PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. Pengaruh Aspek Politik
Advertisements

Pardjono, Ph.D Program Pascasarjana UNY
Metode Berpikir Ilmiah
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
SOSKOTIN V. SOSIOLOGI INDUSTRI Kelahirannya terutama diinspirasi oleh pemikiran2 K. Marx, E. Durkheim, dan M. Weber. Masy Industri berada di suatu wilayah.
1 Ekonomi Politik Liberalisme: –Akarnya adl perlawanan thd monarki absolut di Inggris> Magna Charta Dipelopori oleh kaum bangsawan. –1700an muncul.
BUDAYA POLITIK Budaya politik pada hakikatnya merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat dengan ciri- ciri yang lebih khas. Istilah budaya politik.
HUKUM ADMINISTRASI NEGARA
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
«Sosiologi Komunikasi»
Asal-usul perkembangan Sosiologi Politik
JURGEN HABERMAS.
IDENTITAS NASIONAL.
PERKEMBANGAN DIALEKTIKA
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
TIPE NEGARA ILMU NEGARA
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
PENDIDIKAN DAN PEMBEBASAN DALAM PANDANGAN PAULO FREIRE
HERBERT MARCUSE PENGANTAR Lahir di berlin. Mjd prajurit yg ikut Perang Dunia I. Sesudah perang, menjadi anggota Partai Sosialis Demokrat.
HUKUM PERDATA (Pengertian, Asas, Hak-hak Keperdataan Warga Negara, dan Hak-hak Masyarakat Hukum Adat) Oleh Sudi Prayitno Disampaikan dihadapan.
PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA
Kebaikan, Kebajikan, dan Kebahagiaan
BAB IV PERAN ETIKA DAN KEWAJIBAN PROFESI
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
Manusia dan pandangan hidup
RULE OF LAW.
MASHAB-MAZHAB FILSAFAT
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
ANALISIS KEBIJAKAN DALAM PROSES PEMBUATAN KEBIJAKAN
11. INDIKATOR & PEMANTAUAN MUTU LAYANAN KESEHATAN
Modul11 filsafat komunikasi PARADIGMA DASAR ILMU
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
BAB IX INTEGRASI NASIONAL
Tipe-Tipe Negara Hukum
Aliran Kritis Generasi Pertama
Pertemuan IX Sosiologi Kritis
«Sosiologi Komunikasi»
KEKUASAAN DAN WEWENANG
Aliran Kritis Generasi Pertama
Marxism.
PENYUSUNAN SINTESIS PIPIT FITRIYAH.
Hakekat Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan
Penyusunan Tesis, Antitesis dan Sintesis
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
2. Pengaruh Aspek Politik
Kekuasaan Negara.
Penyusunan Tesis, Antitesis dan Sintesis
“Barang Tidak Dikuasai disimpan di Tempat Penimbunan Pabean”
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan.
MENGAPA MANUSIA HARUS BERKOMUNIKASI OLEH : ARIS FEBRI RAHMANTO
PERBANDINGAN PENDIDIKAN & ASPEK SOSIAL
Apakah Filsafat Itu ? Etimologis: Filsafat = philosophia, philos + sophia (cinta kebijaksanaan/pengetahuan) Filsafat merupakan aktivitas yang mengusahakan.
Pemikiran Filosofis dan Non-Filosofis
KOMUNISME.
Materi IAD 3 lanjutan Gus&Htt-FSM
BAB 2 NILAI & NORMA SOSIOLOGI X GURU DRS. MOHAMMAD ARIFIN, M.A.
Pertemuan IX Sosiologi Kritis
Kekuasaan, Wewenang dan Kepemimpinan Materi Kuliah PS.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN & MASYARAKAT MADANI
TIPE NEGARA ILMU NEGARA
NEGARA & KONSTITUSI Konstitusionalisme,
ETIKA PROFESI.
MANUSIA dan REALITAS.
 Hukum adalah suatu sistem yang dibuat manusia untuk membatasi tingkah laku manusia agar tingkah laku manusia dapat terkontrol,  Hukum adalah aspek.
ETIKA UMUM BY TEGUH ANINDITO, SKM. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM Setelah menyelesaikan perkuliahan 2 x 50 menit diharapkan mahasiswa Akper Muhammadiyah Kendal.
Materi Kuliah PS Kekuasaan, Wewenang Meti Mediyastuti, S.Sos, M.AP.
Etika Komputer Tinjauan Umum bahan utama: Etika Komputer Teguh Wahyono.
KEWARGANEGARAAN Ary Handayani 1. Menggali sumber sosiologis & politis tentang pendidikan kewarganegaraan di Indonesia Membangun argumen tentang dinamika.
Transcript presentasi:

PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS FRIEDRICH HEGEL

PENGANTAR Hegel tidak menerima adanya pertentangan mutlak antara bidang akal budi teoritis (ide) dan akal budi praktis (alam atau materi) – kritik Hegel thd Kant Bagi Hegel, keduanya berasal dari satu sumber yaitu subjektif manusia. Dunia alam dan dunia kebebasan (ide) tidak saling bertentangan namun saling melengkapi. Hubungannya bersifat dialektika (anti status quo) Dialektika merupakan sebuah bentuk penalaran yg menganggap segala sesuatu terdapat penentangnya dan pertentangan tsb dianggap sbg sesuatu yg esensial

TIGA FASE DIALEKTIKA Fase Pertama adalah Tesis, suatu keadaan awal tertentu Fase Kedua adalah Antitesis, merupakan sesuatu yg bertentangan (kontradiksi) dg keadaan pertama Fase Ketiga adalah Sintesis. Mempunyai dua arti. Pertama, dicabut dan ditiadakan atau tdk berlaku lagi. Kedua, diangkat atau dibawa ke arah yg lebih tinggi. Kebenaran tesis dan antitesis disimpan dlm sintesis

SIFAT DIALEKTIKA Proses dialektika akan berlangsung terus menerus shg sintesis yg telah terbentuk akan menjadi tesis yg baru kemudian diserang atau dinegasikan oleh antitesis yg kemudian terbentuklah sintesis baru lagi Proses ini tdk pernah terselesaikan dan akan tetap mjd proses yg sifatnya tidak linier namun bentuknya spiral Artinya, realitas selalu berubah terus, tidak ada realitas pun yg tetap karena perubahan waktu

Contoh: Konsep Bentuk Negara Bentuk negara pertama adl Diktator (tesis), dg ciri: keteraturan (order) dpt terjaga tetapi kebebasan menyampaikan pendapat warga sangat dibatasi Bentuk ini dinegasikan dg bentuk negara Anarkhis (anti tesis), dg ciri: warga negara bebas mutlak (tanpa batas) dpt melakukan apa saja, tata kemasyarakatan mjd kacau. Dua bentuk ekstrim ini (saling bertentangan) didamaikan dlm sintesis yaitu Demokrasi Konstitusi (Sintesis), dg ciri: kebebasan warga negara dijamin namun dibatasi oleh peraturan yg berlaku agar tatanan yg ada dlm masy tetap terjaga

Dalam bentuk demokrasi konstitusi, baik diktator maupun anarkhis sdh lewat atau sudah tidak ada lagi tetapi apa yang bernilai dlm bentuk tersebut tetap dipakai dan disimpan dlm bentuk demokrasi konstitusi Sesuatu yg bernilai dlm diktator adalah hidup kemasyarakatan yg teratur (order) dan sesuatu yg bernilai dlm anarkhi adalah kebebasan. Keduanya tetap tersimpan dan didamaikan ke dalam sistem yg satu yaitu Demokrasi Konstitusional yg dikenalkan Hegel

Hegel menempatkan kegiatan pengetahuan kita atau rasio di dalam konteks proses perkembangan pengetahuan di dalam sejarah Rasio bersifat kritis tidak dg cara transendental dan ahistoris seakan-akan rasio itu sdh sempurna pada dirinya Rasio bukanlah kesadaran lengkap yg bebas dr rintangan2 dalam sejarah umat manusia dan alam melainkan merupakan proses mjd semakin sadar dan rasional justru di dalam rintangan-rintangan itu

Sejarah sbg proses panjang dimana pengetahuan rasional kita dpt berkembang. Sejarah tak lain dari pergumulan rasio merefleksikan dan membebaskan diri dari rintangan2 utk mjd semakin sadar Perlunya rasio untuk mengarahkan kesadaran, bagian yg mampu membuat manusia mengubah lingkungannya adl mereka yg mempunyai rasio tentang dunia

Salah satu contoh adalah proses penyadaran rasio yg diperoleh dlm Revolusi Perancis Meskipun revolusi ini menghasilkan korban2, berkat pertentangan2 inilah warga negara memperoleh kebebasannya dari kekuasaan monarkhi absolut Kesadaran demokratis yg diperoleh dlm revolusi Perancis tak lain dari hasil refleksi dan perjuangan rasio sendiri utk menyadari adanya rintangan2 utk mjd semakin bebas dan sadar Proses sejarah manusia memahami siapa dirinya, apa itu masyarakat, kebudayaan dan alam semesta adalah proses pembentukan-diri Rasio

Kritik adl refleksi atas proses mjd sadar Kritik berarti negasi atau dialektika karena bagi Hegel kesadaran timbul melalui rintangan-rintangan dg cara menegasi atau mengingkari rintangan2 itu