Produksi 3D untuk Desainer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Variasi Animasi dalam Flash
MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN PROGRAM PENGOLAH ANGKA (MS. EXCEL)
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
Animasi.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
SISTEM OPERASI WINDOWS
POWER POINT.
Macromedia Flash.
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
Copy selection file adalah Menyalin hasil seleksi yang telah dibuat sehingga bagian yang terseleksi tidak hilang Copy selection file dapat dilakukan.
EDITING TEKS PERTEMUAN 2.
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
BAB V MEMBUAT DATA PILOT DAN MENGOLAH GRAFIK
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 7::
Dasar Rigging dengan Bone (tulang) pada Obyek 3D
Animasi Banner dengan Flash
GRAFIK By : dewi.
Animasi Banner dengan Flash
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
Penataan Lay Out Pertemuan 26
MEMBUAT POSTER DENGAN COREL DRAW
APLIKOM II PERTEMUAN KE IV.
PERANGKAT BANTU GAMBAR
Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Curves dan NURBS Mail merge.
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Tutorial Adobe Premiere Pro.
PERCOBAAN GERAK PARABOLA
Pertemuan 5 & 6 Membuat Form secara otomatis Menggunakan tombol Form
Macromedia Flash.
MODELING Mail merge.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Oleh: Adam Arif Budiman
Membuat Dokumen Mail Merge
Animasi 3D dengan Blender
Animasi 3D Nurbs dan Curve Adam arif B –unsada
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
Membuat Dokumen Mail Merge
Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates
Animasi Tweening.
Dasar Animasi Pertemuan 8 unsada-adam-2012
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
CARA MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO MENGGUNAKAN MOVIE MAKER
BEKERJA DENGAN EXCELL.
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
AGRIBISNIS POLIWANGI.
Animasi 3D Bone/tulang Adam ab Free Powerpoint Templates.
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
Animasi 3D dengan Blender
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Produksi 3D untuk Desainer Dasar Animasi Mohammad Zikky, M.T

Global vs Local Coordinat Global coordinate  Posisi sumbu koordinat tidak dipengaruhi perubahan posisi objek Local coordinate  posisi sumbu koordinat mengikuti perubahan objek

Keyframing dengan timeline Jika kita ingin menggunakan animasi frame by frame, maka kita butuh memasukkan keyframe di setiap angka timeline.Masukkan keyframe dalam setiap gerakan Keyframing adalah sebuah metode yang digunakan di dalam animasi untuk menciptakan motion

Keyframing dengan timeline Timeline preview dalam Blender Contoh keyframing; warna merah adalah frame start, hijau adalah frame in-between, dan biru adalah end frame

Menjalankan manual keyframe Buat scene baru dan kosongkan, kemudian masukkan obyek monkey (shift A  Mesh  monkey) Kemudian menuju ke panel Timeline yang pada default preview 3D, Timeline berada pada posisi bawah. Tentukan posisi awal dan akhirnya, serta posisi frame saat ini. Garis hijau merupakan tanda frame saat ini (Current Frame). Drag dan sesuaikan jika diinginkan. Frame Mulai Frame Akhir Frame saat ini

Menjalankan manual keyframe Letakkan Current Frame pada posisi start, kemudian pada 3D view, tekan “i” pada keyboard untuk membuat keyframe. Akan terlihat pilihan keyframe: Location, Rotation, Scaling, LocRot, and LocRotScale. LocRot berarti Location sekaligus Rotation, dst. Untuk percobaan pilih “LocRot”

Menjalankan manual keyframe Kemudian drag garis hijau pada posisi frame 50, kemudian pindah obyek Monkey ke posisi yang berbeda. Lakukan Rotasi juga. Tekan “i” (I key) lagi, kemudian create keyframe LocRot kembali. Jalankan dengan menekan tombol Play pada Timeline atau tekan Alt+A

Automatic Keyframe Gunakan automatic keyframe bila ingin membuat animasi secara cepat. Setiap gerakan akan di”rekam” sebagai keyframe sehingga tidak harus ketik “i” untuk masukkan frame..

Dopsheet Timeline untuk menampilkan frame kurang presisi untuk editing. Oleh karenanya gunakan dopsheet untuk editing lebih detil Select keypoint pada doopsheet → RMB (Klik Kanan) G → move keyframe X → hapus keyframe A → pilih semua keyframe

Parenting Menggabungkan objek lain dengan objek yang telah di ”animasi” kan Buat objek lain selain yang telah di animasi kan (Contoh seperti gambar di samping ini) Select ke dua objek tersebut Ctrl+P → set Parent to → objek

GraphEditor Untuk editing animasi, lebih detail lagi bisa diedit pada Graph Editor Grafik disini ditampilkan dalam bentuk kurva Bezier, sehingga bisa dikontrol layaknya bezier. Skala, lengkungan, dll. Misalkan akan mengeset animasi pantulan bola yang menyentuh lantai dengan keras namun pantulannya diset pelan, maka dalam Graph editor bisa dilakukan perubahan pada arah vertikal (biasanya Z)

Pivot Point-Center of rotation Ctrl+Shift+Alt+C  Mengeset pivot obyek 3D atau set Origin seperti gambar disamping.

Transform Lock Pembatasan transform atau gerakan berdasarkan sumbu koordinat bisa di setting seperti gambar samping Atau bisa dilakukan batasan/constrain pada object constrain dengan kondisi tertentu

Path Animation Path animation adalah gerakan animasi berdasarkan jalur yang telah ditentukan Tahapan path Animation: Buatlah model yang akan di animasikan Buatlah curve → path sebagai jalur animasi Proses editing dan bentuk jalurnya Buat objek yang akan dianimasikan  lakukan parental (Ctrl+P) → follow path Tentukan keyframenya Tekan Play

Tracking terhadap Target Objek Untuk membuat tracking yang selalu terarah terhadap obyek, seperti membuat bola mata agar selalu menghadap target obyek, maka bisa dilakukan Tracking to Constrain. Untuk lebih jelasnya lakukan langkah berikut: Pada scene baru, tekan Shift+A,Pilih Add  Mesh  UVSphere Beri warna bola mata sebagaimana gambar samping kanan Kemudian untuk target, buat empty object: Shift+A, pilih Add  Empty Plain Axes Klik kanan mouse  pilih bola mata Shift+klik kanan  pilih Empty objek yang digunakan sebagai target tadi Ctrl+T  TrackTo Constraint Klik pada bola mata, ganti ke edit mode  select All (Tekan A)  rotasi dan arahkan titik hitam mata ke target Ganti ke object mode lagi dan sekarang pilih target dan gerakkan dengan G

Latihan 1. Buatlah objek sederhana dan animasi kan 2. Buatlah objek orbit planet/ tangan robot Seperti gambar dibawah ini. Kemudian gerakkan 3. Buatlah lintasan peluru kendali / seekor burung yang terbang mengikuti jalur yang telah di tentukan