K.H.Ahmad Azhar Basyir Dari : Almira Jihan Kalishtya 6A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

PROSES AWAL PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
PEMILIHAN DEKAN 2008 – 2012 UNIVERSITAS GADJAH MADA
PROF. DR. KH. DIDIN HAFIDHUDDIN, M. SC
Shahih al-Bukhari Karya Imam al-Bukhari Penulis
Ringkasan Prof.Dr.Ahmad Syafi’i Ma’arif,M.A
UNIVERSITAS GUNADARMA
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Ringkasan k.h. AHMAD BADAWI
CATATAN SIPIL DEWI NURUL MUSJTARI, SH., M.HUM FAKULTAS HUKUM
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
6D – Prof. Dr. Din Syamsudin, M.A. – NALA HANIIFAH ARJANTI – 26
Pemetaan Dakwah Muhammadiyah Melalui Pengabdian Masyarakat
Hukum Adat.
NAMA:ALBAN FARELL RAVISHEEHAN KELAS:6B ABSEN:2
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
KONTRIBUSI MUHAMMADIYAH MERAJUT PERADABAN INDONESIA
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
Profil kh ahmad azhar basyir
Pengajaran, Pengabdian pada Masyarakat dan Penunjang
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Prof. DR. H. YUSUF SUYONO, MA.
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO
PENGANTAR STUDI ISLAM.
TUGAS KEMUHAMMADIYAHAN KELAS 6
Maria Walanda Maramis Maria Yosephine Catharina Maramis atau yang lebih dikenal sebagai Maria Walanda Maramis adalah anak bungsu dari tiga bersaudara dari.
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
Perkembangan Ilmu Pengetahuan di UMM
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
Tugas liburan kemuhammadiahan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Maria Walanda Maramis XI IIS 2
Sri Rohyanti Zulaikha UPAYA LEMBAGA KEPENDIDIKAN ILMU KEPUSTAKAWANAN DALAM MENCETAK CALON PUSTAKAWAN BERCITRA POSITIF Sri.
KE – ORTOM - AN Oleh : M. Yusup.
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
KINERJA RISET FAKULTAS
BEBERAPA PERSOALAN DISEPUTAR PANCASILA
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
Hubungan Ekonomi dan Hukum dalam Islam
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG.
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
IAIN JURAI SIWO METRO ANNISA DWI ANTARI ( ) LB 11.
STUDI ISLAM III BAB V MASALAH ORIENTALISME
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
SAREKAT ISLAM NAMA KELOMPOK : DITA DWI AGUSTIN ( )
PAHLAWANKU BY: pasha 5D AKBAR 5D.
PROGRAM PASCASARJNA IAIN SALATIGA PROGRAM S2 BEASISWA KUALIFIKASI CALON PENGAWAS PAI Jl. Tentara Pelajar No. 2 Kota Salatiga EVALUASI PENDIDIKAN.
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
PELATIHAN PENULISAN MAKALAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM Materi Ke 6.
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
Sejarah Unsrat Nama tokoh pahlawan nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi dipilih sebagai nama lembaga perguruan tinggi negeri di Provinsi Sulawesi Utara.  Dr.
MATERI PRESENTASI AL ISLAM KEMUHAMMADIYAH
PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA
PRESENTASI PPKN Anggota Kelompok : - Elizabeth M P (8B/9)
KONSORSIUM DAN INTEGRASI ILMU
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
UNIVERSITAS GUNADARMA
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. Marjanis, M.Pd. (Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Barat) Disampaikan.
Sumenep, 9 Agustus 1975 Bumi Asri Blok L-3 (0341) /
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA PRODI - S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS GUNADARMA 1 1 AKUNTANSI SYARIAH.
Sinergi MPKU sebagai Bagian dari Pengabdian Masyarakat untuk Kemashalatan Ummat Ketua Majelis MPKU, Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Transcript presentasi:

K.H.Ahmad Azhar Basyir Dari : Almira Jihan Kalishtya 6A

- Lahir di Yogyakarta, 21 November 1928. - Masa kecilnya tumbuh dan dibesarkan di lingkungan masyarakat yang kuat berpegang pada nilai agama. Yaitu, di kampung Kauman. - Putra pasangan Haji Muhammad Basyir dan Siti Djilalah ini memulai pendidikan di Sekolah Rendah Muhammadiyah Suronatan, Yogyakarta. - Setelah tamat, Azhar Basyir lantas nyantri di Madrasah Salafiyah, Ponpes Salafiyah Tremas, Pacitan, Jawa Timur. - Setahun kemudian, Azhar Basyir berpindah ke Madrasah Al-Fallah Kauman dan menyelesaikan pendidikan tingkat menengah pertamanya pada Tahun 1944. - Pendidikan lanjutan kemudian ditempuhnya di Madrasah Mubalighin III (Tabligh School) Muhammadiyah Yogyakarta dan rampung dalam dua tahun. - Pasca kemerdekaan, Azhar Basyir kembali ke bangku study melalui Madrasah Menengah Tinggi Yogyakarta tahun 1949, dan tamat tahun 1952. Baru kemudian meneruskan ke Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri Yogyakarta - Berkat kegigihan yang ditunjang kemampuan ilmu agamanya, Azhar Basyir dipercaya menjadi ketua Pemuda Muhammadiyah tatkala lembaga ini baru didirikan tahun 1954.

- Jabatannya mendapat pengukuhan kembali pada Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Palembang tahun 1956. - Tak lama tugas itu diembannya, Azhar Basyir mendapat beasiswa untuk belajar di Universitas Baghdad, Irak. Fakultas Adab Jurusan Sastra adalah bidang yang diambilnya. Dari sini, Azhar Basyir melanjutkan studi ke Fakultas Dar Al 'Ulum Universitas Kairo, serta belajar Islamic Studies sampai meraih gelar master dengan tesis: Nizam al-Miras fi Indunisia, Bain al-'Urf wa asy-Syari'ah al-Islamiyah (Sistem Warisan di Indonesia, antara Hukum Adat dan Hukum Islam). - Sekembalinya ke Indonesia selama study di Timur Tengah, Azhar Basyir diangkat sebagai dosen di Universitas Gadjah Mada (UGM). - Karir berorganisasinya dimulai sebagai Juru Tulis yang tugasnya mengetik dan mengantar surat. Barulah kemudian Azhar Basyir masuk dalam jajaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yaitu di Majelis Tarjih sampai tahun 1985. -   Pada Muktamar Muhammadiyah di Semarang tahun 1990, ulama intelektual ini diberi amanah di jajaran Ketua PP Muhammadiyah. - Musim haji tahun 1994, pemerintah menunjuknya selaku perwakilan Amirul Haj Indonesia. Pulang dari Tanah Suci, Azhar Basyir kembali bekerja keras.

- Dan pada saat yang sama, duduk di beberapa organisasi seperti menjadi salah satu ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat masa bakti 1990-1995, anggota Dewan Pengawas Syariah Bank Muamalat Indonesia, serta anggota MPR-RI periode 1993-1998. - Pada usia 65 tahun, tokoh kharismatik ini mulai memasuki masa pensiun dari kegiatan mengajar di Fakultas Filsafat UGM. - Tetapi, tetap bertekad mengabdikan ilmunya dengan mengajar di Fakultas Hukum UGM, IAIN Sunan Kalijaga dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. - Pada Muktamar Muhammadiyah ke-42 di Yogyakarta tahun 1995, Azhar Basyir terpilih sebagai Ketua Muhammadiyah menggantikan KH AR Fakhruddin. - Berkenaan dengan dimensi tasawuf dalam Muhammadiyah, Azhar Basyir menyatakan bahwa Muhammadiyah juga menganut tasawuf, seperti yang ditulis Buya Hamka dalam buku Tasauf Modern. - Melalui gagasan dan pemikirannya itulah Azhar Basyir dikenal sebagai ulama yang banyak menguasai ilmu agama, kehadirannya dalam khazanah pemikiran Islam seumpama sumur yang tak surut ditimba. - Dapatlah dikata, Azhar Basyir merupakan sosok perpaduan ulama dan intelektual. Oleh karenanya, Muhammadiyah di bawah kepemimpinannya cukup intens memunculkan kegiatan yang berbentuk pengajian dan kajian dalam mengurai berbagai persoalan keummatan dan pemikiran keislaman.

- Karya ilmiah yang pernah ditulis Azhar Basyir cukup banyak dijadikan rujukan dalam kajian ilmiah di berbagai Universitas di Tanah Air. Di waktu senggangnya, Azhar Basyir juga bergiat menulis buku. Di antara karya-karyanya adalah Refleksi Atas Persoalan Keislaman (seputar filsafat, hukum, politik dan ekonomi); Garis-garis Besar Ekonomi Islam; Hukum Waris Islam; Sex Education; Citra Manusia Muslim; Syarah Hadits; Missi Muhammadiyah; Falsafah Ibadah dalam Islam; Hukum Perkawinan Islam; Negara dan Pemerintahan dalam Islam; Mazhab Mu’tazilah (Aliran Rasionalisme dalam Filsafat Islam); Peranan Agama dalam Pembinaan Moral Pancasila; Agama Islam I dan II, dan lain-lain. Selain itu, Magister dalam ilmu Dirasat Islamiyah ini diakui secara internasional sebagai ahli fiqih yang disegani. Itulah mengapa, sosoknya dengan mudah diterima duduk di Lembaga Fiqih Islam: Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang memiliki persyaratan ketat. - Tepatnya pada awal Juni 1994, ulama ini masuk rumah sakit karena komplikasi penyakit gula, radang usus, dan jantung. Kondisinya kian memburuk. Hingga akhirnya, wafad di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sarjito setelah dirawat di PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Azhar Basyir wafad tepat pada tanggal 28 Juni 1994 dalam usia 66 tahun dan dimakamkan di Pemakaman Umum Karangkajen Yogyakarta.

SEKIAN DARI SAYA WASSALAMUALAIKUM WR.WB