TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ISLAMISASI DI AFRIKA SUB SAHARA
Advertisements

KHILAFAH ABBASYIAH (132 H/750 M-656 H/1258 M)
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Disusun Oleh : Kelompok 6
HUKUM WARIS ISLAM (the Islamic Law of Inheritance)
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
SISTEM POLITIK ISLAM BY; FIRNAWIDA,M.Pd.I.
SEMINAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
PERTEMUAN KESEBELAS ALIRAN MU’TAZILAH.
PAISAL SALMAN ALPARIDJI ( )
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam
SEJARAH USHUL FIQIH.
SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI ANDALUS PADA ABAD VII-X M
PEMIKIRAN FIQIH.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TEORI POLITIK PASCA KHULAFA AL-RASYIDUN (KHAWARIJ-SYIAH)
TEORI POLITIK AL-MAWARDI
Tokoh-tokoh Pembaharuan
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
AI MIDA USMIATI SEMESTER VII A
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
AGAMA ISLAM.
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Tugas Mandiri Perbandingan Mazhab Dosen Pembimbing Drs. H
SEPUTAR MAULID NABI  MUHAMMAD IDRUS RAMLI.
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
ALIRAN QADARIAH DAN JABARIAH
Madzhab Fiqh Oleh: M. Anas Danussana Kamal
ASAS-ASAS HUKUM PERKAWINAN & HUKUM KEWARISAN
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH
assalamu’alaikum wr.wb
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
SEJARAH BENDAHARAWAN HADIS MASA SHAHABAT
Islam dan Perkembangannya di Indonesia
ASSALAMU’ALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
DINASTI AYYUBIYAH Hamlul Faiz Sabilalloh 8 SBAW.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
SEJARAH ISLAM DARI MASA NABI HINGGA KINI
Assalamualaikum.
Pemikiran Politik (siyasah)
Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah
Bismillaah
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
BAB 4 : KHALIFAH UTHMAN BIN AFFAN R.A.
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Nama – kelahiran – kehidupan – keperibadian – pengusiran – wafat.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU USHUL - FIQH ******************
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
PUNCA UTAMA PENYELEWENGAN DALAM TAFSIR
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Nama Kelompok: 1. Alfinda Cahya S. 2. Astri Okta Yuliana 3. Ka’imfa Puji A. 4. Mitra Fitria N. 5. M. Dani Kurniawan 6. Saida Azizah A. 7. Zanuar Syaifudin.
DAULAH ABBASIYAH. OLEH EKA AULIA FITRIANA MUHAMMAD MUSTAKIM RIZKI MOCHAMAD WIRA AJI AGUNG PRABOWO ADI IRFANI ARYA CANGGIH.
Transcript presentasi:

TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH OLEH ULYA FUHAIDAH

BIOGRAFI Namanya Abul Abbas Taqiyuddin Ahmad bin Abdus Salam bin Abdullah bin Taimiyah al Harrani Lahir di Harran dekat Damaskus pada 22 Januari 1263/10 Rabiul Awwal 661 H Ayahnya Syihabuddin bin Taimiyah adalah seorang syaikh, hakim, dan khatib. Kakeknya Majduddin Abul Birkan Abdussalam bin Abdullah bin Taimiyah al Harrani adalah seorang ulama yang menguasai fiqih, hadits, tafsir, ilmu ushul dan penghafal Al Qur'an (hafidz). Ia merupakan ulama mazhab Hambali Saat usianya 6 tahun, ia mengungsi ke Damaskus untuk menghindari kekejaman bangsa Mongol Ia wafat pada 26 September 1326 H

PENDIDIKAN DAN KARYANYA Di Damaskus ia belajar pada banyak guru, dan memperoleh berbagai macam ilmu diantaranya ilmu hitung (matematika), khat (ilmu tulis menulis Arab), nahwu, ushul fiqih. Ia dikaruniai kemampuan mudah hafal dan sukar lupa. Hingga dalam usia muda, ia telah hafal Al-Qur'an. Kemampuannya dalam menuntut ilmu mulai terlihat pada usia 17 tahun. Dan usia 19, ia telah memberi fatwa dalam masalah masalah keagamaan. Karangannya mencapai lima ratus judul. Karya-karyanya yang terkenal adalah Majmu' Fatawa yang berisi masalah fatwa fatwa dalam agama Islam

SETTING SOSIO POLITIK IBNU TAIMIYAH 1258 atau lima tahun sebelum kelahirannya, tentara Hulagu Khan dari Mongol membumihanguskan dinasti Abbasiah Jatuhnya Baghdad menandai berakhirnya Bani Abbasiah yang menjadi lambang kekuatan umat Islam selama 500 tahun Pasca hancurnya Dinasti Abbas, penguasa wilayah bebas memakai gelar khalifah Hanya dinasti Mamalik yang masih mengakui Abu Qosim Ahmad sebagai khalifah simbolis Dinasti Abbasiah Damaskus dihuni oleh masyarakat heterogen

HETEROGENITAS DAMASKUS Multi mazhab Multi agama Multi etnik Multi kultur Heterogenitas tersebut menyebabkan sulitnya tercipta stabilitas sosial dan politik

PEMIKIRAN POLITIK Penegakan imamah bukanlah salah satu dasar agama, hanya kebutuhan praktis Ia menolak kekuasaan Bani Umayyah dan Abbasiah sebagai dasar politik Islam Ia menggunakan term imarah Ia menolak pengangkatan kepala negara oleh Ahl halli wal aqdi yang tidak lebih sebagai alat legitimasi penguasa Ia memperkenalkan ahl syaukah untuk memilih kepala negara Ahl syaukah adalah orang yang berasal dari berbagai kalangan dan kedudukan yang dihormati dan ditaati oleh masyarakat

Contoh Ahlu Syaukah Pengangkatan Abu Bakar sebagai khalifah bukan karena bai’ah Umar bin Khatab dan pengangkatan Umar bukan karena wasiat Abu Bakar. Mereka naik ke tampuk kekuasaan karena sumpah setia orang-orang yang memiliki kekuatan (ahl Syaukah) kemudian diikuti oleh umat Islam.

SYARAT KEPALA NEGARA KEJUJURAN (amanah) dalilnya QS An-Nisa 58 yang memerintahkan umat Islam menyerahkan amanah kepada yang berhak menerimanya KEWIBAWAAN atau KEKUATAN (QUWAH) Tidak mutlak suku Quraisy Jika tidak ada yang memenuhi kriteria itu, maka yang lebih diutamakan adalah kandidat yang kuat dan berwibawa

LARANGAN MENURUNKAN KEPALA NEGARA Kepala negara harus ditaati meskipun zalim 60 tahun berada di bawah kepemimpinan yang zalim lebih baik daripada tidak ada pimpinan walaupun semalam Dilarang memberontak kepala negara yang kafir selama ia masih menjalankan keadilan dan tidak memerintahkan maksiat kepada Allah Ibn Taimiyah mengutip hadis barang siapa yang melihat sesuatu yang tidak disenangi pemimpinnya, hendaknya ia sabar. Siapa yang keluar dari pemerintahannya (memberontak), kalau ia mati maka mati dalam kejahilan Perlawanan terhadap penguasa akan melahirkan anarkisme