATIKA Julan HERNADI Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unmuh Ponorogo Dirangkum dari artikel “Membimbing.
KURIKULUM Sistem Informasi
Capaian Jenjang S1 (Graduate/Degree Outcome - Bachelor's degree) Sistem Komputer Penyandang gelar ini mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan.
Hakekat Metode Instruksional
Skripsi, tesis & disertasi
Persentase Nilai Akhir TA 1 IFG412 Update
STRUKTUR KURIKULUM 2013 Pendekatan Saintifik.
DASAR ILMU BIDANG INFORMATIKA
Kerangka Kurikulum Informatika/Ilmu Komputer Standar APTIKOM
KONSEP PENDEKATAN SCIENTIFIC
MATERI 1 URAIAN SINGKAT KBK DAN PEMBELAJARAN SCL.
Materi Diskusi No.2/APTIKOM/Pus/Okt/2015
Tema TA RTI.
Materi Diskusi No.2/APTIKOM/Pus/Okt/2015
KKNI Progrm Studi Sistem Informasi
Yudho Giri Sucahyo Dosen Fakultas Ilmu Komputer - UI
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
TEKNIK PERTANIAN & BIOSISTEM
Bahan Workshop Kurikulum Pendidikan Ekonomi Berbasis KKNI
Penyusunan Profil Darwin Sebayang Haris Wahyudi Agung Wibowo.
Information Systems Department.
KURIKULUM UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Amik Universal Jl. Setia Budi No.20 AD Tanjung sari Medan Telp. (061) ,
Jurusan Ilmu Ekonomi Prodi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan
Penjaminan Mutu Outcomes-based Education
PENETAPAN MATAKULIAH PRODI DAN JUMLAH SKS C. Asri Budiningsih
Jurusan Ilmu Ekonomi Prodi Ekonomi, Keuangan dan Perbankan
Transcript presentasi:

KKNI PROGRAM STUDI INFORMATIKA/ILMU KOMPUTER V1.0 Disusun oleh Tim KKNI APTIKOM Dipresentasikan Pada kegiatan Rakornas APTIKOM Padang, 22-24 Oktober 2015

Outline Pelaksanaan penyusunan KKNI Team members dan penugasannya Capaian Jenjang - Degree Outcome (DO) Capaian Program - Program Outcome (PO) Capaian Pembelajaran – Learning Outcome (LO) Pemetaan PO dan LO Naskah Akademic – KKNI APTIKOM Dari KKNI-APTIKOM menuju ke Kurikulum-APTIKOM

Course Learning Outcomes Degree Outcomes Program Outcomes BOK Learning Outcomes Course Learning Outcomes

Degree Outcome (DO) Degree Outcomes  Describe what students should know, and be able to do, after successful completion of a degree program at the bachelor’s, master’s and doctoral degree levels. Degree Outcome (Capaian Jenjang) Deskriptor KKNI

Program Outcome (PO)/Program Learning Outcome (PLO) PLO - link

Program learning outcomes answer the questions: •What is the purpose of this program? •What should the ideal graduate of this program be able to know, do or value upon completion?

Learning Outcome Learning Outcome  Statements of what the individual knows, understands and is able to do on completion of a learning process (ECTS User's Guide, 2015).

Learning Outcome D. Kennedy, Writing and Leaning Outcome,NDP-NEA, 2007, p. 21

The ‘Essence’ of OBL In OBL, what matters ultimately is not what is taught, but what is learned; Teachers must set appropriate course intended learning outcomes, instead of teaching objects; Constructive alignment: What we teach, how we teach and how we assess ought to be aligned with the intended learning outcomes, such that they are fully consistent with each other; The quality of teaching is to be judged by the quality of learning that takes place.

Pelaksanaan: FGD-1: 25-27 September 2015, Pesona Bahari, Tower Topas, UGD, Mangga dua, Jakarta. FGD-2: 9-11 October 2015 Bizz Hotel, BSI, Bekasi, Jawa Barat. Deliverable: FGD 1 FGD 2 Outline XXX Graduated/Degree Outcome (DO) X XX Program Outcome (PLO) Learning Outcome (LO) Reporting

Team members: (TM) Prof. Dr. Teddy Mantoro, SMIEEE – Sampoerna Univ - teddy@ieee.org, tmantoro@gmail.com (SM) Prof Dr. S. Moedjiono, MSc (SM), Universitas Budi Luhur Moedjiono@gmail.com (ADS) Dr.rer nat. Drs. Adang S. SKom, MSc (UGD) (asuhendra@gmail.com, adang@staff.gunadarma.ac.id) (AAI) Dr. Amil A. Ilham (Unhas - Makasssar) - Amil A. Ilham - amil_ai@yahoo.com (AP) Dr. Ayu Purwarianti (ITB) - ayu@stei.itb.ac.id (MAA) Assoc Prof. Dr. Ir. Media A Ayu, MSc– Sampoerna Univ – medayu@gmail.com, media.ayu@sampoernauniversity.ac.id (SW) Dr. Setia Wirawan – Universitas Gunadarma (setia@staff.gunadarma.ac.id, setia.gunadarma@gmail.com) (AN) Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom., Dr.– Fasilkom –UI nizar@cs.ui.ac.id (AZA) Dr. H. Agus Zainal Arifin (ITS) agusza@cs.its. ac.id (NA) Nur Azizah, Skom, Makt, Mkom, (STMIK Raharja Tangerang) - nur.azizah@raharja.info (LS) Dr. Lana Sularto– Ka Prodi Akuntansi, Universitas Gunadarma - lana@staff.gunadarma.ac.id (RS) Dr. Raden Supriyanto, – Univ Gunadarma - Supriyanto.r@gmail.com (NSS) Dr. Nur Sultan S – Univ Gunadarma - Nur_sultan_s@yahoo.com

Rumpun Ilmu Informatika dan Komputer Pengelompokan Rumpun Ilmu Informatika dan Komputer Rumpun Ilmu Informatika dan Komputer Sistem Komputer Ilmu Komputer Sistem Informasi Teknologi Informasi Rekayasa Perangkat Lunak

Prodi - APTIKOM Rumpun Ilmu Informatika dan Komputer: Ilmu Komputer/Informatika (S1, S2, S3) Sistem Informasi (S1, S2, S3) Teknologi Informasi (S1, S2, S3) Rekayasa Perangkat Lunak (S1, S2, S3) Sistem Komputer (S1) Komputer Akuntansi– D3 Management Informatika – D3 Teknik Komputer (D3) KKNI: Level 5 (D3), 6 (S1/D4), 8 (S2) dan 9 (S3) Sept 2016 - yang sudah di draft: Ilmu Komputer 15 Okt 2015 – Semua sudah ada draft-nya

Distribusi Penugasan: Jenis Kompetensi Level 5 Level 6 Level 8 Level 9 PIC Kompetentisi umum (Revisi Bab 1-3)  SM, AAI Kompetensi prodi Ilkom/TI/Informatika X TM,ADS Kompetensi prodi Sistem Komputer RS, NSS Kompetensi prodi Teknik Komputer Kompetensi prodi Sistem Informasi MAA, SW, AN Kompetensi prodi Teknologi Informasi x Kompetensi prodi Manajemen Informatika LS, NA Kompetensi prodi Komputer Akuntasi Kompetensi prodi Rekayasa Perangkat Lunak AP,AZA

KKNI Bidang Informatika/Ilmu Komputer Knowledge Area/BOK (adopted from ACM IEEE 2013) Roadmap – S1

KKNI Bidang Informatika/Ilmu Komputer Roadmap – S1 Knowledge Area (adopted from ACM IEEE 2013)

Capaian Program (Program Outcome) Penguasaan bidang komputasi (Mastering in computing area). Berpikir kritis dan taat kaidah ilmiah (Critical Thinking and Scientific approach). Kecakapan menggunakan teknik dan perangkat komputasi (Technique and tools for computing practice). Terlibat secara profesional dan sosial (Professional and Social Engagement). Komunikasi yang efektif (Effective Communications). Pembelajaran sepanjang hayat (Lifelong Learning) Kepemimpinan dan kerja tim lintas disiplin (Leadership and Multi-disciplinary Team Work). Cakap berwirausaha (Entrepreneurship Quality).

Capaian Program Spesifik Dimensi Capaian Program Umum Informatika/Ilmu Komputer S1 – Level 6 NO Capaian Program Spesifik Dimensi Capaian Program Umum 1 Pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan matematika dasar dan teori ilmu komputer Penguasaan bidang Komputasi 2 Kemampuan untuk memiliki perspektif kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi.   Berpikir kritis dan taat kaidah ilmiah 3 Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari area ilmu komputer untuk meningkatkan produktifitas. Kecakapan menggunakan teknik dan perangkat komputasi 4 Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari. Terlibat secara profesional dan social

Capaian Program Spesifik Dimensi Capaian Program Umum Informatika/Ilmu Komputer S1 – Level 6 NO Capaian Program Spesifik Dimensi Capaian Program Umum 5 Mampu berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dari beragam latar belakang dengan kualitas yang efektif. Komunikasi yang efektif 6 Mempelajari model baru, teknik, teknologi dan peralatan untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas diri seumur hidup Pembelajaran sepanjang hayat 7 Menunjukan keterampilan antar-pribadi sebagai bagian dari tim dalam setiap peraturan termasuk kepemimpinan dalam menyampaikan hasil/resolusi yang berkualitas. Kepemimpinan dan kerja tim lintas disiplin 8 Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi informatika. Cakap berwirausaha

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Bidang Ilmu Komputer – S1 No. Ranah Topik (Topic Area) Ranah Keilmuan* Mata Kuliah Terkait 1 Pembentukan Karakter   Agama, Pancasila, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris.` 2 Matematika dan Statistika Struktur Diskrit (DS), Ilmu Komputasi (CN), Kalkulus 1, Kalkulus 2, Matematika Diskrit 1, Matematika Diskrit 2, Analisis Numerik, Aljabar Linear, Statistika dan Probabilitas, Information Theory. 3 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Kompleksitas (AL), Bahasa Pemrograman (PL) Dasar-dasar Pemrograman, Struktur Data dan Algoritma, Desain dan Analisis Algoritma, Pemrograman Deklaratif, Teori Bahasa dan Automata, Sistem Cerdas, Pemrograman Berorientasi Objek. Web programming. 4 Sistem Cerdas Sistem Cerdas (IS) Kecerdasan tiruan (AI), Machine Learning, Expert Systems.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Bidang Ilmu Komputer – S1 No. Ranah Topik (Topic Area) Ranah Keilmuan* Mata Kuliah Terkait 5 Rekayasa Perangkat Lunak Rekayasa Perangkat Lunak (SE), Manajemen Informasi (IM), Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak (SDF), Interaksi Manusia-Komputer (HCI), Pengembangan Berbasis Platform (PBD) Basis data, Rekayasa Perangkat Lunak, Interaksi Manusia-Komputer (HCI). 6 Komputer Arsitektur Arsitektur dan Organisasi Komputer (AR), Sistem Operasi (OS), Dasar-dasar Sistem (SF), Penjaminan dan Keamanan Informasi (IAS), Grafis dan Visualisasi (GV), Pengantar Sistem Digital, Pengantar Organisasi Komputer Sistem Operasi, Pemrograman Sistem. 7 Sistem Terdistribusi   Komputasi Paralel dan Terdistribusi (PD), Jaringan dan Komunikasi (NC), PDT (Pemrosesan data terdistribusi), Cloud Computing, Mobile Computing 8 Kecakapan Hidup Isu Sosial dan Praktik Profesional (SP) Komputer dan Masyarakat, Kerja Praktik/Magang, Skripsi/Tugas Akhir

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome) Bidang Ilmu Komputer – S1 No Ranah Topik Capaian Pembelajaran 1 Ilmu Komputer Dasar Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan. Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem. 2. Algoritma dan Pemrograman Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Contoh kaitan aspek kompetensi khusus lulusan dengan capaian pembelajaran inti PS Ilmu Komputer Aspek Kompetensi Ranah Topik Jumlah Capaian Pembelajaran Pengetahuan 1. Matematika dan Statistika 4 Ketrampilan Umum 2. Algoritma dan Pemrograman 10 Sistem Cerdas Rekayasa Perangkat Lunak 7 Komputer Arsitektur 5 Distributed Systems Kecakapan hidup (Success Skills) 8 Jumlah 42

LO Program Studi Ilmu komputer Capaian pembelajaran Program Studi Ilmu Komputer level 6 Ranah Topik (Topic Area) Capaian Pembelajaran (LO) Aspek KKNI 1. Ilmu Komputer Dasar Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer. Memahami konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi. Memahami teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan. Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem. Pengetahuan, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus 2. Algoritma dan Pemrograman Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.

Mapping of Learning Outcome to Programme Outcomes Ranah Topik: Ilmu Matematika Capaian Pembelajaran Capaian Program 01 02 03 04 05 06 07 08 Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika. √   Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik. Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi. Menguasai konsep dan teori konsep- konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.

RUMUSAN KOMPETENSI BAHAN KAJIAN Bridging from LO to Curriculum CONTOH FORMAT MATRIKS KOMPETENSI DENGAN BAHAN KAJIAN RUMUSAN KOMPETENSI BAHAN KAJIAN (bidang ilmu, cabang ilmu, ranting ilmu atau pokok bahasan yang digunakan untuk membentuk kompetensi) A B C D E F G H I J K L M N 1 Pengetahuan 2 3 4 5 6 Ketrampilan Umum 7 8 9 Ketrampilan khusus 10

PEMBENTUKAN MATA KULIAH CONTOH PEMBENTUKAN MATA KULIAH RUMUSAN KOMPETENSI BAHAN KAJIAN Inti keilmuan IPTEKS pendukung IPTEKS pelengk Yang dikemb Untuk ms dpn Ciri PT 1 Kemampuan merancang arsitektur 2 Kemampuan mengkomunikasikan ide. 3 Kemampuan bekerjasama 4 Memiliki kepekaan masalah nyata 5 Kemampuan membaca gambar 6 Memiliki kemampuan managerial & leadership 7 Mempunyai kemampuan dasar praktek 8 Kemampuan belajar sepanjang hayat 9 Berfikir & berkomunikasi secara akademik& etis. 10 kemampuan mengembangkan arsitektur 11 Menjunjung tinggi norma akademik 12 Memiliki penget. strategi pembangunan Teori, metode Desain ars. Struktur bang. Seni Sains ars-tek Perk. Ars. Perencanaan Lansekap ars Permukiman Interior Ars nusantara CAD Strategi pemb Lingk & IT Mata kuliah A Mk B mk C

Terimakasih…