Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FOTOGRAFI.
Advertisements

Kategori Desain Grafis
Persiapan Membuat Film
Prinsip-prinsip desain dalam komposisi
Happy Yugo Prasetiya S.Sn
TEHNIK KAMERA.
bahrur rosyidi duraisy - educational technology
Perspektif TEORI KOMUNIKASI (3 sks)
Fotografi Kehumasan Irsan Mulyadi.
Komunikasi Visual (Sebuah Kajian Semiotika)
Ekranisasi, Adaptasi dan Penulisan Film
PERSUASI Seni Mengubah Sikap
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN Sample Implementation.
Week Hari Raya Buatan, Tersangka: Hallmark beberapa hari yang seolah menjadi “hari raya”
Sinematografi (Terminologi 2)
CONTEXT COMMUNICATION
“ Berkarya Walau Sekecil Apapun ”
MULTIMEDIA Seni grafis.
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
KOMUNIKASI POLITIK.
Storyboard.
Sosialisasi Politik Sosialisasi Politik bersumber pada 2 kata yaitu Sosialisasi dan Politik. Menurut Rahman : -Sosialisasi adl Permasyarakatan -Politik.
Sosialisasi Politik Sosialisasi Politik bersumber pada 2 kata yaitu Sosialisasi dan Politik. Menurut Rahman : -Sosialisasi adl Permasyarakatan -Politik.
PRINSIP-PRINSIP DESAIN
Visual Culture.
G e o m e t r i F o t o U d a r a ?.
Strategi Kreatif Program Televisi
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Muhammmad Noor Hidayat
Manajemen Public Relations
Teknik Olah Video dan Teori Warna
Fotografi dan Videografi
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Muhammad Irawan saputra, s.i.kom., m.i.kom
SEQUENTIAL ART.
PENDEKATAN GEOGRAFI.
SINEMATOGRAFI.
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
TEKNIK KAMERA MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
Unsur-unsur visual Garis dalam media visual dapat menghubungkan unsur-unsur menjadi suatu kesatuan atau memandu mengikuti urutan. Bentuk yang tidak biasa.
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
RHYTHM dan DEPTH Pertemuan 3
Principlesofdesign ngisedfoselpicnirP
Teori Media dan Masyarakat Massa – 2
READING IN UN 2011.
Lighting & Art Materials
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
The Administration of Development & The Development of Administration
Visual Rethoric.
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
KAIDAH-KAIDAH VISUAL MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
Reza Praditya Yudha, M.I.Kom
WISC (WECHSLER INTELLIGENCE SCALE FOR CHILDREN) PERTEMUAN 12
Semiotika dalam Komunikasi
FOTOGRAFI Tanpa Gambar, Aksara tak Bermakna
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Health & Safety For Location Shooting
PERTEMUAN I.
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
Assignment for Multimodal Discourse Analysis 2015 Do all the problems 1.What is multimodal discourse analysis? 2.Any act of communication naturally occurs.
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
Teknik dasar fotografi dan desain grafis
Rupa Dasar 3D Oleh: Desi Dwi Kristanto, M.Ds. DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Memproduksi Foto Cantik dengan Komposisi Pas Memotret makanan memerlukan dedikasi yang tidak sekedar basa-basi. Setiap detail dipertimbangkan dan setiap.
pertemuan 1 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
SARI KURNIAWATI.  Teknik ini biasa juga di sebut Very Long Shot atau Extra Long Shot.Teknik ini mencakup sudut pandang yang cukup luas.  Hal ini bertujuan.
Transcript presentasi:

Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom Visual Literacy Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom

Visual Literacy " Visual Literacy adalah kemampuan belajar untuk menafsirkan pesan visual yang akurat dan untuk membuat pesan " ( Heinich , Molenda , & Russell , 1982 ) "Visual Literacy adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk kemampuan untuk berpikir, belajar, dan mengekspresikan diri dalam hal gambar "(Braden dan Hortin, 1982).

Visual Literacy Studi tentang visual literacy meliputi berbagai disiplin ilmu dari psikologi komunikasi, pendidikan, estetika, dan cultural studies Pertanyaan sentral: bagaimana orang belajar dengan gambar?/bagaimana orang memahami yang mereka lihat? Visual literacy tidak hanya mempersepsi gambar namun juga mengenai dampak gambar yang berupa sikap, emosi dan pengetahuan

Mengapa belajar Visual Literacy “Jika Anda belajar untuk menganalisis reaksi pesan visual terhadap diri anda, konteks sejarahnya, bagaimana pesan tersebut dibuat , tanggung jawab moral pembuatnya , dan dampaknya terhadap masyarakat , Anda akan dapat membuat dan menggunakan karya visual yang mengesankan .” (Paul Lester, 2000)

Mengapa belajar Visual Literacy Visual Literacy untuk membuat masyarakat lebih mengapresiasi sebuah seni Visual Literacy untuk menangkal gencarnya persuasi dari berbagai macam iklan

dua Komponen Visual Literacy Kemampuan memahami karya visual Kemampuan menciptakan karya visual

VISUAL LITERACY AND COGNITIVE ENRICHMENT Thinking in Pictures (cara berpikir untuk memproduksi gambar) The meaning of an image is not just a matter of the people or places that appear in it, or the action that it depicts. How those people or places or actions are portrayed—in close-up or long shot, in balanced or asymmetrical compositions, in high-key or low-key lighting, and so on—are essential ingredients of the creation of visual meaning

Penerapan Pada Film Inilah perspektif alamiah kita saat hadir diantara dua orang dengan desain ruang seperti ini

Bagaimanakah seharusnya penentuan tempat pengambilan gambar?

Memfokuskan pemeran utama Membatasi visualisasi pemeran pembantu

Penggunaan Scene dan Shot Pada Film Auguste & Louis Lumière- La Voltige (1895)

D.W. Griffith

Spatial Intelligent Mental skills that are cultivated by working in visual media Process of forming mental representation of 3D reality Mendasari pemahaman lingkungan dan objek dan juga berinteraksi dengan keduanya secara efektif (sensitifitas terhadap jarak/ruang) Aplikasinya adalah kemampuan mengolah komposisi gambar

Berbagai Elemen yang Disusun Pada Komposisi Frame Figure-ground Shapes

Berbagai Elemen yang Disusun Pada Komposisi Lighting Scale and dimention Focal point texture

Berbagai Elemen Tersebut Diolah Untuk Mewujudkan Berbagai konsep Visual: Unity Direction Dominance and contrast Balance

Berbagai Elemen Tersebut Diolah Untuk Mewujudkan Berbagai konsep Visual: Simplicity Proportion Harmony Tension Berbagai konsep ini juga digunakan sebagai “pengarah makna”

Penggunaan Spatial Intelligent Dalam Film Cerita: Seseorang ditodong pistol dari belakang Shot 1

Penggunaan Spatial Intelligent Dalam Film Shot 2

Penggunaan Spatial Intelligent Dalam Film Shot 2

Penggunaan Spatial Intelligent Dalam Film Gunakan Imaginary Line sebagai panduan dalam mengambil gambar pada pembuatan film Pastikan kamera berada pada satu sisi garis tersebut

Visual Analogies in Editing Visual “metaphor” in editing/Juxtaposition The intercutting between two events creates analogy between them

Critical Viewing with Visual Literacy Seorang critical viewer harus mampu menganalisis tujuan retoris dalam sebuah gambar. Seorang critical viewer juga harus mampu menangkap kepalsuan dalam sebuah pesan Harus sangat peka terhadap semua potensi pengaruh dari sebuah gambar

Visual Lies Menjadi pembicaraan pada 1982

Visual Lies Pandangan pemerhati fotografi terbagi menjadi dua pendapat, di satu pihak mengatakan semua hasil fotografi adalah kepalsuan, dan yang lain mengatakan hanya beberapa saja yang palsu visual deception occurs when a digital effect violates the implicit contract between photographer and viewer. Implicit contract: adding, deleting, or repositioning objects, dan pengetahuan masyarakat tentang digital imaging, dan penggunaannya Setiap gambar merupakan hasil perspektif pihak tertentu

four major principles accounting for the power of images penciptaan analogi pengalaman sehari-hari manipulasi sudut pandang Implicit Argumentation Penciptaan associatonal juxtapositions .