(APLIKASI DAN PENERAPANNYA) FILSAFAT UMUM (APLIKASI DAN PENERAPANNYA) Oleh :WAHYUDIN SS.05
NAMA : WAHYUDIN, S,AG, MA, M.PHIL ALAMAT : JL, BOUGENVILE NO 16 MULYOJATI 16C METRO, KOTA METRO LAMPUNG PENDIDIKAN : SD, MTS, STM, IAIN, UMY, UGM, UGM (MASIH PENYELESAIAN) STATUS : NIKAH HP : 085269151005 HOBY : MEMBACA PEKERJAAN : PNS DAN WIRAUSAHA Email : Wahyudinyudi34@yahoo.com
KEAKTIVAN TUGAS MANDIRI PENILAIAN UJIAN TENGAH SEMSTER UJIAN SEMESTER
SILABUS PEMBAHASAN FILSAFAT UMUM 1. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUPNYA 2. PROBLEM AWAL FILSAFAT 3. FILSAFAT YUNANI KUNO 4. TUHAN DALAM PANDANGAN FILSAFAT YUNANI KUNO 5. PEMIKIRAN MITOLOGI (TUHAN, MANUSIA DAN ALAM) 6. FILSAFAT ALAM SEBAGAI SIKAP DEMITOLOGI 7. HELLENISME 8. IDEALISME PLATO 9. REALISME ARISTOTELES 10. FILSAFAT PATRISTIK 11. FILSAFAT SKOLASTIK 13. FILSAFAT ISLAM (HAL 13 – 31) PENGANTAR FILSAFATA ISLAM 14. AWAL PERKEMBANGAN FILSAFAT MODERN
Ahmad Syadali, FilsafatUmum, Pustaka Setia Bandung 1997 DAFTAR KEPUSTAKAAN: Ahmad Syadali, FilsafatUmum, Pustaka Setia Bandung 1997 Ahmad Hanafi, MA, Pengantar Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1990 Asmoro Ahmadi, Filsafat Umum, Rajawali perss, Jakarta 2001 Ahmad Tafsir, Prof DR, FilsafatUmum, Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra, Rosda Karya Bandung, 2001 Anton Beker, DR, Metode Metode Filsafat, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1984 Bambang Q Anees dkk, Filsafat Untuk Umum, Kencana, Jakarta, 2003 Burhanuddin Salam, Pengentar Filsafat, Bumi Aksara, Jakarta, 2000 Hasbullah bakry, S.H, Drs, Sistematika filsafat, Wijaya, Jakarta 1970 Louis O. Kattsoff, Pengantar Filsafat, Tiara Wacana Jogyakarta, 1996 Oemar Amir Husein, Filsafat Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1975 Sidi Ghazalba. Drs, Sistematika Filsafat, Bulan Bintang, Jakarta, 1971
BERASAL DARI BAHASA YUNANI: 1. PENGERTIAN FILSAFAT ETIMOLOGI/ BAHASA BERASAL DARI BAHASA YUNANI: PHILOS: SUKA,CINTA, SENANG INGIN BERUSAHA YANG DI INGINKAN KEINGINAN MNDALAM UNTUK MENJADI BIJAK SOPHIA: KEBIJAKSANAAN, PANDAI, CERDIK, MENDALAM KATA YG HAMPIR SAMA DALAM KONSEP FILSAFAT : FILOSOF : FILOSOFIS : FILSAFAT : FALSAFATI : FALSAFAH : FILOSOPHER
ARTI -PRAKTIS --FILSAFAT FILSAFAT : ALAM FIKIRAN ALAM BERFIKIR BERRFILSAFAT =============BERARTI --------------BERFIKIR MESKIPUN DEMIKIAN----- TIDAK SEMUA BERFIKIR >>>>> BERARTI BERFILSAFAT KAYA__ MISKIN__ ITU……. TAKDIR TUHAN KAYA>>>>> MIKISKINNYA SI ________AHMAD……. APAKAH-- TAKDIR TUHAN APAKAH ANDA…. MAU DI….. TAKDIRKAN MISKIN….. BERFILSAFAT BERARTI_____________BERFIKIR__________ SECARA MENDALAM DENGAN_______________SUNGGUH-SUNGGUH
ARTI TERMINOLOGI / ISTILAH PLATO : FILSAFAT…….. ILMU PENGETAHUAN….. YANG BERMINAT--------- MENCAPAI KEBENARAN YANG ASLI ARESTOTELES : FILSAFAT________ ILMU PENGETAHUAN------- YANG TERKANDUNG DI DALAMNYA: LOGIKA RETORIKA ETIKA EKONOMI POLITIK ESTETIKA AL FARABI : FILSAFAT-----ILMU PENGETAHUAN_______ TENTAN ALAM MAUUJUD____ BAGAIMANA HAKIKAT YANG SEBENARNYA DESCARTES : FILSAFAT____ KUMPULAN SEGALA PENGEAHUAN____DIMANA…. TUHAN--- ALAM DAN MANUSIAA __________MENJADI PENYELIDIKAN
A. APA YANG DAPAT KITA KETAHUI (METAFISIKA) B. APA YANG SEHARUSNYA KITA KETAHUI (ETIKA) C. SAMPAI DIMANA HARAPAN KITA (AGAMA) D. APA YAG DINAMAKAN MANUSIA (ANTROPOLOGI) IMANUEL KHAN FILSAFAT MERUPAKAN ILMU PENGETAHUAN UNTUK BERFIKIR SECARA RADIKAL-SECARA RADIKNYA SUATU GEJALA DARI AKARNYA YG HENDAK DI MASALAHKAN HARUN NASUTION FILSAFAT ADALAH ILMU PENGETAHUAN TENTANG YANG MENCARI SEBAB SEDLAM DALAMNYA BAGI SEGALA SESUATU BERDASARKAN FIKIRAN POEDJAWIJATNA
2. P ERBEDAAN DENGAN ILMU LAIN Ilmu-ilmu lain Ilmu filsafat MEMBATASI PEANYELIDIKAN MASING-MASING ILMU TIDAK DI BAHAS ILMU LAIN MEMBAHAS SEBAB AKIBAT BAGIMANA DAN APA SEBABNYA TERBATAS LEBIH SEMPIT ALAM INI SEBAGAI SATU KESATUAN YANG TIDAK TERPCAH MASING-MASING ILMU TIDAK DI BAHAS ILMU LAIN MEMBAHAS SECARA KESELURUHAN APA DIA SEBENARNYA DARI MANA ASALNYA HENDAK KEMANA PERGINYA
3.OBJEK FILSAFAT OBYEK MATERIA -YANG DISELIDIKI -SIFAT MATERI YG DI BAHAS -PERSOALAN YANG ADA HAKIKAT YANG ADA TERDAPAT TIGA PERSOALAN: ADA DALAM--------- KENYATAAN ADA DALAM--------- KEMUNGKINAN ADA DALAM___________ FIKIRAN OBYEK FORMA - PENYELIDIKAN MENDALAM - SUDUT PANDANG___ CARA PANDANG YANG ADA DALAM FIKIRAN - MENCARI KETERANGAN SECARA RADIKAL (SEDALAM DALAMNYA SAMPAI KE AKAR AKARNYA)
4.METODE FILSAFAT ANALISIS KRITIS SISTEMATIS SINTESIS HISTORIS INTUITIF
HISTORIS HISTORIS - SEJARAH PARA TOKOH FILSAFAT - PEMBAGIAN MENURUT WAKTU: 1. ANCIENT PHILOSOPHY 2. MIDLE PHILOSOPHY 3. MODERN PHILOSOPHY
SISTEMATIS ISI PERSOALAN FILSAFAT SEBAB AKIBAT, MENGAPA, BAGAIMANA, KENAPA LAPANGAN PEMBAHASAN TEORI PENGETAHUAN (EPISTIMOLOGI) TEORI HAKIKAT (ONTOLOGI) TEORI NILAI (AXIOLOGI) PENDPAT-PENDAPAT
KRITIS - DENGAN MENGANALISIS ISTILAH DAN PENDAPAT DENEGAN MENGAJUKAN PERTANYAAN MENGAJUKAN PERTANYAAN SECARA TERUS MENERUSS SAMPAI HAKIKAT YANG DI TANYAKAN
ANALISIS - RISCIAN ISTILAH-ISTILAH ATAU PERTANYAAN DALAM BAGIAN-BAGIAN, SEHINGGA KITA DAPAT MELAKUKAN PEMERIKSAAN ATAS MAKNA YG TERKANDUNG MISAL PERKATAAN,,,,,, NYATA APAKAH SEBUAH MEJA ITU SEUATU YANG NYATA APAKAH OMPIAN ITU SEASUATU YANG NYATA
SINTESIS DENGAN MENCARI KESAATUAN DALAM KERAGAMAN DENGAN MENGUMPULKAN PENGETAHUAN PARAN AHLI (FILOSOF MENDASARKAN PADA SEJUMLAH BESAR BAHAN LEBIH BANYAK KET, YANG DIPEROEH HASILNYA KAN LEBIH AKURAT -LOGIKA INDUKSI -LOGIKA DEDUKSI -ANALOGI KOMPERASI. (MENYIMPULKAN KEMBALI YG MENGAWALI PENALARAN KITA