Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
PRAKTIKUM PENGENALAN APLIKASI KOMPUTER
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
34 KOMPUTER GRAFIS MATERIAL EDITOR STANDARD Obyek-obyek contoh yang Anda buat dalam bahasan bab-bab terdahulu tidak menggunakan.
Bab 12 - Template Web Design
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
Pemrograman Berorientasi Objek I
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
REPORT.
DATABASE & TABLE.
Pembuatan Tabel dan Relasi antar Tabel
Macromedia Flash.
Software design lanjutan Pertemuan 4. DINDING ARSITEKTURAL DAN BUKAAN SAMPING Dinding merupakan elemen dengan System Family yang sudah ditetapkan dalam.
Mendefinisikan situs PERTEMUAN 2. Pendahuluan Situs web adalah suatu kesatuan dari dokumen dokumen yang terhubung dengan atribut yang sama. Situs web.
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
1 Query Sederhana Pertemuan 07 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007.
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER. – BPM Pustekkom – Next.
TEKNIK GAMBAR PROYEKSI
1 Memasukkan dan Memodifikasi Data ke Dalam Tabel Pertemuan 05 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007.
BAB 4 SISTEM OPERASI KOMPUTER
Membuat File Database & Tabel
TUTORIAL AUTOPLAY MEDIA STUDIO
Teknologi Dan Rekayasa
Dasar Rigging dengan Bone (tulang) pada Obyek 3D
Produksi 3D untuk Desainer
Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
APLIKOM II PERTEMUAN KE IV.
PERANGKAT BANTU GAMBAR
C. MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
C. Manajemen File dengan Windows Explorer
Membuat File Database & Tabel
Algoritma dan Pemrograman 2A
Curves dan NURBS Mail merge.
OLEH : SONIA RUKMARDI SARI KELAS : X2
Animasi 3D dengan Blender
Membuat File Database & Tabel
Tutorial Adobe Premiere Pro.
MODELING Mail merge.
Area Kerja Dreamweaver
Ary Bima Kurniawan, ST., MT.
Animasi 3D dengan Blender
Node Editor Pada Blender
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
C. MANAJEMEN FILE DENGAN WINDOWS EXPLORER
Animasi 3D Aplikasi sederhana Rigging Free Powerpoint Templates
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
BAB 4 Manajemen File dengan Windows Explorer
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
KULIAH -5 TEKNIK MENGOLAH OBJEK DENGAN AUTO CAD
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
AGRIBISNIS POLIWANGI.
X Akomodasi Perhotelan 1
Membuat Desain Brosur Wisata
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Blender UV Mapping Pertemuan 5 Animasi 3D Univ. Darma Persada.
Animasi 3D dengan Blender
S I G Digitasi data spasial dan Pembangunan Topologi (mengunakan software autocad & AUTODESKMAP) Ir. Moh Sholichin, MT., Ph.D Website ;
PPG DALAM JABATAN Merancang model obyek 3 dimensi : Fitur dasar aplikasi pemodelan 3 dimensi PROFESIONAL PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA KELOMPOK KOMPETENSI.
Transcript presentasi:

Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Apa itu UV Mapping? UV Mapping adalah suatu proses pemetaan permukaan objek 3D yang direpresentasikan menjadi gambar 2D. Dalam bahasa sederhananya yaitu permukaan obyek 3D dikelupas sehingga menjadi permukaan 2D. Proses ini diperlukan untuk mempermudah proses texturing objek 3D dengan pewarnaan/lukisan yang kompleks U dan V menunjukkan sumbu tekstur 2D, karena sumbu “X”, “Y” dan “Z” telah digunakan sebagai sumbu koordinat untuk objek 3D

Model dalam blender yang ditekstur dengan proses UV-map

Membuat UV Mapping Proses pertama yang harus dilakukan dalam pemetaan UV (UV Mapping) adalah menentukan potongannya. Pilihlah “edge” yang akan dijadikan kelim/pelipit/ujung jahitan. Dari kelim ini kemudian didapatkan pola pemetaan permukaan 3D yang terbuka. Proses ini kemudian dibawa ke jendela UV editor untuk dimodifikasi dengan warna/ditempel dengan gambar yang telah dirancang sebelumnya. Proses unwrapping permukaan 3D dengan UV mapping

Skema gambar yang tampak dalam UV Editor

Untuk memperjelas proses ini, lakukan beberapa langkah berikut: Buatlah object sederhana misalnya kubus Split screen menjadi dua, ganti salah satu view-nya pada UV/ImageEditor Masuk mode edit pada kubus dan pilih mode Edge

Proses UV Mapping (lanjutan) 4. Pilih edge mode untuk melakukan unwrap. Pilih edge klik kanan +shift, lakukan semua edge 5. Ctrl+E  Mark Seam. 6. Maka akan terbentuk bidang UV Maps seperti gambar disamping berikut

Proses unwrap

Proses UV Mapping (lanjutan) 7. Setelah terbentuk UV Map, gantilah ke mode Face Edit. Lihat perubahan kubus ketika UV Map diklik disalah satu sisi 8. Susunlah Face pada UV Map sesuai dengan susunan kubus.

Proses UV Mapping (lanjutan) 9. Scala-kan (S) sesuai dengan canvas UV Map

Proses UV Mapping (lanjutan) 10. Setelah di select semua, Export lah hasil UVMap tersebut

Proses UV Mapping (lanjutan) Editlah teksture dengan image editor seperti GiMP, photoshop, dlsb.

11. Hasil UV map tadi bisa di munculkan kembali sebagai texture 12. Texture tab

13. Arahkan ke Texture Panel dan pilih Tex, Bila tidak ada maka klik tombol New untuk membuat Texture baru

14. Dari Type Selector, pilih Image or Movie 14. Dari Type Selector, pilih Image or Movie. Pilihan ini akan merubah sejumlah panel

15. Klik Open dan pilih gambar hasil UV yang Anda buat tadi di folder dimana Anda simpan

16. Maka texture yang terbentuk adalah seperti gambar berikut 16. Maka texture yang terbentuk adalah seperti gambar berikut. Texture tersebut belum diatur sesuai UV Mapping Pastikan Image terpilih pada gambar tekstur yang kita akan pasangkan

17. Aturlah UV mapping agar sesuai sebagai txture yang diinginkan

18. Berikut hasilnya setelah dirender

Latihan Buatlah objek dengan texture UV Mapping seperti berikut:

Percobaan lanjut di Kuliah Praktikum Lakukan texturing pada objek manusia yang telah dibuat sebelumnya dengan proses UV mapping