Klender, 24 Juli 2015 ArDas KAJ: Cita-cita.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Tommy's Window Slideshow
Advertisements

ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015 Introduksi Pastoral SAMADI, Januari 2013.
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Desember 2011 Desember 2011.
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
Draft ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015
Kisah Para Rasul 15:1-21 TANTANGAN DOKTRINAL.
Membangun Komunitas Kristiani
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
PERAN ALLAH DALAM KELUARGA
“SYARAT MENGIKUTI YESUS” (MARKUS 8:31-38) YESUS MENGALAMI PENDERITAAN
RENCANA PROKER & RAB/RAI
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
ON GOING FORMATION UNIO INDONESIA SPIRITUALITAS CINTA KEUSKUPAN
Mengapa Perlu dibaptis? Sebelum Yesus memulai pelayananNya, Ia pergi ke Sungai Yordan untuk dibaptis (Mat. 3:13).
Spiritualitas: dasar, akar dan jangkar Kita dan spritualitas kita Menurut anda secara pribadi, apakah arti kata “Spiritualitas” itu? Buatlah definisi.
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
PANGGILAN HIDUP MEMBIARA
Apa itu Institusi sosial?
Babtis.
SAKRAMEN BAPTIS, PERJAMUAN KUDUS & GEREJA BERSAKSI
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
PEMBEKALAN PRODIAKON PITC RUMPUT, 15 MARET 2015
SERUAN PASTORAL PAULUS
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
AGAMA KATOLIK Drs. A.P. Oenarto M.
MEMBANGUN SIKAP ADIL DAN BERADAB
SPIRITUALITAS ALLAH BAPA
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
Katekisasi GKI Gejayan
YESUS KRISTUS (Lanjutan)
Kebangkitan dan Transformasi
SAKRAMEN-SAKRAMEN Kata “sakramen” berasal dari bahasa Latin “sacramentum” yang berarti : hal-hal yang berkaitan dengan yang kudus atau yang ilahi. Dalam.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
CHRISTIAN FAITH CREDO RUMUSAN-RUMUSAN PENGAKUAN IMAN GEREJA UNIVERSAL : ANATASIUS NICEA KONSTANTINOPEL PENGAKUAN IMAN RASULI.
ROSARIO MERAH PUTIH AULA SD ST. MARIA, 9 APRIL 2016.
Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Santo Thomas Aquinas
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
LITURGI IBADAH GKI.
EVANGELII NUNTIANDI Pewartaan Injil dalam Dunia Modern
Keuskupan Agung Jakarta
SAKRAMEN (Pertemuan keempat)
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
BERSUKACITA DAN BERSYUKUR
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
Fr Dismas Valens Salettia
TIDAK ADA PENGHUKUMAN Lesson 9 for December 2, 2017.
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
HAK & KEWAJIBAN ORANG BERIMAN
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
Roh Kudus dan Tritunggal Maha Kudus
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
PENATALAYANAN. PENATALAYANAN APAKAH PENATALAYANAN ITU? Kepada orang Kristen, penatalayanan berarti “tanggung jawab manusia kepada, dan penggunaan daripadanya,
PERAN ROH KUDUS BAGI MURID YESUS
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

Klender, 24 Juli 2015 ArDas KAJ: Cita-cita

Alinea pertama Ardas Jati diri dan Cita-cita Gereja KAJ Gereja: Umat yang beriman kepada Allah Tritunggal Gambaran tentang Allah yang kita imani sangat menentukan jati diri dan cita-cita kita

Persekutuan Umat Allah Dasar Teologis: Allah Tritunggal yang adalah kasih. Konsili Vatikan II

Gereja Keuskupan Agung Jakarta memahami dan menghayati diri sebagai persekutuan umat yang beriman kepada Allah Tritunggal yang lebih dahulu dan terus menerus memperkenalkan diri, mewartakan serta mewujudkan karya keselamatan kepada umat manusia dan seluruh ciptaan.

Berdasarkan iman akan Allah Tritunggal yang adalah persekutuan kasih antara Bapa, Putra, dan Roh Kudus itu, dengan dipimpin dan dibimbing oleh Uskup Agung KAJ, seluruh umat ingin membangun persaudaraan kristiani yang sejati (communio).

“Demikianlah seluruh Gereja nampak sebagai umat yang disatukan berdasarkan kesatuan Bapa dan Putera dan Roh Kudus.” LG 4. Bdk. LG 17 dan 26.

Dokumen FABC: Lingkungan (Umat Basis) Wilayah Paroki

Sebagai Communio, Gereja KAJ merupakan persekutuan dari pelbagai bentuk persekutuan umat beriman yang meliputi komunitas- komunitas teritorial Lingkungan maupun Komunitas Kategorial.

Gereja KAJ sebagai communio merupakan “persekutuan jemaat-jemaat (communion of communities)“ (FABC V, no. 8.1.1.1), dalam FX Sumantoro Siswoyo (Ed.), Dokumen Sidang-Sidang Federasi Konferensi-Konferensi para Uskup Asia 1976- 1991, Seri Dokumen FABC No. 1, 475).

Karena itu tata layanan pastoral yang hendak dikembangkan adalah yang bersifat melibatkan dan memberdayakan komunitas- komunitas teritorial Lingkungan maupun Komunitas Kategorial. PDDP KAJ 2014, Pasal 7.

Adapun dalam komunitas-komunitas itu “umat awam, para religius, dan klerus saling mengakui dan menerima sebagai saudara- saudari.“ FABC V, no. 8.1.1.1), dalam FX Sumantoro Siswoyo (Ed.), Dokumen Sidang-Sidang Federasi Konferensi-Konferensi para Uskup Asia 1976-1991, Seri Dokumen FABC No. 1, 475.

Secara bersama-sama, mereka merupakan satu “Umat Allah yang terpilih: satu Tuhan, satu iman, satu Baptis (Ef 4:5). Samalah martabat para anggota karena kelahiran mereka kembali dalam Kristus; sama rahmat para putera; sama pula panggilan kepada kesempurnaan; satu keselamatan, satu harapan dan tak terbagilah cinta kasih.

Jadi dalam Kristus dan dalam Gereja tidak ada perbedaan karena suku atau bangsa, karena kondisi sosial atau jenis kelamin. Sebab ‘tidak ada Yahudi atau Yunani: tidak ada budak atau orang merdeka: tidak ada pria atau wanita. Sebab kamu semua itu satu dalam Kristus Yesus’ (Gal 3:28; lih. Kol 3: 11).” LG 32.

Akan tetapi, sesuai dengan kharisma dan panggilannya masing-masing semua umat beriman berpartisipasi dalam tugas imamat, kenabian, dan rajawi Kristus secara khas. Bdk. LG 31.

Kaum awam dipanggil dan diutus untuk secara khusus mewujudkan Kerajaan Allah melalui kehidupan dan tugas mereka di dunia.

“Ciri khas dan istimewa kaum awam yakni sifat keduniaannya “Ciri khas dan istimewa kaum awam yakni sifat keduniaannya ... Berdasarkan panggilan mereka yang khas, kaum awam wajib mencari kerajaan Allah, dengan mengurusi hal-hal yang fana dan mengaturnya seturut kehendak Allah.” LG 31.

Para religus memberi kesaksian tentang kasih Allah Tritunggal melalui hidup mereka yang dibaktikan pada-Nya.

LG 31: “Para religius dengan status hidup mereka memberi kesaksian yang cemerlang dan luhur, bahwa dunia tidak dapat diubah dan dipersembahkan kepada Allah, tanpa Sabda Ba-hagia.”

Adapun kaum klerus melaksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan tahbisan yang diterimanya untuk “melayani saudara- saudara mereka, supaya semua yang termasuk Umat Allah ... dengan bebas dan teratur bekerja sama” dalam perjalanan menuju tercapainya “keselamatan”. LG 18.

“Dengan menganut teladan Tuhan, para Gembala Gereja saling mengabdi dan melayani Umat beriman lainnya. Sedangkan kaum beriman dengan suka hati bekerja sama dengan para Gembala dan guru mereka.

Begitulah dengan aneka cara semua memberi kesaksian tentang kesatuan yang mengagumkan dalam Tubuh Kristus: sebab keanekaan rahmat, pelayanan dan kegiatan menghimpun para anak Allah menjadi satu, sebab ‘semua itu dikerjakan oleh Roh yang satu dan sama’ (1Kor 12:11).” LG 32.

Gerakan Umat Allah Dasar Teologis: Allah yang berinisiatif menciptakan, menyelamatkan. Dasar Kristologis: Yesus Kristus yang berinkarnasi, mewartakan dan mewujudkan Kerajaan Allah; Yesus Kristus menginisasi gerakan perwujudan Kerajaan Allah.

Sepanjang sejarah keselamatan, Allah menyampaikan undangan keselamatan itu kepada umat manusia dan seluruh ciptaan melalui pewahyuan yang akhirnya memuncak dalam peristiwa Yesus Kristus, Sang Sabda Ilahi yang rela menjadi manusia hingga wafat di salib dan bangkit dari antara orang mati.

Dalam kehidupan di dunia Yesus Kristus mewartakan dan mewujudkan Kerajaan Allah: Ia “menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin ..., memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, penglihatan kepada orang-orang buta, ... membebaskan orang-orang yang tertindas ... mem-beritakan tahun rahmat Tuhan telah datang” (Luk 4: 19).

Karena itu, dalam mengikuti jejak Tuhan Yesus Kristus, Gereja Keuskupan Agung Jakarta memahami persekutuannya tidak sebagai persekutuan yang statis dan tertutup.

Melainkan sebagai gerakan yang hidup dan terbuka dalam membangun Kerajaan Allah sebagaimana telah dirintis oleh Guru dan Tuhannya itu, demi pelayanan yang tulus bagi sesama, khususnya mereka yang miskin, lemah, dan tersingkir serta dalam kepedulian bagi pelestarian lingkungan hidup.

Umat Allah KAJ diharapkan menjadi peduli pada dan bersedia berbagi dengan mereka yang miskin, berkebutuhan khusus, dan terpinggir-kan di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi, serta terbuka pada umat keuskupan lain sehingga dengan demikian kehadiran Gereja Katolik sebagai sakramen keselamatan sungguh dialami sesama secara nyata terutama oleh mereka yang menderita. PDDP KAJ 2014, Pasal 7.

Dalam pelayanan kasih itu, Umat Allah KAJ juga diharapkan membangun persaudaraan yang semakin inklusif, menata hubungan dan kerjasama dengan masyarakat, umat beragama dan kepercayaan lain dengan kesadaran bahwa kita semua adalah saudara sesama ciptaan Tuhan dan sebangsa-setanah air. PDDP KAJ 2014, Pasal 7.

Arah Gerakan:Pembawa Sukacita Injili Motif Kristologis: berinkarnasi , mewartakan kabar gembira

Dalam mewujudkan Kerajaan Allah Bukan ‘dan’ melainkan ‘dalam’. Mewartakan kabar sukacita injil-mewujudkan Kerajaan Allah bukan dua hal terpisah. Mewujudkan Kerajaan Allah: Merangkum berbagai hal yang dilakukan Yesus Kristus dalam Inkarnasi.

Allah Maha Rahim Allah Tritunggal lah yang berinisiatif menciptakan segala sesuatu, memperkenalkan diri dan mewartakan serta mewujudkan keselamatan bagi umat manusia dan seluruh ciptaan.

Alasan dan Motivasi Inisiatif Allah: - bukan keniscayaan - bukan jasa manusia - bukan karena kekurangan/kebutuhan Allah - Inisiatif bebas yang lahir dari kelimpahan kasih Allah yang murah hati dan maha rahim (bdk. LS 65, 77) Jadi: Sifat utama Allah adalah maha rahim.

“Tuhan, Tuhan, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih- Nya dan setia-Nya” (Kel 34:6) “Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus ..…” (Ef 2:4-5).

Kerahiman Allah terwujud dalam: - tindakan-tindakan konkret keselamatan khususnya bagi yang menderita. - tindakan pengampunan dosa

Mengamalkan Pancasila Diskusi tentang membangun “keindonesiaan” (FGD team 3 dan Tepas). Nilai-nilai Pancasila dan perwujudan Kerajaan Allah tidak bertentangan.

Demi Keselamatan Manusia Tujuan dan Cakupan perwujudan Kerajaan Allah: Keselamatan Manusia

Dan Keutuhan Ciptaan Tujuan dan Cakupan perwujudan Kerajaan Allah: Seluruh ciptaan. For “to commit a crime against the natural world is a sin against ourselves and a sin against God”. LS 8.

Christians in their turn “realize that their responsibility within creation, and their duty towards nature and the Creator, are an essential part of their faith”. LS 64.

Alinea 4: Harapan Allah Maha Rahim yang memulai pekerjaan baik ..., akan menyempurnakannya. Bunda Maria menyertai, menuntun dan meneguhkan upaya kita

Sudah Selesai.. Terima kasih