Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Tutorial Logo Carrefour
PRAKTIKUM PENGENALAN APLIKASI KOMPUTER
& Pengenalan perintah menu ( Ikon ) SISTEM OPERASI WINDOWS MODUL 2
Belajar Adobe Photoshop CS
Paket Program Aplikasi
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
POSISI DI DEPAN KOMPUTER
KOMPUTER APLIKASI.
Keyboard Cara memasang keyboard:
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
SISTEM OPERASI WINDOWS
P E N D A H U L U A N Word Processing
PENGENALAN Windows 7 Dekstop Opreasi Mouse Menjalankan Aplikasi
Pengenalan Geogebra.
Tutorial LTSPICE IV Menyusun Rangkaian.
Area Kerja Macromedia Flash 8
Menu & Ikon Perangkat lunak pembuat presentasi
Pertemuan Mengenal MS Word 2010 Teks Area Tab File Tombol Word Quick Access Toobar Title Bar Ribbon Min,Max,Close.
Presented by : Herianto
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
Pengoperasian dan Troubleshooting Sistem Operasi Berbasis GUI (windows 7) By Taufik WN, S.Kom.
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
WEB DESIGN.
AMIK Bogor Semester Paket Program Aplikasi.
Dasar Rigging dengan Bone (tulang) pada Obyek 3D
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Produksi 3D untuk Desainer
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Drawing tools Dan aplikasinya
Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
B. Membuat Dokumen Baru.
MS. ACCESS 2007 Oleh : W A R I D I Disampaikan pada mata kuliah Komputer Aplikasi Hukum II Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNIKOM.
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Pengoperasian Perangkat Lunak Pengolah Kata
Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
Curves dan NURBS Mail merge.
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
Mengaktifkan Komputer Mematikan Komputer Dengan Aman
Animasi 3D dengan Blender
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
AUTOCAD AUTOCAD FOR TECHNICAL AUTOCAD terbagi menjadi 2 yaitu
MODELING Mail merge.
Pengenalan dan membuat database
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Animasi 3D dengan Blender
Microsoft Word.
Microsoft Power Point 2007.
Assalammualaikum wr. wb
Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates
SK / KDIndikator Uji Kompetensi Referensi Materi Soal Latihan Penyusun.
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Pertemuan 1 KOMPUTER APLIKASI.
Sketch Up 2014 Juan Timothy.
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
AGRIBISNIS POLIWANGI.
X Akomodasi Perhotelan 1
Fungsi CTRL Microsoft Word
Membuat Tabel di Microsoft Word
Animasi 3D dengan Blender
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Mengenal Blender Oleh: Moh. Zikky, M.T Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Apa Itu Blender ? Mesin untuk membuat jus buah? 

Blender Blender adalah paket studio 3D modeling dan animasi, hampir sama seperti: Autodesk Maya, Autodesk 3ds Max, Lightwave NewTek, atau aplikasi modeling lainnya Blender adalah pemodelan 3D, dimana dapat membuat karakter untuk film Blender memiliki alat texture yang kuat untuk membentuk permukaan model/objek Blender dilengkapi fungsi-fungsi animasi yang powerful, bahkan model/objek yang anda buat dapat dibuat bergerak (move around) dan melakukan sesuatu (act) Blender gratisssss... dan Open Source Support untuk pembuatan game Banyak digunakan dalam pembuatan film dan iklan televisi

Contoh Karakter Hasil Blender

Contoh Desain dengan Blender

Contoh Film Hasil Blender Film berjudul Elephant dream dan Big Buck Bunny

Perjalanan sejarah Blender

Versi blender 1.8

Versi blender 2.49

Versi Blender 2.5 ke atas

Minimun Software Requirement Minimum hardware 32-bit dual core 2Ghz CPU with SSE2 support. 2 GB RAM 24 bits 1280×768 display Mouse or trackpad OpenGL-compatible graphics card with 256 MB RAM Recommended hardware 64-bit quad core CPU 8 GB RAM Full HD display with 24 bit color Three button mouse OpenGL-compatible graphics card with 1 GB RAM Optimal (production-grade) hardware 64-bit eight core CPU 16 GB RAM Two full HD displays with 24 bit color Three button mouse and graphics tablet Dual OpenGL-compatible graphics cards, quality brand with 3 GB RAM

Operating System Windows Linux Mac Irix Solaris Software aplikasi: Blender, Download versi terbaru langsung ke: http://www.blender.org/download/ Perhatikan saat sebelum download, pastikan kalian memilih 32bit atau 64bit yang sesuai dengan OS dan prosesor perangkat komputer atau laptop

Blender Blender lebih optimal digunakan pada keyboard PC standar dimana terdapat NumPad. Selama menggunakan Blender, diwajibkan menggunakan Interface Mouse yang memiliki mouse-wheel (Scroll)

Mengenal Area Blender

Mengenal Fungsi Panel Blender

Fungsi Keyboard pada Blender Blender banyak menggunakan shortcut dari keyboard pada tombol angka di keyboard Num-Pad, namun pada standar Laptop tidak ada Num-Pad... NUMPAD Tombol angka pada Num-Pad (kotak orange) berbeda fungsi pada tombol angka pada tombol angka vertikal (kotak biru) Oleh karena itu perlu diubah setting keyboard pada aplikasi Blender dengan cara: Buka Menu: File > User Preferences, atau shortcut: Ctrl + Alt + U

Setting Numpad pada keyboard

Setting Numpad pada keyboard Jika Laptop/notebook memiliki Numpad seperti gambar dibawah ini, tidak perlu setting Emulate Numpad

Menu dan Shortcut Prespective pada Keyboard

Istilah Kombinasi yang digunakan Mouse: LMB: Left Mouse Button MMB: Middle Mouse Button RMB: Right Mouse Button MW: Middle Wheel Ctrl+Alt+U = Menekan bersamaan tombol Control + tombol ALT + dan tombol huruf U. Atau tekan dan tahan tombol Control, lalu tekan dan tahan tombol Alt, lalu tekan tombol huruf U. Ctrl + MW up = Tekan dan tahan tombol Control, lalu sambil menggerakan (scroll) Mouse Wheel kedepan

Kombinasi kontrol MW roll: Posisikan mouse anda dimana saja pada window 3D view dan MW Up dan Down untuk men-zoom in atau zoom out. Shift+MW roll: Gerakkan MW nya saat menekan tombol Shift, menjadikan window area scrol secara vertikal (atas-bwah). Ctrl+MW roll: Tombol Control hampir sama dengan tombol Shift, tetapi sercara horisontal (kanan-kiri). MMB drag: Posisikan mouse dilayar screen, tekan+tahan MMB/MW lalu gerakkan mouse, maka view berubah. Shift+MMB drag: Tekan+tahan tombol Shift, tekan+tahan MMB/MW, lalu gerakan mouse. Maka akan mengubah tampilan secara area. Ctrl+MW drag: Tekan+tahan tombol Control dan tekan MMB, lalu gerakan mouse secara vertikal, akan menghasilkan zoom in/out ke area. Untuk memilih (select) object pada Blender, tidak menggunakan klik-kiri (LMB), namun menggunakan klik-kanan (RMB). Tombol Esc (escape), salah satunya digunakan untuk membatalkan saat objek dipindahkan

Shortcut Umum pada Blender Secara umum, kita akan sering menggunakan Shortcut (proses cara cepat kombinasi hurufhuruf pada keyboard) dalam memilih, execute, menampilkan menu pada window, dan lainnya. Shortcut umum tersebut diantaranya: “A”, akan men-select/deselect object/mesh. “W”, akan menampilkan menu. “T”, menampilkan Toolbar. “N”, menampilkan Properties object. “R” (Rotate), memutar object/mesh. “S” (Scale), mengubah ukuran object. “G” (Grab), memindahkan mesh. “E” (Extrude), memberi kesan timbul dari mesh. “F” (Face), mempertemukan dua atu lebih edge atau face. “Ctrl + B” (Bevel), membuat ujung sudut menjadi rounded. “Ctrl + Z”, undo. “Ctrl + Shift + Z”, redo. “Ctrl + R”, mengaktifkan tool Subdivide. “Shift + A”, menampilkan menu Mesh (Cube, Circle, Cone, Grid, dll). “Shift + D”, untuk duplikat object.

Contoh Shortcut Menampilkan panel Menampilkan atau menyembunyikan tool shelf panel  T Menampilkan atau menyembunyikan properties panel  N N T

Splitting screen Bila diinginkan view yang lebih dari satu  agar dalam melakukan modeling objek bisa terlihat dari berbagai sisi secara realtime, blender menyediakan fitur split windows Letakkan mouse pada area antara preview dan panel atas (Lihat panah kuning) sampai kursor berubah menjadi panah atas-bawah Klik kanan dan pilih Split Area

cursor Klik kiri  penempatan kursor Klik kanan  pemilihan objek

Menambahkan objek baru Mesh  kumpulan dari banyak vertex/titik, edge/garis tepi, dan face/satu permukaan, yang menggambarkan bentuk objek 3D. Vertex  single point. (kumpulan banyak vertex adalah "vertices"). Edge  garis lurus yang menyambungkan dua vertex. Face  permukaan datar yang tertutup tepi (beberapa apliasi menyebutnya “polygon”). Setiap Face minimal memiliki 3 Vertex

Edge Tiga edge disebut Triangles. Empat edge disebut Quads. Lima atau lebih edge disebut N-gons. Perhatian: Vertex, Edge, Face, adalah istilah yang akan selalu kita gunakan dalam proses di Blender, untuk itu agar selalu diingat.

Menambahkan objek baru (lanj) Klik Add  mesh Klik shift + A Select all  A Hapus objek  X Duplikat objek  shift + D

Memindahkan objek Move  G Rotate  R Scale  S Detail: G+X  pindahkan objek sesuai sumbu x R+y  putar objek menurut sumbu y S+z  skala kan objek sesuai sumbu z

Memindahkan objek (lanj)

manipulator

Global dan local sistem koordinat

Undo Ctrl+Z Alt+G reset global center Alt+S  reset scale Alt+R  reset Rotation

layer Konsepnya mirip layer pada autocad atau photoshop

View dan Axis Dalam ruang 3D kita menggunakan tiga sumbu: X, Y dan Z. Di bagian kiri bawah tampilan 3D ditunjukkan arah mana sumbu ini menunjuk. Gambar kanan adalah screenshot dari kubus. Di sini Anda dapat melihat bagaimana sumbu sesuai objek AXIS

Rendering Dalam Blender, sebuah objek melibatkan beberapa jenis gambar rangka (wireframe) (gambar 1). Sedangkan Wireframe ini bukan hasil yang sebenarnya dari desain Anda (gambar 2). Wireframe perlu "diterjemahkan“ ke dalam sebuah gambar, proses ini disebut rendering. Selama dalam prosesnya (rendering), CPU menghitung hal-hal seperti cahaya, bayangan, refleksi, dll. Pada Blender, rendering bisa dilakukan dengan: Render Image untuk gambar diam (shortcut F12). Render animasi (Ctrl+shortcut F12)

Latihan