MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Advertisements

SILABUS 2012 Status Mata Kuliah Pengantar Kuliah Materi E-Learning
Pengenalan Program Macromedia Flash
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Teknik Mendownload File T e k n i k M e n d o w n l o a d F i l e Presentasi Materi Ajar SMK & MA 2011.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
Memahami etimologi multimedia
APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA DAN BENDA LANGIT DENGAN Sugiarto Muhamad Anda, for further detail, please visit
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
PEMBUATAN APLIKASI GAME PUKUL BINATANG MENGGUNAKAN Satria Putra Mandiri for further detail, please visit
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
MINI GAME PILOT ASTRONOT MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 Bayu Putra Kurniawan for further detail, please visit
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
“ MEMBUAT APLIKASI MOBILE MEDIA PLAYER MENGGUNAKAN Aristo Oktobrian,
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Memahami etimologi multimedia
WEBSITE PEMBUATAN for further detail, please visit
MULTIMEDIA PERTEMUAN 10 KHAOLA RACHMA ADZIMA PGSD FKIP.
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
KONSEP INTERFACE
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
PRAKTIKUM CASE Ati Suci Dian Martha, S.Kom., M.T. -
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
PENGENALAN APLIKASI for further detail, please visit
APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGENAI SISTEM ORGAN Helmi Gustriyanto
MACROMEDIA FLASH KELOMPOK V : Rahmad Susilo Lisa Indriani Dina Sri W
Microsoft Power Point.
PI Jurusan Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Animasi Pengenalan Angka Dengan Macromedia Flash Mx for further detail, please visit.
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO DAN VISUAL
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
1.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
FAKULTAS TEKNIK PERENCANAAN
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
APLIKASI MODUL MATA KULIAH KOMUNIKASI DATA DALAM Agus Dwi Putra
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
Pembuatan Aplikasi Permainan Untuk Anak-anak Dengan Macromedia Flash 8 Muhammad Ridha for further detail, please visit
APLIKASI Agus Taufiq Sugianto,
Memahami etimologi multimedia
MODUL N. Bericho S for further detail, please visit
By: Angelia Ester B. Zebua
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 7.
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Mengindentifikasi Bagian-bagian Komputer
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Pengantar.
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
Animasi Flash.
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
Membuat Electronic Book (e-book)
APLIKASI PANDUAN BELAJAR MENGENAL BILANGAN DAN Dini
APLIKASI PENGENALAN FOTOGRAFI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 7
Aplikasi Permainan Pencari Kata Dengan Menggunakan Macromedia Flash 6 Mx Rusli Wahyudi, for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
Transcript presentasi:

MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0 DISUSUN OLEH : Lius Luaha (130818023) Karuniaman Bu’ulolo (130818027) Amel Grace Purba (130818014) Quratu Ayuni purba (130818009) Fitria Anggraini (130818005) FAKULTAS SAINS, TEKNOLOGI DAN INFORMASI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA MEDAN 2016

PENDAHLUAN Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. Media pembelajaran yang ada sekarang tersedia dalam beberapa bentuk diantaranya dalam bentuk buku dan e-learning. Buku memiliki keterbatasan hanya dapat menampilkan informasi berupa teks dan gambar, mudah rusak terkena air atau robek, serta menyulitkan untuk dibawa kemana-mana karena membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Dengan adanya aplikasi ini kita tidak perlu menggunakan buku, cukup dipasang di laptop maupun di komputer anda. Kelebihannya lagi dengan macromediaflash ini, bisa kita export lagi ke dalam bentuk website, sehingga dimanapun kita berada kita bisa mengaksesnya, cukup terkoneksi dengan internet.

Pengertian pembelajaran Pembelajaran merupakan suatu rangkaian peristiwa yang kompleks dan sistematis. Dalam peristiwa tersebut terjadi interaksi guru dan siswa dalam rangka perubahan sikap dan pola pikir yang menjadi kebiasaan bagi siswa yang bersangkutan. Guru berperan sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar. Belajar dan mengajar adalah dua kegiatan yang terjadi bersamaan, tetapi memiliki makna yang berbeda, sebagaimana yang diungkapkan Suherman (2003) bahwa “Peristiwa mengajar selalu disertai dengan peristiwa belajar, ada guru yang mengajar maka ada pula siswa yang belajar. Namun, ada siswa yang belajar belum tentu ada guru yang mengajar, sebab belajar bisa dilakukan sendiri Pengertian pembelajaran

Jenis-Jenis Media pembelajaran Media Audio, Merupakan media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran Media Visual, merupakan media yang hanya mengandalkan indra penglihatan dengan menggunakan alat proyektor Media Audio-Visual, disebaut juga sebagai media video. Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran Multimedia , media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti : animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer Media Realita, yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan, seperti : binatang, spesimen, herbarium dll.

Pengertian Macromedia flash 8.0 Macromedia Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems Version 8.0 Mengenal Macromedia Adobe Flash Flash merupakan suatu program grafis multimedia dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash. Namun pada diktat ini akan dipelajari mengenai animasi yang dibuat oleh Macromedia Flash 8 Pengertian Macromedia flash 8.0

Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.

Materi Pembelajaran kuis Materi yang ada dalam aplikasi ini adalah materi tentang komputer, dimana disitu ada materi komputer tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan. Semua soal yang ada di dalam dicampur dengan semua materi tersebut. Didalam aplikasi tersebut ada 100 Soal, dan dalam 100 Soal tersebut terdapat 3 Level, yaitu : LEVEL 1, LEVEL 2, & LEVEL 3. Materi Pembelajaran kuis

Interface menu utama Menu utama berisi fitur-fitur aplikasi, Ada Kalimat “SELAMAT DATANG DI APLIKASI GAME KUIS” (untuk mengucapkan selamat datang kepada para peserta kuis) dan masih terdapat beberapa fitur-fitur lain pada aplikasi ini yaitu : MAIN, TENTANG, DAN PETUNJUK. Hasil dari pembahasan

Tabel Hasil Test Program MAIN MENU INPUT OUTPUT MENU UTAMA List dipilih = MAIN Memulai kuis List dipilih = TENTANG Tampilan Tentang aplikasi List dipilih = PETUNJUK Tampilan Tentang Petunjuk KUIS NO.1 List dipilih = Home Kembali ke Menu Utama HASIL List dipilih = MAIN LAGI Mengulang kuis List dipilih = MAIN MENU Kembali Ke Menu Utama Tabel Hasil Test Program

Inilah tampilan jika kita sudah memulai kuis Inilah tampilan jika kita sudah memulai kuis. Ada nomor soal, jumlah score, menu home dan ada TIMER dimana sudah ada waktu yang di tentukan. Jumlah score berfungsi menampilkan score yang sudah kita dapat, jika salah maka score tetap. Menu home untuk membatalkan kuis, dan kembali ke menu utama. Nah di pojok bawah kiri ada tulisan level 1, maka dari situlah kita mengetahui level berapa yang kita sedang kerjakan Interface menu MAIN

Interface menu TENTANG Pada menu ini terdapat penjelasan tentang aplikasi ini, dan pembuat dari aplikasi ini. Tekan tombol back jika ingin kemenu utama Interface menu TENTANG

Interface menu PETUNJUK Pada tampilan ini memberikan informasi tentang cara bermain kuis dalam aplikasi ini. Untuk menjawab setiap soal anda tinggal klik tombol A,B,C, & D. Cek sound untuk cek suara benar, salah dan waktu habis. Keterangan dalam level Level 1 ada 30 soal, dan jika score dibawah 150 maka anda gagal dalam level 1 tetapi jika score anda 150 keatas maka anda dapat berhak melanjutkan level 2. Dengan waktu 300S/soal Level 2 ada 33 soal, dan jika score lebih kecil dari 400 maka anda gagal tetapi jika score anda 400 diatas maka anda dapat melanjutkan ke level 3. Dengan waktu 260S/soal Level 3 ada 37 soal, dan jika score lebih kecil dari 750 maka anda gagal tetapi jika score anda 750 diatas maka anda dinyatakan lulus. Dengan waktu 240S/soal

Tampilan jika berhasil ataupun tidak berhasil Inilah tampilan jika kita berhasil melampaui pada level 1, kita berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya

*Tampilan jika gagal Inilah tampilan jika kita gagal melampaui pada level 1, kita tidak berhak untuk melanjutkan ke level selanjutnya, maka cuman sampai disitulah kita bisa mengerjakan kuis. Jika mau ngulangi silahkan klik MAIN LAGI

Setelah melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Aplikasi Media Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8.0 dapat disimpulkan bahwa : Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8.0 berhasil dibuat. Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis macromedia flash 8. dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran komputer yang menyajikan informasi materi tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan dengan menggunakan komputer maupun laptop Kesimpulan

Pada penulisan makalah ini tentu masih terdapat kekurangan yang dapat disempurnakan lagi pada penelitian berikutnya. Agar aplikasi ini dapat menjadi lebih sempurna, terdapat beberapa saran yang dapat dipergunakan diantaranya : Interface yang dibuat pada aplikasi ini masih sederhana berbasis teks, gambar, dan audio bisa ditambahkan elemen animasi supaya setiap soal dapat lebih jelas lewat dengan animasi yang dibuat. Aplikasi di tambahkan dengan fitur gambar 3 dimensi. Materi yang disediakan masih materi komputer, sehingga perlu media penyimpanan untuk memuat informasi yang lebih banyak lagi . Aplikasi yang dikembangkan lebih lanjut diharapkan bisa di akses lewat internet dan setiap hasil yang didapat bisa dikirim secara otomatis di E- Mail Masing-masing (*dalam mengerjakan kuis harus terhubung dengan jaringan internet). Dan yang lebih baik lagi jika bisa diakses dengan menggunakan android, sehingga gampang dibawa kemana-mana Saran

TERIMAKASIH