Kemala Nur Shabrina P2IPK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Testing & Implementation System
Advertisements

Teknik Sukses dan Kerjasama
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI
MEMBANGUN TEAM BUILDING
PROJECT-BASED LEARNING
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Keterampilan Dasar Mengajar
Sonata Christian, SE.,MM Odd Semester 2013 GOOD to GREAT Chapter 6.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MANAJEMEN PROSES DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (umum I)
Kepemimpinan Wirausaha
PERUBAHAN SUMBER DAYA MANUSIA
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
EFFECTIVE COACHING Hasnerita, S.Si.T.M.Kes.
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
Pengembangan Solusi Content Management Pertemuan 3.
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
STKIP-PGRI Banjarmasin
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
Dosen Pengampu : Ali Hanafiah, SE. MM.
The Eight Cs of Transformational Change
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA
METODE DAN DESAIN PELATIHAN
PELATIHAN AKTIF Apa itu Pelatihan Aktif ?
STRATEGI PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
STRUKTUR KURIKULUM 2013 Pendekatan Saintifik.
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI
SEPULUH TIPS MENGEMBANGKAN BUDAYA INOVASI
MERANCANG PROYEK PERUBAHAN
RINGKASAN MANAJEMEN STRATEGIK & PERUBAHAN
Kecakapan Antarpribadi
Sebuah pemikiran besar berikutnya setelah Open Innovation
INOVASI DAN KREATIF DALAM
Analisis Metode Eksperimen
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
Pengertian Dasar Fasilitasi
Komunikasi Penyuluhan Penyuluh sebagai agen perubahan
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
Total Quality Management
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
INOVASI DAN KREATIF DALAM
Model project based learning
PROGRAM MAGISTER MANAJEMEN STIE HAS
KEPEMIMPINAN Pertemuan ke XI - XII.
Keterampilan Dasar Mengajar
SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Keterampilan Dasar Mengajar
KREATIVITAS SMK SWADAYA SEMARANG OLEH IKA UMAYA YASINTA
TELECENTER SEBAGAI FASILITATOR PERUBAHAN KOMUNITAS
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
PEMBERDAYAAN.
SELAMAT DATANG DI PERKULIAHAN KEWIRAUSAHAAN
Persiapan Guru sebagai Fasilitator dalam Memberikan
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS)
PERTEMUAN -3.
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI Perubahan yang direncanakan (Planned Change) Perubahan yang direncanakan (Planned Change) usaha sistematik untuk.
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Pelatihan Pendampingan Kurikulum 2013
PIHAK-PIHAK YANG TERLIBAT DALAM PROYEK
Kepemimpinan Wirausaha. Definisi Kepemimpinan Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain atau sekelompok orang ke arah tercapainya.
Manajemen pemasaran ingin merancang strategi yang akan membangun hubungan yang menguntungkan dengan konsumen sasaran. Tetapi ada beberapa filosofi menurut.
KELOMPOK KERJA (TEAMWORK) KELAS EAP PENGANTAR MANAJEMEN Disusun oleh : 1. Audhira Syafa Azzahra 2. Maria Ekawati 3. Hasri Fazari 4. Annisya Putri 5. Losdiani.
Transcript presentasi:

Kemala Nur Shabrina P2IPK IF YOU WANT TO BE A GOOD LEADER, BE A GOOD LEARNER & KEY ABILITIES OF EFFECTIVE INNOVATION LEADERS Kemala Nur Shabrina P2IPK

BE A GOOD LEADER AND ALSO GOOD LEARNER Memiliki berbagai pengetahuan dan kapasitas di berbagai disiplin ilmu Mampu menjadi jembatan komunikasi Dapat mengintegrasikan semua kontribusi pemikiran dan ide-ide staffnya Mampu mengatasi dan mencegah kegagalan-kegalan yang terjadi dalam instansinya Mau belajar dari ide-ide yang sudah dicetuskan oleh staffnya Memiliki rasa ingin tahu untuk mencari dan menemukan informasi baru, pengalaman baru, kemudian mengintegrasikannya untuk mencari inovasi. Berusaha untuk menganalisis apa yang sudah berbeda, apa yang mungkin atau akan berbeda di masa depan, dan apa lagi yang bisa dan harus berbeda

Pemimpin inovasi yang efektif Memiliki rasa ingin tahu Memberikan tanya jawab Mampu menjadi manager Mampu menjadi fasilitator Mampu menjadi coach Mampu menjadi desainer Membuat “pintu terbuka”

RASA INGIN TAHU Menemukan hal – hal baru  menemukan apa pun yang dapat dipelajari, karena semua keberhasilan, kegagalan, dan kekecewaan dapat memberikan kesempatan belajar yang signifikan dalam organisasi. Tertarik pada kejutan  kejutan menunjukkan adanya kemungkinan – kemungkinan baru, pintu baru untuk melakukan inovasi.

TANYA - JAWAB Seorang pemimpin inovasi harus terbiasa mengajukan pertanyaan, karena mengajukan pertanyaan merupakan bentuk interaksi yang dapat memicu pembelajaran mendalam. Pemimpin inovasi yang efektif harus mampu membingkai dan mengajukan pertanyaan untuk mengaktifkan dan mendorong bawahannya agar mampu menyampaikan ide-idenya.

MANAGER Keahlian menjadi seorang manager akan diterapkan untuk mengembangkan seluruh sistem inovasi dalam organisasi Seorang pemimpin inovasi yang efektif harus dapat mengelola anggaran keseluruhan, menyeimbangkan perspektif jangka pendek dan jangka panjang, resiko dan imbalan, dan proses berpikir yang berbeda terkait terobosan.

FASILITATOR Seorang pemimpin inovasi harus memiliki banyak waktu sebagai fasilitator untuk membantu individu dan tim menemukan solusi terbaik dari masalah kompleks yang terlibat dengan organisasi

MENGHARAPKAN HAL – HAL BESAR MENINGKATKAN KINERJA INDIVIDU & TIM COACH MENDORONG MENGHARAPKAN HAL – HAL BESAR MENINGKATKAN KINERJA INDIVIDU & TIM MENGINSPIRASI STAFFNYA UNTUK MENYAMPAIKAN IDE & MENEMUKAN SOLUSI MENARIK MEMAHAMI PERASAAN STAFFNYA MELIBATKAN STAFFNYA

DESAINER Keterampilan lain yang penting untuk pemimpin inovasi adalah kemampuan untuk merancang. Proses desain adalah kemampuan mencari solusi untuk menangani masalah yang kompleks, dengan menguasai prinsip-prinsip dan praktek mengubah pengamatan dan wawasan ke dalam konsep yang berkualitas. Disiplin desain adalah proses berpikir melalui pilihan dan kemungkinan, memilih solusi terbaik, dan mengimplementasikannya.

PINTU TERBUKA Seorang pemimpin inovasi yang efektif harus memiliki jaringan agar dapat terhubung dengan orang-orang baik di dalam maupun di luar organisasi, sehingga dapat menilai banyaknya ide dalam domain inovasi, dan untuk memahami banyaknya masalah yang akan menimpa proses inovasi yang sedang berjalan, dan tentu saja untuk membantu menyelesaikannya juga.

KESIMPULAN Menciptakan inovasi adalah proses yang kompleks. Agar suatu inovasi berhasil diimplementasikan, maka dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki berbagai pengetahuan dan kapasitas di berbagai disiplin ilmu. Tugas seorang pemimpin adalah mengatur, mendukung, memandu, dan mengelola seluruh rangkaian proses inovasi sehingga dapat mengukur hasil dan memperbaiki sistem dari proses tersebut, agar dapat mengarah pada hasil yang diinginkan yang nantinya dapat menentukan keberhasilan dan keberlanjutan inovasi tersebut dalam suatu organisasi. Pemimpin inovasi yang efektif adalah A Good Leader and also A Good Learner. Untuk menjadi pemimpin inovasi yang efektif, maka harus memiliki rasa ingin tahu; memberikan tanya jawab; mampu menjadi manager, fasilitator, coach, desainer; dan membuat pintu terbuka