Kelompok 9 Retno Jayanti Rini Ertasari Rini Yunengsih Sri Sayekti

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rahasia Kehidupan 4.
Advertisements

KETENTUAN REZEKI DARI ALLAH SWT Oleh: Qosim Abdullah D
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Kolompok 1 Nama : TRI FURNA ADHI DEWI AGUSTIN ANGGARENI ADINDA RIZKY
JUDUL : QS. AL INSYIRAH SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi.
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Al-Qur'an & Iptek Tugas agama XII IPS.
PROSES, TUGAS, DAN HUKUM PERKEMBANGAN
Manusia dan Agama.
ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Pendidikan Agama Islam Kelas 6
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
تفكروا في خلق الله و لا تفكروا في ذات الله “Bertafakkurlah tentang ciptaan Allah dan jangan bertafakkur akan dzat-Nya”
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
PENDIDIKAN KARAKTER FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
BAB I Al-Baqarah; 30, al-Mu’minun; 12-14, az-Zariyat; 56, an-nahl; 78
Manusia dan Agama.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
Perlindungan Khusus pada Anak
MOTIVASI AL-QUR’AN QS. AL-INSYIRAH
A. Manusia dan Alam Semesta
TEKNOLOGI PANJI HIDAYAT, M. Pd.
Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam
IMAN KEPADA QADA & QADAR
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
Ilmu Sosial Budaya Dasar HAKIKAT MANUSIA
Fase Perkembangan 61 Tahun ke atas
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
DNJ / dasar-dasar pendidikan
KELOMPOK 8 NELLA SORAJAGUSTI NILA KHOIRUL NAIM NURINDAH BUDIYANI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
Konsep Manusia dan Agama
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Dosen Pengampu : Tarmidzi, M.S.I
Ilmu alamiah dasar bioteknologi KLONING
Kelompok 4 hadis sosial definisi dan karakteristik atau tipologi serta hadis yang berkaitan dengan hubungan antar manusia Nama kelompok : Lutfiatus.
NASAKH MANSUKH Oleh : Asep Suryanto.
Perkembangan Makhluk Hidup
KLONING Disusun oleh Ragil S Rohani Sri Maryuni Umi Kalsum
Cahya Indah Purnamasari
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
Assalammualaikum Wr. Wb
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamualaikum Wr. Wb..
TAHAPAN PENDIDIKAN DALAM ISLAM
ISLAM & INDAHNYA KERAGAMAN
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
MOTIVASI AL-QUR’AN QS. AL-INSYIRAH
Meyakini (Iman) Kepada Hari Akhir
Mukjizat dan Fungsi Al-quran
AKHLAQ QUR’ANI DAN ASAS MUAMALAH ISLAMIYAH
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Transcript presentasi:

Kelompok 9 Retno Jayanti Rini Ertasari Rini Yunengsih Sri Sayekti Triana Wahyuning Pratiwi Wulan Fitria Sari Yuliani Pramiesti

DAMPAK PADA MASYARAKAT AKAN PEMBUAHAN, PERKEMBANGAN MANUSIA, SERTA KEHIDUPAN DAN KEMATIAN

Pendahuluan Masyarakat adalah kumpulan sekian banyak individu --kecil atau besar-- yang terikat oleh satuan, adat, ritus atau hukum khas,dan hidup bersama. Demikian satu dari sekian banyak definisinya. Ada beberapa kata yang digunakan Al-Quran untuk menunjuk kepada masyarakat atau kumpulan manusia. Antara lain:qawm, ummah, syu'ub, dan qabail. Di samping itu, Al-Quran masyarakat dengan sifat-sifat tertentu, seperti al-mala', al-mustakbirun, al-mustadh'afun, dan lain-lain. 

Manusia adalah "makhluk sosial" Manusia adalah "makhluk sosial". Ayat kedua dari wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad Saw., dapat dipahami sebagai salah satu ayat yang menjelaskan hal tersebut. Khalaqal insan min'alaq bukan saja diartikan sebagai "menciptakan manusia dari segumpal darah" atau "sesuatu yang berdempet di dinding rahim", tetapi juga dapat dipahami sebagai "diciptakan dinding dalam keadaan selalu bergantung kepada pihak lain atau tidak dapat hidup sendiri." Ayat lain dalam konteks ini adalah surat Al-Hujurat ayat 13. Dalam ayat tersebut secara tegas dinyatakan bahwa manusia diciptakan terdiri dari lelaki dan perempuan, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, agar mereka saling mengenal. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa,menurut Al-Quran, manusia secara fitri adalah makhluk sosial dan hidup bermasyarakat merupakan satu keniscayaan bagi mereka.

Suasana kemasyarakatan dengan sistem nilai yang dianutnya mempengaruhi sikap dan cara pandang masyarakat itu. Jikasistem nilai atau pandangan mereka terbatas pada "kini dan disini" maka upaya dan ambisinya menjadi terbatas pada kini dandi sini pula. Allah menjanjikan masyarakat ini --bila memenuhi sunnatullah-- akan mencapai sukses, tetapi sukses yang terbatas pada "kini dan di sini" dan setelah itu, mereka akan jenuh, mandek, akibat rutinitas, kemudian menemui ajalnya. Ini dikemukakan Al-Quran dalam surat Al-Isra' ayat 18.  Barang siapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi) maka Kami segerakan baginya sekarang (di dunia) ini, apa yang Kami kehendaki bagi yang Kami kehendaki, kemudian Kami tentukan baginya neraka Jahannam. Ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. 

Jalaluddin (2003: 19) mengatakan bahwa berdasarkan konsep basyr, manusia tidak jauh berbeda dengan makhluk biologis lainnya. Dengan demikian kehidupan manusia terikat kepada kaidah prinsip kehidupan biologis seperti berkembang biak. Sebagaimana halnya dengan makhluk biologis lain, seperti binatang. Mengenai proses dan fase perkembangan manusia sebagai makhluk biologis, ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an, yaitu:

1. Prenatal (sebelum lahir), proses penciptaan manusia berawal dari pembuahan (pembuahan sel dengan sperma) di dalam rahim, pembentukan fisik (QS. 23: 12-14) 2. Post natal (sesudah lahir) proses perkembangan dari bayi, remaja, dewasa dan usia lanjut (QS. 40: 67)

Bagi kelangsungan dan kesinambungan generasi umat manusia Bagi kelangsungan dan kesinambungan generasi umat manusia. Allah telah menjanjikan setiap kesulitan ada solusi (QS.Al-Insyirah:5-6) termasuk kesulitan reproduksi manusia dengan adanya kemajuan teknologi kedokteran dan ilmu biologi modern yang Allah karuniakan kepada umat manusia agar mereka bersyukur dengan menggunakannya sesuai kaedah ajaran-Nya.

Secara sederhana, Quraish Shihab (1996: 279) menyatakan bahwa manusia dinamai basyar karena kulitnya yang tampak jelas dan berbeda dengan kulit-kulit binatang yang lain. Dengan kata lain, kata basyar senantiasa mengacu pada manusia dari aspek lahiriahnya, mempunyai bentuk tubuh yang sama, makan dan minum dari bahan yang sama yang ada di dunia ini. Dan oleh pertambahan usianya, kondisi fisiknya akan menurun, menjadi tua, dan akhirnya ajalpun menjemputnya (Abuddin Nata 1997: 31).

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manusia dalam konsep al-Basyr ini dapat berubah fisik, yaitu semakin tua fisiknya akan semakin lemah dan akhirnya meninggal dunia. Dan dalam konsep al-Basyr ini juga dapat tergambar tentang bagaimana seharusnya peran manusia sebagai makhluk biologis. Bagaimana dia berupaya untuk memenuhi kebutuhannya secara benar sesuai tuntunan Penciptanya. Yakni dalam memenuhi kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Terima kasih..