DESAIN RISET DAN ANALISIS DATA AKUNTANSI SPIRITUALIS SEBUAH PENDEKATAN NON-POSITIVIST KULIAH DOSEN TAMU UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO dialectic (noun); dialectical (adjective) a way of discovering what is true by considering opposite theories transcendental (adjective); transcendence (noun) A transcendental experience, event, object, or idea is extremely special and unusual and cannot be understood in ordinary ways: a transcendental vision of the nature of God Holistic (adjective): dealing with or treating the whole of something or someone and not just a part: ka·fah 1 a sempurna: kerinduan untuk menempatkan diri sbg seorang muslim yg --; 2 keseluruhan Dr. Ahim Abdurahim,SE.,M.Si.,Ak.,SAS.,CA ahim@umy.ac.id 27 Juli 2017
ILMIAH DATA KUANTITATIF Realitas dan apa yang benar adalah tunggal, konkret, dan dapat dibagi-bagi; hubungan antara yang mengetahui dan yang diketahui terlepas satu sama lain; generalisasi yang bebas dari waktu dan konteks dapat dilakukan; hubungan sebab-akibat dapat dipastikan karena ada itu penyebab yang nyata; nilai tidak berperan karena penelitian itu bebas nilai. Positivisme mempunyai dua sisi yaitu bersifat logis dan empiris sehingga riset adalah mengetahui dan atau berpikir ilmiah. Positivisme adalah suatu aliran filsafat yang menyatakan ilmu alam sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang benar dan menolak aktifitas yang berkenaan dengan metafisik. Tidak mengenal adanya spekulasi, semua didasarkan pada data empiris. ILMIAH DATA KUANTITATIF
DATA KUANTITATIF & KUALITATIF Post Positivisme lawan dari positivisme: cara berpikir yg subjektif, Asumsi thd realitas: realitas bersifat jamak, Kebenaran subjektif dan tergantung pada konteks value, kultur, tradisi, kebiasaan, dan keyakinan. Bersifat natural dan lebih manusiawi Realitas adalah lebih dari satu (jamak), merupakan bentukan, dan holistik; hubungan antara yang mengetahui dan yang diketahui tidak terpisahkan dan interaktif; generalisasi yang bebas waktu dan konteks tidak dimungkinkan sehingga hipotesis yang dibuat terikat waktu dan konteks; tidak ada penyebab yang sebenarnya karena semua entitas saling membentuk; penelitian itu terikat pada nilai. ILMIAH DATA KUANTITATIF & KUALITATIF
MENGKONSTRUKSI PERSPEKTIF AMINULLAH & METODE DIALEKTIKA TRANSENDENTAL DALAM METODOLOGI PENELITIAN ISLAM DESAIN RISET DAN ANALISIS DATA AKUNTANSI SPIRITUALIS
SEBAGAI SEORANG “BRICOLEUR” PENELITI KUALITATIF SEBAGAI SEORANG “BRICOLEUR” (Denzin & Lincoln, 2009) Seorang Bricoleur; mampu memanfaatkan kepakaran metodologis-nya sendiri, dengan menggunakan strategi, metode, atau data-data empiris apapun yang ada (Becker, 1989) Jika menemukan alat baru atau dapat menggabungkan menjadi satu, Bricoleur pasti akan melakukannya (Denzin, 2009)
ILMU PENGETAHUAN DENGAN PERSPEKTIF SPIRITUALIS A. DESAIN PENELITIAN ... PROSES MEMBANGUN ILMU PENGETAHUAN DENGAN PERSPEKTIF SPIRITUALIS Ontologi Epistemologi Metodologi Aksiologi JATI DIRI Siapa Saya? Ilmu yang Bermanfaat Perspektif (Wordview) Redefinisi Ilmiah Spiritualitas Deduktif Vs Induktif Positivist, non-positivist dll. (S1, S2, S3)
JATI DIRI (Siapa Saya?) REALITAS Khalifatullah (Q.S. Al-Baqarah:31) JATI DIRI MEMBENTUK CARA PANDANG TERHADAP REALITAS Abdurrahman (QS Al-Furqan: 63) Abdullah (Adz-Dzariyat 56) Al-Quran (Al-Baqarah:2) INDRA AKAL HATI REALITAS Iman (Akidah) Islam (Syariah) Ikhsan (Akhlak) HR. Muslim
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ PERSPEKTIF ISLAM (MEMANDANG REALITAS SEBAGAIMANA AL-QURAN MEMANDANG TERHADAP REALITAS) اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ Al-Alaq:1 (Realitas) Bacalah (realitas), sesuai (kehendak) Allah SWT yang menciptakan (Alam Semesta) ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ Al-Baqarah:2 (Parameter)
Mengkonstruksi Perspektif Aminullah hamba Allah yang mengemban amanah untuk mentaati syariat Islam yang dilaksanakan dengan akhlak yang mulia Al Amin Allah SWT Makna Khusus Makna Umum Zat Yang Maha Suci & Tempat Segala Sesuatu Bergantung Al-Amin Gelar Rasulullah Baitullah bagi Ka’bah/Masjid Aminul’aam (Sekretaris) Aminush shunduq (Bendahara)
Pencipta, Pemilik dan Sumber Ilmu Pengetahuan Ontologi Aminullah رَبِّك Allah SWT Pencipta, Pemilik dan Sumber Ilmu Pengetahuan اقْرَأْ Aminullah (Indra, Akal, Hati) الَّذِي خَلَق Ayat Kauniyah (Materi dan Spiritual) بِاسْمِ رَبِّكَ Ayat Quliyah (Al-Quran & As-Sunnah) Koherensi 100%
MEMBUKA DIRI UNTUK MENERIMA HIDAYAH/ILHAM dari ALLAH SWT H.R. Bukhari & Muslim Q.S Al Waqiah: 79 من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين لا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ INDRA AKAL HATI أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى (H.R. At Tirmidzi)
لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ MEMBENTUK DAN MELANGGENGKAN DZIKIR (Belajar kepada para Nabi dan Rasul) Doa Nabi Adam: Q.S Al A’raf:23 Nabi Musa Bermunajat: Q.S Al A’raf:143 Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya,.... قَالا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ Doa Nabi Yunus dalam perut ikan: Q.S Al Anbiya 87 Nabi Yusuf Berdoa: Q.S Yusuf: 33 Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku .... لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ Nabi Muhammad bermunajat di Gua Hira
Bentuk-Bentuk Dzikir Membaca kalimat suci dalam hati (Sirr) Membaca kalimat suci dengan lisan (Bersuara) Melaksanakan Ibadah Wajib Maupun Sunnah (sholat, Zakat/shadaqah/Puasa) Melaksanakan Amal shalih/Perbuatan Baik. (Membantu kesulitan orang lain, birrul walidain)
Epistemologi Aminullah Sumber Kebenaran Ilmu Niat Ayat-Ayat Kauniyah (empiris) Pengamatan Indra Observasi Wawancara KOHERENSI Aminullah Akal Dzikir Doa Hati Ayat-Ayat Qauliyah (Normatif) Tafakkur Transendental Tawakkal
Makna/Teori/Model Baru METODE DIALEKTIKA TRANSENDENTAL Transenden Aminullah Ayat-Ayat Kauniyah (empiris) Ayat-Ayat Qauliyah (normatif) Akal Hati Dialektika Indra KOHERENSI Makna/Teori/Model Baru
Pemilihan Situs Penelitian PURPOSEFULL (Cresswell, 2013) Pertimbangan Pemilihan Situs Penelitian: ditemukan Data untuk mengungkapkan makna yang akan diungkap dalam penelitian tersebut (Interpretif) Contoh: Makna Biaya Ditemukan Masalah dan Data untuk menjawab masalah (Kritis) Keterbatasan PSAK syariah
Pemilihan Informan Menggunakan Teknik PURPOSEFULL (Cresswell, 2013) & SNOW BALLING (Maleong, 2005)
JENIS DATA & TEKNIK PEROLEHAN DATA N I A T Rekaman foto, video aktifitas atau interaksi informan, budaya organisasi. Pengamatan Pelaksanaan Kebijakan Manajemen, Catatan akuntansi, Formulir/bukti Transaksi, kelengkapan dokumen akad dll. Observasi Transkrip Wawancara dari informan utama maupun informan pendukung. Wawancara Laporan Keuangan, Laporan KAP, Laporan DPS, Media informasi Internal, Struktur Organisasi, Deskripsi Pekerjaan dll. Dokumentasi 18 Zikir, doa, tafakkur dan tawakkal
PURPOSEFULL SNOWBALLING DIREKSI BPRS MANAJER BPRS PEMILIK BPRS DPS KEPALA CABANG REMEDIAL FUND. OFFICER SNOWBALLING ACC. OFFICER Informan Awal NASABAH BAG. LEGAL Informan Lanjutan DSN OJK Struktur organisasi, operasional, kebijakan, regulasi
TEKNIK PEROLEHAN DATA Purposefull & Snow Balling Membaca Relevansi Data
Dzikir N I A T Doa Tafakkur Tawakkal TEKNIK ANALISIS DATA aktivitas manusia yang menggunakan alam bawah sadar dalam bentuk upaya manusia untuk mengingat dan merasakan kehadiran Allah SWT sehingga merasa semakin dekat kepada Allah SWT (Mustofa 2011) N I A T Dzikir bentuk permohonan hamba kepada Allah SWT. Dalam doa terdapat rangkaian kesadaran, keberadaan dan kedekatan dengan Allah SWT dan keyakinan bahwa Segala sesuatu terjadi hanya karena ijin dan kehendak Allah SWT (Qaf[50]:16)) Doa aktivitas perenungan yang dilakukan oleh akal maupun hati manusia. Hati memiliki kemampuan untuk ber-tafakkur (merenungkan) fenomena ciptaan Allah SWT dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Hajj [22]:46: Tafakkur bentuk penyatuan dari seluruh upaya lahir maupun bathin (dzikir, doa dan tafakkur) yang menghasilkan bentuk kepasrahan, kepercayaan, harapan, kepada Allah SWT untuk memperoleh apa yang menurut Allah SWT adalah yang terbaik Al-Quran:Al-Insyirah[94]:7-8; “Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhan-mu hendaknya kamu berharap”. (Mustofa, 2008) Tawakkal
TEKNIK ANALISIS DATA
Motivasi Pendirikan Bank syariah Unsur Akidah (Nilai Amanah) MANAJER BPRS PEMILIK BPRS DPS BPRS TEMA MAKNA TEMUAN NILAI DIREKSI BPRS Motivasi Pendirikan Bank syariah Unsur Akidah (Nilai Amanah) DSN Pemenuhan terhadap Akad OJK Unsur Syariah (Nilai Keadilan) NASABAH Operasional sesuai Fikih FUND. OFFICER Unsur Akhlak (Nilai Kejujuran) Akhlak yang baik ACC. OFFICER BAG. LEGAL KEPALA CABANG REMEDIAL
Koherensi Antara Ayat Kauniyah dan Ayat Qauliyah VERIFIKASI KEBENARAN ILMU (PARAMETER) 1 3 2 TERPENUHINYA 3 UNSUR AJARAN ISLAM Koherensi Antara Ayat Kauniyah dan Ayat Qauliyah PENINGKATAN KEYAKINAN TERHADAP KEBENARAN AL-QURAN DAN KE-ESA-AN ALLAH SWT Ilmu yang benar tidak hanya cukup dengan ukuran ilmiah, namun ilmu yang benar adalah ilmu yang semakin mendekatkan pemilik (ilmu) kepada Allah SWT
TERIMA KASIH