PRINSIP KASIH SAYANG              

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kajian Al qur'an Tentang Iptek
Advertisements

KETENTUAN REZEKI DARI ALLAH SWT Oleh: Qosim Abdullah D
SELAMAT DATANG بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الر حمــــن الر حيـــــم Di Bedah Buku Bila Derita Tidak Tunjung Reda “ Kiat Meredam derita Hati ” Bersama.
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
KEPEDULIAN SOSIAL.
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Latar Belakang Masalah
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Tema & Nats Pembimbing : Maria (Pemberitahuan Tentang Kelahiran Yesus)
BAGAIMANA SORANG PENGAJAR (Galileo Galilei) Anda tidak dapat mengajari orang apapun juga; anda hanya dapat membantu dirinya untuk menemukannya sendiri.
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KERUKUNAN HIDUP ANTARA UMAT BERAGAMA
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
1.Memberikan prospek perbaikan kesejahteraan, kesehatan dan keamanan masyarakat 2.Memperbaiki tingkat keahlian masyarakat 3.Melestarikan atau meningkatkan.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
BAB. III MENUNTUT ILMU Pengertian Ilmu: Kata ilmu berasal dari bahasa Arab ‘ILM yang berarti: pengetahuan/kepandaian tentang sesuatu. Lawan kata JAHL.
Konsep kerukunan dalam islam
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
PRIBADI UNGGUL MENANG ATAS KRISIS Lukas 1 :
SEKEDAR SUMBANGAN PEMIKIRAN BAHAN PENDALAMAN IMAN APP 2010 TEMA ORANG DEWASA.
Mulailah bermohon dalam setiap aktivitas dengan BISMILLAH
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Perkara yang akan dipelajari:
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan.
EUTHANASIA DALAM PERSPEKTIF AGAMA ISLAM
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
RISALAH KENABIAN REDAKSI AYAT
Karya:Vira Muthia Rabi'ah/5B
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Ya Allah, kepunyaan Allahlah segala yang ada di langit dan di bumi.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
ISLAM AGAMA PLURALIS DAN UNIVERSAL
TAFSIR SURAT AL-DZARIYAT 56
IMUNISASI MR.
  ا 
HADITS IJTIMA’I.
AKHLAQ TERHADAP ALAM DAN LINGKUNGAN
KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan.
       
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
MENUTUP AURAT ITU WAJIB
REDAKSI AYAT الذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين ,134 ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب.
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Eksplorasi ayat-ayat al-qur’an dengan ilmu
Kelompok 5 Kerukunan Umat Beragama
Al-Fath (10) وَمَنْ لَمْ يُؤْمِنْ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ فَإِنَّا أَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ سَعِيرًا Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan.
BAB 7: PENGARUH HAWA NAFSU DAN SYAITAN
BAGAIMANA MENJALANI HIDUP
SK/ KD Stretegi Peta Konsep Materi. Standar Kompetensi : 10. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar Kompetensi Dasar : Menyebutkan ciri-ciri.
Doa untuk Mengulangkaji Pelajaran
Surah Ad-Dhuha Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan.
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan.
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan.
Terjemahan Surah Al- Ikhlas Dengan nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Mengasihani
Berikut ini kiriman dari seorang sahabat... semoga kita semakin semangat dalam menjalani setiap episode kehidupan yang dipersembahkan-Nya dengan segala.
IMAN KEPADA KITAB ALLAH SWT. DENGAN MEMBACA Y  N  Y  QW  Y  W  N  WQ  Y  TPV  Y  TN Y 
Kusandarkan aktifitasku hanya kepada Allah
Transcript presentasi:

PRINSIP KASIH SAYANG                                                              

TERJEMAHAN AYAT Orang-orang beriman itu Sesungguhnya bersaudara. sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. Hai anak-anakku, Pergilah kamu, Maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

PENJELASAN AYAT Dalam ayat tersebut jelas disebut kata “ikhwah” “fa ashlihuu” dan “turhamuun”. Kata “ikhwah” mengandung makna yang sangat intim dalam hubungan kekeluargaan. Bentuk keintiman tersebut sering dikaitkan dengan hubungan darah dan nasab. Jika dikaitkan dengan kata “fa ashlihuu” yang berarti memperbaiki, maka konsep ini sangat erat kaitannya dengan proses konseling. Memperbaiki yang dimaksud oleh ayat ini begitu luas, bukan hanya dalam persoalan pertikaian semata, sebagaimana yang ada dalam ayat tersebut.

Namun memperbaiki disini bisa dipahami dalam konteks yang lebih luas termasuk proses konseling. Bukankah tujuan utama konseling adalah membantu klien dalam memperbaiki dirinya dan menyelesaikan masalahnya. Proses ini tidak akan berjalan lancar jika tidak didasari oleh nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang (“turhamuun”). Dengan demikian, nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang yang diajarkan oleh ayat ini, sangat menginspirasi bagi proses konseling dan harus dijadikan sebagai salah satu prinsip dasar bagi konselor dalam bekerja.

Dalam kedua juga terdapat kata “syifa” dan “rahmat” yang berarti obat dan kasih sayang. Meskipun ayat tersebut lebih khusus membicarakan al-Qur’an sebagai syifa dan rahmat, bukan berarti konsep syifa dan rahmat tidak bisa diterapkan kepada hal lain. Dalam kaitan dengan proses konseling, konsep ini sangat urgen. Karena tujuan konseling sangat erat kaitannya dengan konsep “syifa”. Sedangkan konsep “rahmat” bisa dipahami sebagai bentuk kepedulian seseorang terhadap orang lain yang membutuhkan bantuannya.

Urgensi dari konsep “rahmat” ini semakin jelas dalam ayat ketiga, di sini terdapat kata “wa la taiasuu” dan “rauhillah” yang artinya “jangan berputus asa dari rahmat Allah”. Kegiatan konseling banyak berhubungan dengan orang-orang yang berputus asa atau hampir putus asa. Karena bagi mereka yang masih punya harapan hidup yang lebih baik, biasanya tidak butuh konseling. Sedangkan bagi mereka yang putus harapan, sangat butuh bantuan pihak lain untuk memperbaiki hidupnya. Ayat ini meyakinkan bahwa prinsip “rahmat” akan mampu membantu mereka menyelesaikan masalahnya.

Konsep “rahmat” sesunggunya sangat universal berlaku untuk semua umat manusia. Artinya prinsip persaudaraan dan kasih sayang dalam proses konseling haruslah berlaku universal, untuk siapa saja yang butuh bantuan. Dalam ayat keempat hal ini terkandung secara tersirat bahwa “rahmat” Allah memang bersifat universal, namun yang akan lebih merasakannya adalah orang yang tidak berbuat kerusakan, banyak memohon kepada Allah, dan selalu berbuat kebaikan. Artinya prinsip kasih sayang ini sangat dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan bantuan pihak lain dalam menyelesaikan masalahnya.