INTERAKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE URUN IDE MENINGKATKAN UWES A. Chaeruman Pustekkom Kemdikbud
inti e-learning adalah …
“ e-Learning is the use of information and computer technologies to create learning experiences. - William Horton, 2006
Bagaimana upaya meningkatkan pengalaman belajar ? Bagaimana upaya meningkatkan pengalaman belajar dalam lingkungan pembelajaran online
Sekilas kita pahami dulu seting belajar dalam konteks pembelajaran online…
Self-Paced Asynchronous Collaborative Asynchronous Langsung Maya Mandiri Kolaboratif SINKRONOUS Belajar pada waktu & lokasi yang sama Belajar pada waktu yang sama tapi tempat berbeda Live Synchronous Virtual Synchronous Belajar kapan saja, di mana saja, tentang apa saja, tanpa orang lain Belajar kapan saja, di mana saja, tentang apa saja, dengan siapa saja Self-Paced Asynchronous Collaborative Asynchronous ASINKRONOUS Adaptasi dari Noord, 2007 oleh Uwes A. Chaeruman, 2012
desain pembelajaran online dalah… Dengan demikian, tantangan desain pembelajaran online dalah…
Self-Paced Asynchronous Collaborative Asynchronous menciptakan pengalaman belajar ... Langsung Maya Mandiri Kolaboratif SINKRONOUS diskusi, demonstrasi, simulasi dll. via audio conference, text-based conference, atau video conference Technology enhanced classroom Live Synchronous Virtual Synchronous Publikasi, sharing, diskusi, demonstrasi, dll via milist, forum diskusi online, assignment online atau media sosial lain Learning object video, audio, animasi, simulasi, games, augmented reality, virtual reality, dll. Self-Paced Asynchronous Collaborative Asynchronous ASINKRONOUS
Oleh karenanya, desain pembelajaran online sebaiknya memenuhi alur belajar (learning path) atau aktifitas belajar seperti berikut:
Menurut William Horton, 2006
Learning Deepening Applying Measuring online assignment Online quizz & test Online discussion forum, video conference, audio conference, dll Learning object [teks, visual, video, animasi, simulasi] Learning Deepening Applying Measuring - Chaeruman, 2012 -
Apa implikasinya terhadap ? Apa implikasinya terhadap desain pembelajaran online
MATA KULIAH XYZ POKOK BAHASAN 1 POKOK BAHASAN 2 POKOK BAHASAN 3 Uraian Sub PB 1.1 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2.1 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 3.1 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis TEST AKHIR ONLINE TUGAS AKHIR ONLINE Uraian Sub PB 1.2 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2.2 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 3.2 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 1…n Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2…n Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 3…n Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Forum Diskusi PB 1 Minimal 1 issu diskusi Forum Diskusi PB 2 Minimal 1 issu diskusi Forum Diskusi PB 3 Minimal 1 issu diskusi Tugas Online PB 1 Minimal 1 tugas Tugas Online PB 2 Minimal 1 tugas Tugas Online PB 3 Minimal 1 tugas Kuis/Test Online PB 1 Minimal 1 issu diskusi Kuis/Test Online PB 2 Minimal 1 issu diskusi Kuis/Test Online PB 3 Minimal 1 issu diskusi
MENJAMIN MUTU Upaya/Ikhtiar Kita MATA KULIAH XYZ LEARNING DEEPENING POKOK BAHASAN 1 POKOK BAHASAN 2 Uraian Sub PB 1.1 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2.1 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis LEARNING Upaya/Ikhtiar Kita MENJAMIN MUTU pembelajaran online Uraian Sub PB 1.2 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2.2 Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis INTERAKSI BELAJAR CUKUP TINGGI Uraian Sub PB 1…n Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Uraian Sub PB 2…n Serangkaian kombinasi teks, visual, video, animasi, dll Diskusi, tugas, kuis Forum Diskusi PB 1 Minimal 1 issu diskusi Forum Diskusi PB 2 Minimal 1 issu diskusi DEEPENING Tugas Online PB 1 Minimal 1 tugas Tugas Online PB 2 Minimal 1 tugas APPLYING Kuis/Test Online PB 1 Minimal 1 issu diskusi Kuis/Test Online PB 2 Minimal 1 issu diskusi MEASURING
desain pembelajaran online … Sekedar contoh desain pembelajaran online …
Contoh Rancangan Konten Online Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Learning Point Visualisasi Learning Object A. Kewirausahaan dan Pola pikir wirausaha Konsep dan Tindakan Kewirausahaan Kewirausahaan secara umum Teks – pengantar video – ttg bbrp pengusaha yang berhasil merubah dunia Forum diskusik online - Teks – deskripsi ulasan isi video Sifat Kewirausahaan Animasi – spoiler 7 sifat kewirausahaan Cara pikir wirausahaawan Visual – animasi komik cara berpkir seorang wirasuahawana Karakteristik wirausahawan Teks – penjelasan pengantar Video – profiel beberapa wirausahwan Teks – deskripsi penjelasan/ulasan isi video
Ketika nanti diunggah dalam LMS, hasilnya akan seperti berikut …
Apakah Keiwrausahaan itu? Sebelum membahas lebih jauh tentang kewirausahaan dan pola pikir wirausaha, coba kita perhatikan video berikut: Teks pengantar Insert video menggambarkan wiraushawan yang berhasil Video Bagaimana menurut Anda? Tuliskan kesimpulan Anda tentang kewirusahaan terhadap tayang video tersebut forum diskusi Insert discussion forum Anda, BENAR… berdasarkan tayangan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kewirausahaan secara umum adalah …….. …….. …… …… ……. ……. ……. Pola pikir wirausahawan memainkan peran yang sangat penting terhadap kewirasuahaan. Teks deskriptif ulasan isi video Baiklah, mari kita kaji lebih dalam lagi dalam bahasan berikut!
semoga bermanfaat untuk kita semua TERIMA KASIH semoga bermanfaat untuk kita semua Uwes A. Chaeruman uweschaeruman@gmail.com www.lideshare.net/uweschaeruman www.teknologipendidikan.net
Bacaan: Chaeruman, Uwes A., (2012), Online Distance Training Model: Case Study at Pusdiklat Aparatur Kesehatan, Ministry of Health, Indonesia, Proceeding Symposium of Open, Distance and e-Learning, ISODEL 2012, Bali 4 – 6 Desember 2012. Horton, W. (2006). e-Learning by Design. Ca, USA: John Willey and Son. Naidu, S. (2006). e-Learning: a Guide of Principles, Procedures, and Practice. New Delhi: Commonwealth Educational Media Center. Stockley, D. (2010). e-Learning Definition and Explanation. Retrieved February 19, 2010, from www.derekstockley.com