TEORI POLITIK PASCA KHULAFA AL-RASYIDUN (KHAWARIJ-SYIAH)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ISLAMISASI DI AFRIKA SUB SAHARA
Advertisements

TEOLOGI ISLAM.
PERKEMBANGAN ISLAM DI SPANYOL
Perkuliahan Sejarah Peradaban Islam ke-8, 21 Desember 2008
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
Jawablah soal di bawah ini dengan memilih options a,b,c dan d Setiap soal waktunya 2 menit Selamat bekerja.
ALIRAN TEOLOGI DALAM ISLAM (SEJARAH DAN PEMIKIRAN)
PERBEDAAN KONSEP AKIDAH SYI’AH DAN KHAWARIJ
Pada Masa Umar bin al Khaththab
SEJARAH PERKEMBANGAN HADIS NABI SAW
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
ALIRAN MURJI’AH, QADARIAH DAN JABARIAH
KETELADANAN RASULULLAH PERIODE MADINAH
Nur Eko I M. Fadhli Hanifah H Dian R Rani D ا لسّلام عليكم ورحمةالله وبركاته.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
PERKEMBANGAN ISIS (ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYRIA)
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
PAISAL SALMAN ALPARIDJI ( )
Peristiwa Fathu Makkah (penaklukan kota Mekah)
KELOMPOK 6 : NANDYA WANTIKE NUR LAILA PUTRI NABILA SEPTIANI
PRAKTEK POLITIK MASA KHULAFA AL-RASYIDUN
KELOMPOK 6 : NANDYA WANTIKE NUR LAILA PUTRI NABILA SEPTIANI
PEMIKIRAN FIQIH.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
hijrah nabi muhammad Saw ke madinah dan piagam madinah
TEORI POLITIK AL-MAWARDI
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
BAB XIII Khulafaurrasyidin.
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
بسم الله الرحمن الرحيم وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا فَإِنْ بَغَتْ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى فَقَاتِلُوا.
The Moghul Empire 1526 – 1858 M 332 Tahun.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
Sains masa umayyah 1 (Damaskus)
SYIAH ZAIDIYAH & SYIAH GHULATH
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Hajar nava khunafi Akselerasi 1
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
DINASTI AYYUBIYAH Hamlul Faiz Sabilalloh 8 SBAW.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
SEJARAH ISLAM DARI MASA NABI HINGGA KINI
PERADABAN ISLAM MASA KHULAFAUR RASYIDIN
KHULAFAUR RASYIDIN Nama Kelompok Reno Anugerah Pratama Nurmani
Ilmu KALAM WAHYU SETIAWAN.
Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
SEJARAH PENUBUHAN BANI
KERAJAAN BANI UMAIYYAH
SYI’AH DAN MURJI’AH
BAB 4 : KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN R.A.
Manusia dan Masyarakat Di Zaman Khulafa’ Rashidin
AQIDAH AHLI SUNNAH WAL JAMAAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 2 : PENGENALAN KEPADA BEBERAPA FIRAQ
MENENGAH 3 SEJARAH ISLAM
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
BAB 5 : KHALIFAH ALI BIN ABI TALIB R.A.
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
Berdirinya Daulah Bani Umayyah
BAB 5 : KERAJAAN BANI ABBASIYYAH
Transcript presentasi:

TEORI POLITIK PASCA KHULAFA AL-RASYIDUN (KHAWARIJ-SYIAH) OLEH ULYA FUHAIDAH

FITNAH KUBRO Para pemberontak yang membunuh khalifah Usman membaiat Ali ibn Abi Thalib sebagai khalifah ke 4 Pembaiatan Khalifah Ali menghadapi berbagai kelompok oposisi yakni kelompok Aisyah, Zubeir, dan Thalhah yang berbasis di Makkah dan kelompok kedua Muawiyah bin Abi Sufyan yang berbasis di Damaskus Menghadapi oposisi tersebut, muncul perang saudara yakni Perang Jamal dan Perang Siffin Penduduk Madinah pun tidak seluruhnya mendukung Ali, sehingga memindahkan kepemimpinannya ke Kufah

PERANG SIFFIN (29-31 Juli 657M) Terjadi peperangan antara pasukan Khalifah Ali dan Muawiyah di kota Siffin, pinggir sungai Euphrat Dalam pertempuran itu, pasukan Muawiyah hampir kalah Terjadi gencatan senjata di hari ketiga pertempuran Amru bin Ash yang berada di pihak Muawiyah mengajukan tahkim Berdasarkan tahkim, terjadi dualism kepemimpinan. Ali menjadi khalifah kecuali diwilayah kekuasaan Muawiyah Keputusan tahkim mengakibatkan terpecahnya barisan Ali menjadi Syiah dan Khawarij

KELOMPOK SYIAH Secara Bahasa syiah berarti “pengikut, pendukung, partai, atau kelompok” Secara terminologis merujuk pada sekelompok muslim yang memiliki pandangan keagamaan dan politik membela keturunan Nabi Muhammad dari garis keturunan Ali ibn Abi Thalib dan Fatimah Mereka memiliki konsep politik ahlul bait, yakni hanya dari keturunan Ali ibn Abi Thalib dan keturunannya yang berhak menjadi khalifah Doktrin politik Syiah ini bersumber dari hadis Ghadir Khum Syiah pada perkembangannya terpecah menjadi beberapa aliran yakni Syiah Zaidiyah, Syiah Imamiah

HADIS GHADIR KHUM Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad kembali dari haji Wada dan singgah di satu tempat yang bernama Ghadir Khum Di ghadir khum ini, Nabi bersabda: ”Barang siapa yang menjadikan aku sebagai maulanya (penolongnya), maka Ali juga sebagai maulanya. Ya Allah, cintailah orang yang mencintainya dan musuhilah orang yang memusuhinya”. HADIS tersebut adalah hadis sohih baik dari kalangan Sunni maupun Syiah Hadis tersebut dijadikan sebagai nash oleh kelompok Syiah tentang hak kekhalifahan Ali

TEORI POLITIK SYIAH Hak kekhalifahan hanya milik ahlul bait Syiah berkeyakinan bahwa imam harus memiliki syarat berikut: Bersih dari dosa (ma’shum) Bersifat tidak ternoda Harus melebihi dari yang lain dalam kebenaran dan kesucian

ALIRAN-ALIRAN SYIAH Zaidiah Imamiah Isna Asyariah

SILSILAH IMAM SYIAH

SYIAH ZAIDIYAH Sekte ini mentahbiskan Zaid bin Ali bin Husein sebagai imam ke V pewaris imamah Syarat menjadi imam: Ahlul bait, memiliki intelektualitas keagamaan yang luas, zahid, memiliki keberanian untuk berjihad, Sekte ini tidak mengakui keimamahan Muhammad Al-Baqir, putra lain dari imam ke IV, Ali bin Husein

OPOSISI SYIAH ZAIDIYAH Zaid menyatakan keimamahannya pada 740 M di Kufah Ia mengambil sikap oposisi revolusionar pada pemerintahan Bani Umayyah masa Hisyam bin Abdul Malik Akan tetapi dalam serangan yang ia lancarkan selalu dipadamkan oleh pasukan pemerintah Zaid meninggal ditiang gantungan Oposisi Zaid digantikan oleh putranya Yahya bin Zaid , namun ia juga gagal dan terbunuh Syiah Zaidiyah kemudian dipimpin oleh Muhammad bin Abdullah, Ibrahim bin Abdullah, dan Mansur al-Dawaniqi yang melawan Abbasiah, namun juga mengalami kegagalan.

SYIAH SABIYYAH Sekte ini hanya mengakui tujuh imam sampai Ismail bin Ja’far Sekte ini dikenal juga sebagai Syiah Ismailiyah Syiah ini merupakan gerakan oposisi pada masa Dinasti Abbasiyah Baghdad Pada masa Ubaidullah bin Husein (generasi keempat Ismailiyah) baru berhasil mendirikan Da’wah al Fatimiyah untuk menggalang massa tentang datangnya al-Mahdi Dengan dukungan suku berber di Afrika Utara, Ubaidullah berhasil mendirikan daulah Fatimiyah dan menjadi khalifah yang pertama Kedudukannya setara dengan khalafih Abbasiyah di Baghdad

KHAWARIJ Adalah golongan yang keluar dari pasukan Ali akibat keputusan tahkim pasca perang Siffin Jumlahnya konon mencapai 12.000 orang Mereka mendirikan basecamp sendiri di wilayah Haruriyah Khawarij memandang pelaku Tahkim adalah dosa besar. Khawarij memiliki doktrin La hukma illa Lillah (tidak ada putusan hukum kecuali putusan hukum yang datangnya dari Allah) Tahkim bertentangan dengan kebijakan Tuhan dalam QS Al Hujurat 9, QS Al Maidah 44, 45, dan 47

TEORI POLITIK KHAWARIJ 1. Jabatan khalifah tidak menjadi monopoli suku tertentu 2. Siapapun berhak menjadi khalifah asal memenuhi syarat 3. Jabatan khalifah bukan terkait dengan syariat, tetapi kemaslahatan saja 4. Pemerintahan dijalankan berdasarkan prinsip musyawarah 5. khaifah harus dipilih secara bebas oeh rakyat tidak mengembangkan ashabiyah dan keuarga

STRUKTUR KEPEMIMPINAN KHAWARIJ Syabats bin Rabi at-Tamimi sebagai panglima militer Abdullah bin al-Kawwa al Yasykara sebagai kepala agama Abdullah bin Wahab al-Rasaby sebagai kepala pemerintahan

SEKTE KHAWARIJ NAJDAH yaitu pengikut dari Najdah bin Amir al Hanafi AJARIDAH yaitu pengikut dari Abdul Karim bin Ajrad AZARIQAH yaitu pengikut Nafi’ bin Azraq

DOKTRIN KHAWARIJ ISLAM PURITAN PENAFSIRAN TEKSTUAL TERHADAP AL-QURAN SEMUA PRAKTEK YANG TIDAK DITEMUKAN DASARNYA DALAM AL- QURAN ADALAH BID’AH MENEBAR TEROR KEPADA PENGUASA

AKHIR KHAWARIJ HAMPIR 20 TAHUN. KHAWARIJ MENEBAR TEROR KEPADA DINASTI UMAYYAH TAHUN 694 GUBERNUR IRAQ, HAJAJ BIN YUSUF MENUMPAS GERAKAN MEREKA

SEKIAN TERIMAKASIH