Animasi 3D dengan Blender Modelling Diagendakan pada pertemuan 3
polygon Merupakan pembentuk dasar bangun 3 dimensi Polygon tidak selalu berbentuk bidang geometri misalnya kubus, kerucut atau lainnya, tetapi merupakan penyusun dasar bidang-bidang dalam objek Terdiri panjang dan lebar
Polygon (lanj) Face / sisi Edge / garis tepi Vertex / point / titik penghubung
A triangle, a quad, and an n-gon Polygon (lanj) A triangle, a quad, and an n-gon
Modelling pada Blender Direct mesh editing pengeditan berdasarkan vertex, edge dan face Sculpting membentuk objek, “memahat” objek
Modelling pada Blender (lanj) Edit Mode Tab key
Modelling Pada Blender (lanj) Vertex Mode Face Mode Edge Mode
Modelling pada Blender (lanj) Lakukan experiment pada object primitive pada Blender Anda Klik kanan untuk memilih bidang seleksi yang akan di edit/modifikasi
Tool Mesh Editing Extrude penebalan bidang seleksi E Fill isi bidang F
Tool Mesh Editing (lanj) Edge loop pengeditan pada sekumpulan vertice dihubungkan dalam sebuah garis atau lingkaran. ctrl + r
Tool mesh editing (lanj) Penggabungan vertice/merging vertice menggabungkan vertice menjadi satu titik Alt+M
Tool mesh editing (lanj) Penggabungan ctrl + J Pemisahan object mesh membuat potongan mesh dari objek yang dipilih P loose part
Latihan