Waldi Nopriansyah, S.H.I., M.S.I

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Un Charter Latar Belakang
Advertisements

HAK ASASI MANUSIA Pengertian menurut :
Pert. 10 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
HAM dalam Perspektif Islam
? HAK AZASI MANUSIA.
Pendidikan Kewarganegaraan
Hak Azasi Manusia.
Universal Declaration of Human Rights; Convenant on Civil and Political Rights; Convenant on Economic,Social and Cultural Rights Andrie Irawan, SH., MH.
Persoalan Hak Asasi Manusia
Hukum, HAM, dan Demokrasi dalam Islam
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Kelompok 2 Elvrado Wega S Rini Agustin
Konsep, Sejarah, Landasan, & Instrumen HAM
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : DR. AMINUDDIN, M. Ag.dkk UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA2011.
KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
PENGANTAR HAK ASASI MANUSIA
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SMA KELAS X
Sejarah Pengakuan HAM.
HAK ASASI MANUSIA BY LISTIYONO SANTOSO.
KONVENSI INTERNASIONAL TENTANG HAK SIPIL DAN POLITIK
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA
HAK ASASI MANUSIA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NAROTAMA 2012
Oleh: Dr. Triyanto, SH. MHum.
HAK ASASI MANUSIA.
DR. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
HAK ASASI MANUSIA (HAM)
Dosen. Dr.Dra.SUciati,SH,M.Hum
Warga Negara 1 Hak asasi pribadi (personal rights) 2 Hak asasi ekonomi (property rights atau harta milik) 3 dan perlakuan yang sama dalam keadilan.
Pertemuan 7 HAK ASASI MANUSIA Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
Triyanto Univ. Sebelas Maret – Surakarta
KASUS Pelanggaran HAK ASASI MANUSIA
Bab 5 Hak Asasi Manusia.
HAK ASASI MANUSIA DISAMPAIKAN PADA Pertemuan Ke-5 Mata Kuliah Kewarganegaraan OLEH : TATIK ROHMAWATI, S.IP.,M.Si. DOSEN TETAP ILMU PEMERINTAHAN 5/11/2018.
HAK ASASI MANUSIA DISAMPAIKAN PADA Pertemuan Ke-5 Mata Kuliah Kewarganegaraan OLEH : TATIK ROHMAWATI, S.IP.,M.Si. DOSEN TETAP ILMU PEMERINTAHAN 5/4/2018.
Dr. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
DR. Dewi Kurniasih, S.IP.,M.Si.
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
Pertemuan 7 HAK ASASI MANUSIA Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA
Hak Asasi Manusia adalah…
Sekilas mengenai ekonomi islam
Hak Asasi Manusia.
HAK ASASI MANUSIA.
Pertemuan 7 HAK ASASI MANUSIA Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
HAK ASASI MANUSIA DISAMPAIKAN PADA Pertemuan Ke-5 Mata Kuliah Kewarganegaraan OLEH : TATIK ROHMAWATI, S.IP. DOSEN TETAP ILMU PEMERINTAHAN 6/26/2018 HandOut.
PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA ( HAM)
PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HAK ASASI MANUSIA
IMAN KRISTEN DAN HAK ASASI MANUSIA.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Instrumen HAM Modern.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
HAK ASASI MANUSIA DR.SUHARTO,SH,M.Hum.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Istilah Ham Istilah lain dari Hak Asasi Manusia (HAM) diantaranya sebagai berikut : Human rights Fundamental rights Basic rights.
IX PERTEMUAN HAK ASASI MANUSIA
Teori konstitusi.
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
Pertemuan 7 HAK ASASI MANUSIA Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
HUKUM ISLAM Uswatun Hasanah dan Tim
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
TAMADUN ISLAM & TAMADUN ASIA
Pengertian Hukum Islam
HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
HAK ASASI MANUSIA BY LISTIYONO SANTOSO.
Sistem Hukum Indonesia ( bahan 13 ) Bhn 13 SISTEM HUKUM INDONESIA
HAK ASASI MANUSIA SL. Harjanta, S.IP. M.SI.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
Transcript presentasi:

Waldi Nopriansyah, S.H.I., M.S.I HAM DALAM ISLAM Waldi Nopriansyah, S.H.I., M.S.I

TUHAN ISLAM MANUSIA HAK KEWAJIBAN

HAMdipandang sebagai sesuatu yg mendasar, fundamental, dan penting. PENGERTIAN HAMstandar dasar yang merupakan anugerah Tuhan yang tidak boleh dicabut siapapun, dan tanpanya manusia tidak dapat hidup sesuai martabat/fitrahnya sebagai manusia. HAMlandasarn dari kebebasan,keadilan,kedamaian “KEKUASAAN DAN KEAMANAN” yg dimiliki setiap individu HAMdipandang sebagai sesuatu yg mendasar, fundamental, dan penting.

Universal Declaration of Human Rights, 1948 Universal Declaration of Human Rights, dalam muqodimah dinyatakan: HAM sebagai “Pengakuan atas keseluruhan martabat alami manusia dan hak-hak yang sama dan tidak dapat dipindahkan kepada orang lain dari semua anggota keluarga kemanusian adalah dasar kemerdekaan dan keadilan di dunia”

CIRI-CIRI HAM: Bagian dari manusia secara otomatistidak perlu dibeli/diwarisi Berlaku untuk semua orang tanpa memandang ras, agama, jenis kelamin, ennisitas,bangsa, asal-usul sosial, politik HAM bersifat universal HAM tidak bisa dilanggarorang tidak mempunyai hak untuk membatasi/melanggar hak orang lain, orang tetap mempunyai HAM, walaupun negara membuat hukum yang tidak melondungi atau melanggarnya.

Gerakan HAMPenegakan HAM Abad 17 dan 18 Raja dan kaum Feodal Gerakan HAMPenegakan HAM penindasan Konsep “semua manusia sama” “merdeka dan tdk ada yg lebih tinggi” “Penghapusan perbudakan,perlindungan minoritas, perldngan korban perang” Rakyat bawah “budak” puncaknya 1948: PBB Perlindungan hidup, kemerdekaan dan keamanan pribdai, kebebasan pendapat, berserikat dan berkumpul scr damai, beragama, kebebasan bergerak, larangan perbudakan, “jaminan thd hak ekonomi, sosial dan budaya, dll” Universal Declaration of Human Rights

IDE HAMDALAM ISLAM AJARAN TAUHID Persamaan, persaudaraan La ilaha illa Allah Persamaan, persaudaraan Hanya ada satu pencipta bagi alam semesta Manusia, hewan, tumbuhan, benda Hak asasi mrpkan kewajiban bg negara/ Individu bukan hanya menahan diri dari menyentuh hak-hak tsb melainkan juga Berkewajiban untuk melindungi dan menjamin hak-hak tsb Kebebasan manusia dari perbudakan, beragama, berpendapat,dll

makhluk bebas mempunyai tugas dan tanggung jawab SYARIAH ISLAM MANUSIA makhluk bebas mempunyai tugas dan tanggung jawab tidak superioritas “hak dan kebebasan” Keadilan persamaan/egaliter Islam memandang semua manusia sama dan mempyai kedudukan yg sama Tidak mutlakHak dan kepentingan orang lain kemuliaan pembeda KETAKWAAN QS. AL JURURAT: 13

al maqasid al khamsah TUJUAN HUKUM ISLAM al dloruriyat al khomsah al huquq al insaniyah fi al islam (HAM dalam Islam) Abu Ishaq Al Shatibi, merumuskan lima tujuan hukum Islam yaitu memelihara: Agama Jiwa Akal Keturunan Harta hifdzu al din (penghormatan atas kebebasan beragama) hifdzu al nafs wa al ‘ird (penghormatan atas jiwa, hak hidup, dan kehormatan individu) SUBSTANSI HAM hifdzu al ‘aql (penghormatan atas kebebasan berfikir) hifdzu al nasl (keharusan untuk menjaga keturunan) hifdzu al mal (penghormatan atas harta benda) Tatanan kehidupan yg lebih manusiawi

PENGATURAN HAM DALAM AL QURAN

Dalam sunnah nabi “perintah Nabi yang menyuruh untuk memelihara hak-hak manusia dan hak-hak kemuliaan, walaupun terhadap orang yang berbeda agama” SABDA NABI Pengaturan lainnya

PIAGAM MADINAH POKOK-POKOK BERLANJUT

SUBSTANSI PIAGAM MADINAH BERLANJUT

PIAGAM MADINAH LANJUTAN

KUTBAH WADA’