FILSAFAT BAHASA DAN BAHASA MENURUT LUDWIG WITTGENSTEIN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CIRI-CIRI SUPRASEGMENTAL BAHASA INDONESIA
Advertisements

M.K: SEMANTIK Pertemuan Ke-3
SEMANTIK BAHASA INDONESIA
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
M.K SEMANTIK Pertemuan Ke-2
Aryani Widyaningsih, S.Pd.
KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA
H AKIKAT B AHASA dpuspitasari.lecture.ub.ac.id. D EFINISI B AHASA Sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat.
MAULFI SYAIFUL RIZAL FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS BRAWIJAYA
ARTI, KEDUDUKAN, DAN RAGAM BAHASA
Kalimat Efektif.
HUBUNGAN BERPIKIR DAN BERBAHASA ILMIAH
Pengantar Linguistik Umum 10 September 2012 Nadya Inda Syartanti
Penerjemahan I Materi I.
PENGARUH STRUKTUR BAHASA BAGI KOMUNIKASI PERSUASIF
BAHASA Bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
Hakikat Bahasa Pengantar Linguistik Umum 4 November 2013
HUBUNGAN BERPIKIR DAN BERBAHASA ILMIAH
KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi.
Soal I 1. Kaidah fonelogis suatu bahasa dikembangkan dari... a. Kaidah bahasa lain b. Ejaan bahasanya c. Pengucapan penuturan bahasanya d. Kaidah bahasanya.
MEMBACA KRITIS A. SYUKUR GHAZALI.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Simbol Budaya Madura dalam Cerita Rakyat Madura
PENGERTIAN DAN OBYEK LINGUISTIK
SEMANTIK >Kata semantik diturunkan dari kata Yunani “semainein” yang mempunyai arti bermakna atau berarti. >Aminuddin (1988 : 15) menjelaskan bahwa semantik.
KOMUNIKASI VERBAL Pertemuan 09
HUBUNGAN BERPIKIR DAN BERBAHASA ILMIAH
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PEKALONGAN
Hakikat dan Fungsi Bahasa Hakikat dan Fungsi Bahasa.
Konsep dasar antropologi
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
OLEH DWI OKTAFIA ARIYANTI
KONSEP TEKNOLOGI.
HUBUNGAN BERPIKIR DAN BERBAHASA ILMIAH
KOMUNIKASI BAHASA.
Materi Perkuliahan UNDA
Assalamu’alaikum Wr Wb
Kalimat Efektif.
BAHASA Bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
alat komunikasi berupa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia
Pengertian Penduduk, Masyarakat & Kebudayaan
Pengenalan Mata Kuliah Bahasa Indonesia Sejarah dan Fungsi Bahasa
TATA BAHASA FUNGSIONAL
Matakuliah Sosiolinguistik
DRS. H.HEDI SUHARTONO.,M.Si DOSEN FEKON UNIKARTA
Konsep dasar antropologi
ILMU DAN BAHASA.
SEMANTIK (1) PERTEMUAN KE-13 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
FUNGSI DAN RAGAM BAHASA Oleh : Nima Lestari
BAHASA BAKU Kelompok 5 : Nafiatul Ulum ( )
Definisi dan Konsep (Pertemuan Perkuliahan ke 11)
Sarana Ilmiah Dian Rahmawati F
ARTI BAHASA.
SEMANTIK BAHASA INDONESIA
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SEMANTIK Pengantar.
HAKIKAT , CIRI - CIRI, DAN FUNGSI BAHASA MENURUT LUDWIA WITTGEINSTEIN
LOKAL BAHASA INDONESIA A
Perbedaan Individu Berbagai Kemampuan dan Cara Mengukur
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
HAKIKAT BAHASA DAN LINGUISTIK : SATU PERBANDINGAN
RAGAM BAHASA Bahasa : Simbol / lambang yang dihasilkan oleh alat ujaran / indera manusia untuk melakukan fungsi bahasa. Fungsi Bahasa : Alat komunikasi;
PENGERTIAN LINGUISTIK
KB 1 HAKIKAT DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA, PEMEROLEHAN, PEMBELAJARAN BAHASA ANAK Oleh : Tatat Hartati Dwi Heryanto.
SEMANTIK Pengantar.
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
KEGIATAN BELAJAR 1 HAKIKAT DAN KARAKTERISTIK BAHASA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
HAKIKAT BAHASA DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAB I.
Transcript presentasi:

FILSAFAT BAHASA DAN BAHASA MENURUT LUDWIG WITTGENSTEIN

 > Pengertian Filsafat Bahasa Filsafat bahasa adalah ilmu gabungan antara linguistik dan filsafat.Ilmu ini menyelidiki kodrat dan kedudukan bahasa sebagai kegiatan manusia serta dasar-dasar konseptual dan teoretis linguistik.

CIRI-CIRI BAHASA 1.Bahasa adalah sebuah sistem Sebagai sebuah sistem, bahasa itu sekaligus bersifat sistematis dan sistemis. Dengan sistemis, artinya, bahasa itu tersusun menurut suatu pola: tidak tersusun secara acak, secara sembarangan.Sedangkan sistemis, artinya, bahasa itu bukan merupakan sistem tunggal, tetapi terdiri juga dari sub-sub sistem; atau sistem bawahan 2.Bahasa berwujud lambang adalah suatu atau sesuatu yang dapat menandai atau mewakili ide, pikiran, perasaan, benda, dan tindakan secara langsung dan alamiah. Misalnya, kalau di kejauhan tampak ada asap membumbung tinggi, maka kita tahu bahwa di sana pasti ada api, sebab asap merupakan tanda akan adanya api itu.

4.Bahasa bersifat arbiter 3.Bahasa berupa bunyi Bunyi bahasa atau bunyi uajaran (speech sound) adalah satuan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yang di dalam fonetik diamati sebagai “fon” dan di dalam fonemik sebagai “fonem”. istilah arbiter itu adalah tidak adanya hubungan wajib antara lambang bahasa (yang berwujud bunyi itu) dengan konsep atau pengertian yang dimaksud oleh lambang tersebut.

5.Bahasa itu bermakna 6.Bahasa bersifat konvensional Oleh karena lambang-lambang itu mengacu pada sesuatu konsep, ide, atau pikiran, maka dapat dikatakan bahwa bahasa itu mempunyai makna.Lebih umum dikatakan lambang bunyi tersebut tidak punya referen, tidak punya rujukan.Makna yang berkenaan dengan morfem dan kata disebut makna leksikal; yang berkenaan dengan frase, klausa, dan kalimat disebut makna gramatikal; dan yang berkenaan dengan wacana disebut makna pragmatic, atau makna konteks 6.Bahasa bersifat konvensional Artinya semua anggota masyarakat bahasa itu mematuhi konfensi bahwa lambang tertentu itu digunakan untuk mewakili konsep yang diwakilinya.Jadi kalau kearbiteran bahasa pada hubungan antara lambanag-lamabang bunyi dengan konsep yang dilambangkannya, maka kekonfensionalan bahasa terletak pada kepatuhan para penutur bahasa untuk menggunakan lambang itu sesuai dengan konsep yang dilambangkannya

8. Bahasa bersifat universal 7. Bahasa bersifat unik   8. Bahasa bersifat universal 7. Bahasa bersifat unik artinya, setiap bahasa mempunyai cirri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh bahasa lainnya Artinya, ada ciri-ciri yang sama yang dimiliki oleh setiap bahasa yang ada di Dunia ini. Bukti dari keuniversalan bahasa adalah bahwa setiap bahasa mempunyai satuan-satuan bahasa yang bermakna, entah satuan yang maknanya kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana.

9.Bahasa itu bervariasi 10.Bahasa bersifat produktif   9.Bahasa itu bervariasi   10.Bahasa bersifat produktif Mengenai variasi bahasa ini ada tiga istilah yang perlu diketahui, yaitu idiolek, dialek, dan ragam Kata produktif adalah bentuk ajektif dari kata benda produksi. Arti produktif “ banyak hasilnya” atau lebih tepat “terus menerus menghasilkan” lalu, kalau bahasa itu dikatakan produktif, maka maksudnya, meskipun unsure-unsur itu terbatas, tapi dengan unsur-unsur dengan jumlahnya yang terbatas terdapat di luar satuan-satuan bahasa yang jumlahnya yang tidak terbatas, meski secara relative sesuai dengan sistem yang berlaku dalam bahasa.

12.Bahasa berfungsi sebagai alat interaksi sosial   12.Bahasa berfungsi sebagai alat interaksi sosial   11.Bahasa bersifat dinamis Bahasa adalah satu-satunya milik manusia yang tidak perbah lepas dari segala kegiatan dan gerak manusia sepanjang keberadaan manusia itu, sebagai makhluk yang berbudaya dan bermasyarakat tak ada kegiatan manusia yang tidak disertai oleh bahasa.Malah dalam bermimpi pun manusia menggunakan bahasa. Karena keterkaitan dan keterikatan bahasa itu dengan manusia, sedangkan dalam kehidupannya dalam manusia nya kegiatan manusia tidak tetap dan tidak berubah, maka bahasa itu juda menjadi ikut berubah, menjadi tidak tetap, menjadi tidak statis.Karena itulah, bahas itu disebut dinamis. Kalau kita menyimak kembali cirri-ciri bahasa, yang sudah dibicarakan dimuka, bahwa bahasa itu adalah sistem lambang bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, bersifat arbitrer, bermakna, dan produktif, maka dapat dikatakan bahwa binatang tidak mempunyai bahasa.Bahwa binatang dapat berkomunikasi dengan sesama jenisnya, bahkan juga dengan manusia, adalah memang suatu kenyataan. Namun, alat komunikasinya tidaiklah sama dengan alat komunikasi manusia, yaitu bahasa

FUNGSI BAHASA 1. Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri 2. Bahasa sebagai Alat Komunikasi 3. Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial 4. Bahasa sebagai Alat Kontrol Sosial

HAKIKAT BAHASA Tarigan mengemukakan adanya delapan  prinsip dasar hakikat bahasa, yaitu : (1) bahasa adalah suatu sistem (2) bahasa adalah vokal (3) bahasa tersusun daripada lambang-lambang arbitrari (4) setiap bahasa bersifat unik (5) bahasa dibangun daripada kebiasaan-kebiasaan (6) bahasa ialah alat komunikasi (7) bahasa berhubungan erat dengan tempatnya berada (8) bahasa itu berubah-ubah Bahasa dapat dilihat dari dua aspek, yaitu hakikat dan fungsinya Hakikat bahasa mengacu pada pembicaraan sistem/struktur atau Langue, sedangkan fungsi bahasa menyangkut pula pembicaraan proses atau parole. Hubungan kedekatan yang tidak dapat dipisahkan antara sistem dengan proses ini dilukiskan oleh Kleden dengan kalimat: ’Tanpa proses sebuah struktur (sistem) akan mati, tanpa struktur (sistem) proses akan kacau. Jadi, antara hakikat bahasa dan fungsi bahasa itu sendiri merupakan suatu konsep dua fungsi bahasa.

Menurut   LUDWIG WITTGENSTEIN: Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami, berhubungan dengan realitas, dan memiliki bentuk dan struktur yang logis