DIPANGGIL MENJADI SAKSI KASIH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
RD Yustinus Dwi Karyanto
Advertisements

KOMISI KATEKETIK KEUSKUPAN BOGOR
ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015 Introduksi Pastoral SAMADI, Januari 2013.
GEREJA.
Pernyataan Bersama: World Council of Churches
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
MUSIK GEREJA.
Draft ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015
+Menempatkan diri dalam kelompok para murid Tuhan + Menjadi seperti apakah aku? Petrus? Thomas? Matius? Yohanes dan Yakobus? Yudas? Atau siapakah aku?
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
RENCANA PROKER & RAB/RAI
PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK
Mempersiapkan Awam sebagai Saksi Kristsus
Paus Benediktus XVI Memulai Pekan Doa bagi Persatuan
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.
SAKRAMEN-SAKRAMEN PENYEMBUHAN
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
GEREJA KATOLIK SATU, KUDUS, KATOLIK & APOSTOLIK HIERARKI GEREJA
MEMPERTANGGUNGJAWABKAN IMAN KATOLIK
Awam Dalam Kiprah Pewartaan Injil
DIPANGGIL MENJADI SAKSI KASIH: Misi Gereja Dlm Millenium Ketiga
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
“Hari Minggu Evangelisasi”
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
Bacaan injil : Yoh 15:26-27 ; 16:12-15
MISTERI PASKAH DALAM SAKRAMEN-SAKRAMEN GEREJA “Hari Minggu Panggilan“
PANGGILAN KARYA/ PROFESI/ KERJA
Apa itu Institusi sosial?
Babtis.
KEMAJUAN PERADABAN DUNIA (Hubungan Iman Kristen dg Ilmu Pengetahuan)
Sabda Kehidupan Oktober 2015
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
DIALOG IMAN (Masyarakat dan Budaya)
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
Klender, 24 Juli 2015 ArDas KAJ: Cita-cita.
Katekisasi GKI Gejayan
4 PILAR GEREJA MEMBANGUN JEMAAT RD RUDY HARTONO.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
CHRISTIAN FAITH CREDO RUMUSAN-RUMUSAN PENGAKUAN IMAN GEREJA UNIVERSAL : ANATASIUS NICEA KONSTANTINOPEL PENGAKUAN IMAN RASULI.
TEMA APP 2012 KATOLIK SEJATI HARUS PEDULI DAN BERBAGI
MARIA Kitab Suci sama sekali tidak memberikan informasi mengenai siapa sesungguhnya ayah kandung Maria. Hanya Proto Injil Yakobus (Injil apokrip dari abad.
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
EVANGELII NUNTIANDI Pewartaan Injil dalam Dunia Modern
RASUL PAULUS DI ROMA Lesson 1 for October 7, 2017.
GEREJA APOSTOLIK (Gereja dalam Pergerakan Roh).
Ajaran sosial gereja ARTI DAN MAKNA AJARAN SOSIAL GEREJA
CIRI KEPEMIMPINAN KATOLIK
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020
TEMU PEWARTA IMAN-KAJ Sharing atas gerakan iman dan persaudaraan antar para pewarta 1 NOPEMBER 2015.
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
Fr Dismas Valens Salettia
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
HAK & KEWAJIBAN ORANG BERIMAN
WE ARE ONE Kisah Para Rasul 2:41-47.
KATEKISASI GEREJA Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka.
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
KUNCI KEPADA PERSATUAN
PARA PEMIMPIN GEREJA MULA-MULA
PENGALAMAN PERSATUAN DI GEREJA MULA-MULA Lesson 5 for November 3, 2018.
GAMBARAN-GAMBARAN PERSATUAN
“.... Sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari Pada-Ku” (Yes 56:1-8) “....sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran...”
PELAYANAN DALAM JEMAAT PERJANJIAN BARU
GEREJA SEBAGAI UMAT ALLAH. Apakah?  Ini ? ATAU Ini ? 
Transcript presentasi:

DIPANGGIL MENJADI SAKSI KASIH

SPIRITUALITAS MISIONER TEOLOGI MISI-MISIONARIS SPIRITUALITAS MISIONER TEOLOGI SPIRITUAL Model-model UNSUR-UNSUR POKOK SPIRITUALITAS MISIONER definisi FORMATIO SPIRITUALITAS MISSIONER FORMATIO MISIONER

Bab I: Misi dan Misionaris “Kasih Allah yang memberi hidup kepada setiap orang sejatinya merupakan pula jiwa pengalaman dan pewartaan Injil. Ketika kasih itu diterima, mereka yang menerimanya itu diubah menjadi saksi-saksi Allah” (Benediktus XVI, Pesan Hari Minggu Misi Sedunia, 2006).

Misi - Misionaris Kata misi dan misionaris, penggunaannya tidak berpangkal pada Kitab Suci atau dari kosa kata dari Jemaat Kristen Perdana. Kedua kata itu baru mempunyai arti dan digunakan sebagai istilah-istilah tekhnis pada abad modern

Misi-misionaris (2) Kata misi dan misionaris dalam padanan kata Yunani sejajar artinya dengan kata apostellein (kerasulan) dan apostolos (rasul). Kedua kata Yunani ini memiliki makna yang mengalami perubahan dalam perjalanan waktu. Namun kata tekhnis apostolos, mempunyai arti sepadan dengan kata benda seliah, dari kata kerja Šālah dalam bahasa Aram. Kata seliah dalam penggunaannya menunjuk pada mereka yang dikirim dari ibu kota oleh penguasa untuk suatu misi ke luar negeri. Secara khusus mereka yang ditugaskan untuk mengumpulkan sumbangan/upeti bagi pelayanan di Kenisah Yerusalem. DOUGLAS WEBSTER, “Missionary, The,” in Concise Dictionary of the Christian World Mission (London: Lutterworthpress, 1971), 410. Lihat, “Apostle,” in The Anchor Bible Dictionary, vol. 1 A-C, ed. DAVID NOEL FREEDMAN (New York: Doubleday, 1992), 309. Bdk., FERRIS L. McDANIEL, “Mission in the Old Testament” in Mission in the New Testament, An Evangelical Approach, ed. WILLIAM J. LARKIN JR. and JOEL F. WILLIAMS (Maryknoll, New York: 1998), 11

Misi - arti umum Misi dan misionaris dalam arti umum di atas menunjuk pada Gereja dan semua orang yang terbaptis di dalamnya. Semua yang beriman dan percaya akan Allah itu adalah umat Allah, tubuh mistik Kristus, sakramen Kerajaan bagi dunia (bdk., AG 36). Gereja dan anggotanya pada dasarnya misioner. Seperti ditegaskan dalam dokumen Gereja, dalam inti hidupnya sesuai dengan rencana Allah Gereja pada hakekatnya adalah misioner. Gereja berasal usul dari rencana Allah dan adalah hasil dari perutusan Putera maupun Roh Kudus (bdk., AG 2, 5). Gereja dan misi universalnya itu lahir dari iman akan Kristus (RMi 4).

Misi-panggilan khusus Dalam dokumen Konsili vatikan II AG diakui bahwa gerakkan dan ketertarikan untuk mewartakan injil pada semua orang yang jauh dari Kristus merupakan suatu panggilan khusus. Ditegaskan dalam dokumen itu bahwa sekalipun semua murid Kristus mempunyai tugas untuk mewartakan iman akan Kristus, Kristus Tuhan telah secara khusus memanggil orang-orang tertentu dari antara para muridNya untuk diutus sebagai misionaris (bdk., Mrk 3:13). Orang-orang itu jelas mendapat suatu tugas khusus dan suatu panggilan khusus (bdk., AG 23). Panggilan khusus ini dilawankan dengan panggilan universal, umum. Dengan demikian dibedakan antara panggilan khusus dan panggilan umum untuk tugas misioner yang melibatkan seluruh umat beriman (bdk., AG 2, 5, 23, 35-36).

Beberapa model spiritualitas misioner Ramon Lull Fransiskus Xaverius Charles de Foucould Theresa Lixieux Periode Setelah Para Rasul Sampai Sebelum Konstantinus Para Rahib Irlandia Kolumbanus Bonifatius -

Ensiklik-Ensiklik Misioner (1) Prope Nostis - Tgl 15 Agustus 1840, Gregorio XVI (1831-1846) Sancta Dei Civitas Tgl 3 Desember 1880, Leo XIII (1878- 1903) Maximum Illud Tgl 30 November 1919, Benedetto XV (1914-1922 Rerum Ecclesiae Tgl 28 Februari 1926, Pio XI (1922-1939) Evangelii Praecones Tanggal 2 Juni 1951, Pio XII (1939-1958) Fidei Donum Tanggal 21 April 1957, Pius XII Princeps Pastorum Tanggal 28 November 1959, Yohanes XIII

Ensiklik-Ensiklik Misioner (2) Konsili Vatikan II Ad Gentes , 1965(29) Lumen Gentium, 1964 Paulus VI Evangelii Nuntiandi, 1975 Yohanes Paulus II Konst Apost Pastor Bonus, 1988 Redemptoris Missio, 1990

UNSUR-UNSUR POKOK SPIRITUALITAS MISIONER “Hidup dari Kasih adalah memberi tanpa menghitung, tanpa menuntut balasan di dunia sini... ketika sungguh mengasihi, tiada pernah ada perhitungan... kuberikan semua... dan tidak kupunyai hal lain lagi kecuali kekayaanku hidup dari Kasih” (Teresa dari Lisieux, Vivre D’amour,1895).

UNSUR-UNSUR POKOK SPIRITUALITAS MISIONER Dituntun Oleh Roh Kudus Menghayati Misteri Hidup Kristus Mengasihi Gereja dan Sesama Menapak Jalan Kesucian   Maria Dalam Spiritualitas Misioner

Beberapa Bentuk Formatio Missioner Umat Menumbuhkan Peran Awam Melibatkan Umat Dalam Karya Pastoral Bantuan Untuk Karya Misi Evangelisasi Kebudayaan dan Promosi Publikasi Katolik Integrasi Gerakan-Gerakan dalam Gereja Membangkitkan Harapan Menjadi Saksi di Paroki-Paroki

FORMATIO/PEMBINAAN/PENDIDIKAN/PEMBENTUKAN Formatio Spiritualitas Misioner sangat berkaitan dengan “promosi atau animasi misioner” dan ditempatkan dalam kerangka “kerjasama misioner” Gereja. Formatio misioner dipahami sebagai hal sangat sentral dalam kehidupan kristiani. Formatio Spiritualitas Misioner berkaitan pula dengan promosi misioner atau animasi misioner. Yang dimaksudkan dengan istilah itu adalah setiap kegiatan yang bersifat informatif dan formatif. Artinya dalam promosi misioner terdapat kegiatan memberikan informasi yang memadai mengenai situasi misi Gereja dan sekaligus usaha berkaitan dengan pembinaan semangat misioner.

Formatio Spiritualitas Misioner untuk religius Dimensi Kristologis Dimensi Eklesiologis Dimensi Spiritual Dimensi Pastoral Maria dan Formatio Misioner Para Religius