K.H. FAQIH USMAN KELOMPOK 6 ANGGOTA : 1. AMARAL SAFIAR I. ( 4 )

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
5 JULI AGENDA-AGENDA MENDASAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI DIY WURYADI KETUA DEWAN PENDIDIKAN DIY.
Advertisements

Oleh Elvi Martalinda, M.Pd. NIP
Peninggalan Sejarah Islam Indonesia
MEDIA PEMBELAJARAN BERKOMITMEN TERHADAP PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
DEWAN PENGURUS PUSAT PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI)
Organisasi Otonom Aisyiyah.
BAB 3 JATI DIRI SERTA SITEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI PGRI
Ortom Muhammadiyah.
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. M. Kusasi, M.Pd. (Kepala Kanwil Kemen. Agama Prov. Kaltim) Disampaikan.
Ringkasan Prof.Dr.Ahmad Syafi’i Ma’arif,M.A
Ringkasan k.h. AHMAD BADAWI
Bung Tomo Tidak banyak orang Indonesia yang mampu menggerakkan massa melalui pidato-pidatonya. Selain Soekarno yang terkenal dengan julukan Penyambung.
MEMBENTUK ANAK YANG SHALEH
PROSES LAHIRNYA SUPERSEMAR
PROSES BERDIRINYA MUAHAMMADIYAH
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
Fuad Annas F. ( ) Awalludin Fajri ( ) Akhmad Bustamil ( ) K ADERISASI M UHAMMADIYAH Presented by.
TALITHA LINTANG PERTIWI 31 / XI.IPS 2
Perkumpulan Akses Keuangan Indonesia
KEDUDUKAN YPLP DASMEN PGRI JAWA TIMUR
Alvin Toffler, mengatakan bahwa salah satu gejala negatif
PEDOMAN DAN KEBIJAKAN MPK PP AISYIYAH
6D – Prof. Dr. Din Syamsudin, M.A. – NALA HANIIFAH ARJANTI – 26
APAKAH MUHAMMADIYAH ITU?
Oleh: Aminah Rafa Laksita Azmi Kelas: 6B No Absen: 05
NAMA:ALBAN FARELL RAVISHEEHAN KELAS:6B ABSEN:2
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN PENDIDIKAN
sejarah masuknya islam di nusantara
KETOKOHAN/KEPEMIMPINAN MUHAMMADIYAH
Bentuk Kegiatan Dakwah yang Dilakukan Inti Jama’ah
Pertemuan ke-3.
Kepribadian muhammadiyah
“GAGASAN TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN”
14 MODUL MANAJEMEN PENGUPAHAN DAN PERBURUHAN FAKULTAS EKONOMI
KELOMPOK 2 Disusun Oleh : GINAH MARDEANAH MIRANTI VISKA PERTAMI
KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
Lembaga-lembaga Suwenti Noberti A Ika Agustina A
KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam
KE – ORTOM - AN Oleh : M. Yusup.
Selayang Pandang BKLDK (Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus)
PARTAI POLITIK (Kelas B)
Organisasi Pergerakan
ABDUL HALIM Demak, 22 November abdulhalimsolkan.blogspot.comwww.facebook.com/khalimi.solkan.
BIRO KEMASYARAKATAN Nasirin, S.Pd.I..
Oleh Drs H. Hadi Rahmat, MA NBM FKIP UM METRO 2015
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
AIKA 3 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA
Ke-IPM-An MUHAMMAD AGNAN RAIS NBA Pimpinan Cabang
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, 03 JAN 2013
Kader : codre (perancis) artinya elite Kader organisasi adalah :
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Peran Strategis Perkaderan di AUM
NAMA : M.BADRUDIEN TTL: MARGASARI, 12 JUNI 2000 ALAMAT : MARGASARI KUALA PENET RIWAYAT PENDIDIKAN : 1. TK ABA MARGASARI 2. SD N 01 MARGASARI 3. SMP MUHAMMADIYAH.
VISI , MISI DAN TUJUAN MUHAMMADIYAH
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. Marjanis, M.Pd. (Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Barat) Disampaikan.
PERILAKU KONSUMEN JASA PENDIDIKAN (Studi Kasus di MAN 1 Jombang) Disusun oleh: ABD. HARIS NIM: PROGRAM STUDI DOKTORAL MANAJEMEN PENDIDIKAN.
Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting Pimpinan Pusat Muhammadiyah
SD Muhammadiyah Manyar Gresik Tahun Pelajaran 2018/2019
MENAKAR PERAN RUU PESANTREN DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL
SANG EMANSIPASI WANITA. Raden Adjeng Kartini Raden Ayu Kartini (panggilan) Lahir pada tanggal 21 April 1879 Di Jepara, Jawa Tengah Agama islam Meninggal.
Oleh : KEPALA BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
Oleh : KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Pemberontakan APRA. Kelompok 3 M. Rizafran Akbar Bertania Sabrina Tias Alfian Sanusi Andre Agung Selsa Febryana Tamara HD.
MOTIVASI SANTRI DIFABEL DALAM MENGIKUTI AKTIVITAS KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN (Sudi Kasus pada Santri Tunarungu di Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek.
Transcript presentasi:

K.H. FAQIH USMAN KELOMPOK 6 ANGGOTA : 1. AMARAL SAFIAR I. ( 4 ) 2. DHIAYU KHANSA B. ( 10 ) 3. FATHIN AZZAHRA L.D. ( 16 ) 4. RAISHYA MARETTA AYU Y. ( 35 ) 5. ZINEDINE GAISKA S. ( 42 )

K.H. FAQIH USMAN K.H Faqih Usman lahir di Gresik, Jawa Timur pada tanggal 2 Maret 1904. Latar belakang keluarganya dari kalangan santri. Sehingga dalam menempuh pendidikan beliau banyak menghabiskan dibangku Pondok Pesantren . Mendapat pelajaran agama dari ayahnya sendiri. Kemudian menuntut ilmu di Pondok Pesantren di Gresik dari tahun 1914 -1918. Pernah juga menimba ilmu di Pondok Pesantren di luar kota gresik.

K.H. FAQIH USMAN Mengenal Muhammadiyah setelah memperhatikan amal usahanya dalam dakwah islam. Banyak mendapat informasi tentang Muhammadiyah lewat diskusi-diskusi dengan K.H. Mas Mansur. Setelah memahami visi dan misi Muhammadiyah, beliau memutuskan terjun ke Muhammadiyah. Resminya pada tahun 1925. Langkah pertamanya mendirikan ranting Muhammadiyah di Gresik. Beliau sendiri ketuanya. Waktu K.H. Mas Mansur menjadi Ketua Pengurus besar Muhammadiyah, K.h. Faqih Usman di daulat menggantikannya.sebagai Konsul Muhammadiyah Daerah Surabaya pada tahun 1926. Beliau menjadi Pengurus Pusat Muhammadiya dimulai sejak tahun 1953.

K.H. FAQIH USMAN Wataknya perlu di teladani oleh kader-kader Muhammadiyah. Beliau tidak pernah absen pada setiap kegiatan Muhammadiyah. Taat terhadap organisasi Muhammadiyah . Memiliki pendirian teguh, ikhlas dalam menjalankan amanah. Luwes dalam bergaul dengan seluruh lapisan masyarakat. Memiliki itikad baik dalam setiap sikap dan tindakan. K.H. Faqih Usman mampu merumuskan Kepribadian Muhammadiyah. Kepribadian Muhammadiyah diusulkan oleh K.H. Faqih Usman pada Muktamar ke-35 di Jakarta tahun 1962 dan diterima sebagai pedoman Muhammadiyah.

K.H. FAQIH USMAN K.H. Faqih Usman mampu merumuskan Kepribadian Muhammadiyah. Kepribadian Muhammadiyah diusulkan oleh K.H. Faqih Usman pada Muktamar ke-35 di Jakarta tahun 1962 dan diterima sebagai pedoman Muhammadiyah. Kepribadian Muhammadiyah terdiri atas 4 bagian : a. Apakah Muhammadiyah itu ? b. Dasar amal usaha Muhammadiyah c. Pedoman amal usaha dan perjuangan Muhammadiyah. d. Sifat-sifat Muhammadiyah.

K.H. FAQIH USMAN Kelebihan K.H. Faqih Usman adalah tidak pernah lepas dari wudlu. Senantiasa menjalankan sholat sunnah dhuha dan tahajud. Beliau tetap menjalankan amalan itu dimanapun berada meskipun dalam kondisi sangat sibuk. Meninggal dunia saat masih menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tepatnya pada tanggal 3 oktober 1968. Amanah lain yang pernah diemban yaitu sebagai pimpinan Departemen Agama kabinet Halim Perdana Kusumah. Pernah juga menjabat Menteri Agama pada masa Kabinet Wilopo tahun 1952-1953.