MANUSIA DAN AGAMA STANDAR KOMPETENSI:

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS AGAMA DAN BUDAYA DALAM “KLAB”
Advertisements

Seminar Pendidikan Agama Islam
SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANCASILA SEBAGAI DASAR CIVIL RELIGION
PENGEMBANGAN PRIBADI KONSELOR
ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR
Pokok Bahasan 3, ARIS RISDIANA, S.Sos.I, MM
ANTARA PSIKOLOGI BARAT
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia
DIMENSI-DIMENSI RELIGIOUS PSIKOLOGI AGAMA
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
PENGERTIAN AGAMA.
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Maria Angelia Christine, Simangunsong, S,Th, M.Pd.k
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
Hakekat Manusia dan Pengembangannya
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
PRANATA SOSIAL.
Pemahaman Agama : Etimologis & Teologis
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PELAKSANAAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM RELASI HUKUM DAN KEKUASAAN SERTA DALAM MENGHADAPI ISU-ISU GLOBAL Kelompok 10 Anesta Ebri Dewanty
AGAMA Agama merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan, keyakinan terhadap Tuhan dan alam ghaib, pengaturan tentang.
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
Nilai-Nilai Karakter Anak di Indonesia
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
ASSALLAMUALAIKUM WR.WB
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
DEFINISI HAKIKAT DAN KEBUTUHAN PESERTA DIDIK
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MD101Q & MD101R Pengampu: Tony Tampake
Etika Pancasila.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
Pandangan Islam Terhadap Manusia
Welcome to the gate of Sociology
Konsep Manusia dan Agama
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ARTI TUHAN : Berasal dar i Tuan, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti : 1. Orang tempat mengabdi 2. Orang yang memberi pekerjaan 3. Orang laki-laki.
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Pemahaman Agama : Etimologis & Teologis
Agama Etimologi: Agama berasal dari bahasa sankskerta. [a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai.
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
PENGANTAR KONSELING LINTAS AGAMA DAN BUDAYA
#Materi 1 Dosen: Lusy Pratiwi, S.Tr.Keb. Pengertian ilmu budaya dasar menurut beberapa ahli : 1. Menurut Herskovits, ilmu budaya dasar adalah sebagai.
BAB 3 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA AGAMA LAIN
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
MANUSIA DAN AGAMA STANDAR KOMPETENSI:
SMART PARENTING KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2016.
SISTEM KEPERCAYAAN ISIP 4214 ABDUSSHAUFI, M.PD. A. RELIGI DAN SISTEM KEPERCAYAAN Religi (Fischer) : apabila kesadaran akan adanya hal-hal yang dianggap.
Transcript presentasi:

MANUSIA DAN AGAMA STANDAR KOMPETENSI: Menganalisis hubungan manusia dan agama KOMPETENSI DASAR : Mendeskripsikan konsep manusia Mendidkripsikan potensi manusia Mengaplikasikan prilaku manusiaawi dlam kehidupan Mendesnkripsikan konsep agama Menjelaskan hubungan manusia dan agama Mengintegrasikan nilai (kebangsaan) pluralitas, keragaman dan kesatuan

MANUSIA DAN AGAMA Indikator: Mahasiswa dapat menerangkan konsep manusia dalam perspektif Al-quran. Mahasiswa dapat menerangkan konsep manusia dalam perspektif humanisme (kemanusiaan). Mahasiswa dapat memberi contoh prilaku manusiawi Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, persamaan dan perbedaan istilah agama religion dan al-din. Mahasiswa dapat mengungkapkan toeri-teori tentang agama Mahasiswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur pokok agama Mahasiswa dapat mendeskripsikan agama sebagai fitrah manusia Mahasiswa dapat mendeskrpsikan agama sebagai pedoman hidup manusia

MANUSIA DAN AGAMA MANUSIA DALAM AL-QURAN: Ada dua kata dalam al-Quran yang berarti manusia, yaitu kata insan dan basyar Kata insan terambil dari kata uns yang berarti jinak, harmonis, dan tampak, atau dari kata nasiya yang berarti lupa, atau nâsa-yanûsu yang berarti berguncang Kata insan digunakan dalam al-Quran untuk menunjuk kepada manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raga, yang membedakan satu orang dengan yang lainnya akibat perbedaan fisik, mental, dan kecerdasan Kata basyar terambil dari akar kata yang pada mulanya berarti penampakkan sesuatu dengan baik dan indah. Kata basyar menunjuk kepada proses kejadian manusia dengan tahapan-tahapannya sehingga mencapai tahap kedewasaan

MANUSIA DALAM FAHAM KEMANUSIAAN: MANUSIA DAN AGAMA MANUSIA DALAM FAHAM KEMANUSIAAN: Sokrates mendekati manusia sebagai individu, sementara Plato melihat manusia dari sudut kehidupan sosial dan politiknya. Sastrapratedja: manusia adalah makhluk yang historis. Comte mengatakan bahwa “mengenal diri adalah mengenal sejarah” , manusia tidak cukup apabila hanya dilihat dari sudut fisika, kimia, dan biologi saja. Ernst Cassirer: manusia tidak dapat didesinisikan berdasarkan sifat metafisik dan fisiknya. Ciri utama manusia terletak pada karyanya

Konsep Prilaku Manusia

Bahan penciptaan Manusia 1. Unsur Materi ( As-Sajdah 7-8 Tanah/ seprma Manusia materi FISIK Manusia Rendahan

2. Unsur Non Materi ( Ass-Sajdah : 9, Al-Isra’:175,Al-Qadr: 4) Nafkhahr Manusia Spiritual RUH Manusia mulia

HUBUNGAN BAHAN DASAR DG PRILAKU MANUSIA Tanah/sperma Fisik Prilaku rendahan 1. 2. Nafkhah RUH Prilaku tinggi Baca : As-Sajdah : 7-9, Al-A’raf : 179, Al-Isra :175, Al-Qodar : 4

Kerja Hati Mempertimbangkan motif/dorongan yang datang dari Fisik dan ruh Menentukan pilihan tindakan Mendorong semua indrera melakukan tindakan

Sifat Hati 1. Sehat 2. Sakit 3. Mati Racun Hati : Dosa dan Maksiat

Kerja akal 1. Akal Intelgen : linier logis -Merasionalkan yang benar -Merasionalkan yang salah 2. Akal Emosional : Asosiatif - Mempertimbangkan banyak hal 3. Akal spiritual : Kreatif - Berfikir orisinil, jernih, tertuju pada kebenaran hakiki

Kerja Nafs - Berinisiatif - Berkeinginan - Berimajinasi Nafsu sifat dasarnya netral, dapat berkeinginan pada yang positif dan sejuga yang negatis

Sifat Nafs Muthmainnah Lawwamah Imara’ bissuu’i Gizi Nafs : Iman dan amal sholeh

MANUSIA DAN AGAMA Dari sudut pengalaman, manusia memiliki MANUSIA DALAM FAHAM KEMANUSIAAN: Dari sudut pengalaman, manusia memiliki serangkaian antropological constants, yaitu: relasi manusia dengan kejasmania, alam, dan lingkungan ekologis; keterlibatan dengan sesama; keterikatan dengan struktur sosial dan institusional; ketergantungan masyarakat dan kebudayaan pada waktu dan tempat; hubungan timbal balik antara teori dan praksis; dan kesadaran religius

TEORI tentang AGAMA (1) M. Crawley : Teori Masa Kritis. Agama muncul karena adanya rasa takut yang menyertai manusia ketika menghadapi kejadian atau gejala alam yang memilukan. Edward B. Tylor (1832-1917): Teori Animisme dan Evolusi Agama. Tiga tahap perkembangan evolusi agama dari animistik, politeistik, ke monoteistik. J.G. Frazer (1854-1941). Teori Magis. Magi adalah tindakan manusia untuk mencapai suatu maksud dengan melalui kekuatan gaib-luar biasa yang ada di alam. R.R. Marret (1866-1940). Teori Mana. Mana adalah kekuatan luar biasa dari makhluk gaib yang dapat dimiliki dan dipindahkan pada benda-benda kecil (cincin).

TEORI tentang AGAMA (2) Sigmund Freud (1856-1939): Teori Oedipus Komplek. Adanya dorongan seksual seorang anak terhadap ibunya, yang berakhir dengan pembunuhan dan penyembahan terhadap ruh sang ayah. Emile Durkheim (1859--) : Teori Sentimen Kemasyarakatan. Agamamuncul karena adanya getaran jiwa yang berupa rasa cinta terhadap masyarakatnya. Totem merupakan benda-benda keramat sebagai lambang suatu masyarakat. Andrew Lang (1844-1912) : Teori ‘Ur Monoteisme’. Keyakinan adanya dewa tertinggi yang dipandang sebagai Pencipta alam, penjaga ketertiban alam dan kesusilaan.

UNSUR-UNSUR POKOK AGAMA (1) Emosi Keagamaan: Sikap kagum dan terpesona terhadap sesuatu yang gaib/keramat (trimendum fascinasum, R. Otto ) atau ‘sikap percaya campur takut’ (Soderblom). Sistem Keyakinan : Konsep mengenai Tuhan, alam gaib, makhluk (ciptaan), hari akhir dan lainnya; di dalamnya meliputi sistem nilai atau norma. Sistem Peribadatan (ritual) : Ekspresi hubungan manusia dengan Tuhan yang terwujud dalam bentuk upacara-upacara keagamaan. Tempat dan Peralatan peribadatan. Kelompok Penganut. Koentjaraningrat

UNSUR-UNSUR POKOK AGAMA (2) Dimensi Keyakinan, berisi pandangan-pandangan teologis suatu agama. Dimensi Praktek Agama, mencakup perilaku pemujaan dan segala perilaku yang menunjukkan komitmen terhadap agama. Dimensi Pengalaman, merupakan respon terhadap kehadiran Tuhan di dalam diri atau kelompok penganut agama. Dimensi Pengetahuan, merupakan pengetahuan yang harus dimiliki seorang atau kelompok penganut agama. Dimensi Pengamalan atau Konsekuensi, yaitu komitmen seorang atau kelompok penganut agama dalam menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agamanya. Glock & Stark

AGAMA, RELIGION, AL-DIN AGAMA : A = tidak, GAM = pergi A = tidak, GAM = kacau (berantakan) A (dibaca panjang) = cara, GAM = pergi atau menuju AGAMA : “seperangkat aturan yang melekat dalam diri manusia agar hidupnya teratur yang merupakan cara menuju suatu kehidupan yang selamat”. AGEMAN, UGEMAN, GAMAN !!

RELIGION Religere: “melakukan perbuatan dengan penuh penderitaan atau mati-matian”, atau “kumpulan tata cara mengabdi kepada Tuhan yang dibaca dari kitab suci ”. Religare: “Ikatan atau persekutuan orang-orang suci”.

AL-DIN KEADAAN BERHUTANG : Segala sesuatu yang melekat pada diri (kehidupan) manusia merupakan pinjaman (amanat) dari Allah. KETUNDUKAN-KEPATUHAN : Ketundukan kepada Allah dalam bentuk Keterpaksaan atau Kesadaran. KESADARAN ALAMI-FITHRI: Ketundukan yang secara alami dalam hati manusia semata untuk mengabdikan hidupnya kepada Allah. KEKUASAAN YANG BIJAKSANA: Allah Yang Maha Pengampun, Pengasih dan Penyayang.

MASALAH DEFINISI Ada kesulitan untuk merumuskan pengertian atau definisi agama yang dapat menampung semua jenis agama, sekaligus dapat diterima semua pemeluk agama Mukti Ali : Pengalaman agama bersifat bathini, subyektif dan individual Emosional, tidak ada orang yang begitu bersemangat selain membicarakan keyakinan agamanya Konsep tentang agama akan dipengaruhi oleh tujuan orang yang memberikan pengertian agama itu

KLASIFIKASI AGAMA SUMBER : Agama Samawi/Langit : Yahudi, Kristen, dan Islam Agama Ardli/Bumi : Hindu, Buddha, Konghucu DAKWAH: Agama dakwah : Kristen dan Islam Agama tidak didakwahkan : Hindu, Buddha, Konghucu RAS/GEOGRAFIS : Ras Semit : Yahudi, Kristen, dan Islam Ras Aria : Hindu dan Buddha Ras Mongolia : Konghucu, Tao, dan Sinto

FITRAH MANUSIA BERAGAMA Francisco J. Moreno : Sejarah agama berumur setua dengan sejarah manusia. Tidak ada suatu masyarakat yang hidup tanpa suatu agama Max Muller – Joachim Wach : Sejarah umat manusia adalah sejarah agama. Agama merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan dan cintanya kepada Tuhan. Agama merupakan cahaya, jiwa, dan kehidupan sejarah. H.M. Rasyidi : Agama sebagai problem of ultimate concern. Milton Yinger : Manusia memerlukan nilai-nilai mutlak sebagai pegangan dan jawaban terhadap persoalan hidup dan mati. Mircea Eliade : Manusia adalah ‘Homo Religius’. Manusia yang hidup dalam suatu alam yang sakral dan penuh dengan nilai-nilai religius disebabkan kehadiran ‘Yang Suci’.

FUNGSI AGAMA Agama menyajikan dukungan moral dan sarana emosional, pelipur lara, dan rekonsiliasi di saat manusiamenghadapi ketidakpastian dan frustasi. Agama menyajikan sarana hubungan transendental melaluiamal ibadat, yang menimbulkan rasa damai dan identitasbaru yang menyegarkan. Agama memberikan standar nilai untuk mengkaji ulang nilai-nilai Agama mengesahkan, memperkuat, memberi legitimasi dan mensucikan nilai dan norma masyarakat. Agama memberikan status atau identitas baru dalam pertumbuhan dan siklus perkembangan individual melalui berbagai krisis rites.