PARAGRAF KEILMUAN Kesatuan atau keutuhan gagasan paragraf

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
Kalimat Utama Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi inti/dasar suatu paragraf. Jika kalimat tersebut sengaja dihilangkan, maka isi paragraf tersebut.
PARAGRAF.
PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI DENGAN POWER POINT
Drs. Iwan Wijaya PELATIHAN MEDIA PRESENTASI DENGAN Ms. POWER POINT 2007 SELAMAT DATANG di.
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Aplikasi Instruksional
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PARAGRAF 1. Pengertian Paragraf 2. Unsur Paragraf 3. Struktur Paragraf
By:Hafidh Naufal Ahmad next.  faktor mental yang dimaksud adalah kondisi psikologis testee(orang yang mengerjakan tes) pada waktu akan mengerjakan dan.
Aplikasi Belajar Menulis Untuk Anak Usia Pra Sekolah Berbasis Android
MENGENAL CARA BELAJAR DEDE TRIE KURNIAWAN D1C
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Alinea Alinea atau paragraf adalah rentetan kalimat yang berkaitan sehingga membentuk makna yang serasi antarkalimat tersebut. Struktur alinea terdiri.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
PEMAKAIAN KALIMAT.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
1 Pertemuan 8 Memilih Media Matakuliah: D0514 / Aplikasi Software Komputer Tahun: 2005 Versi: 1.
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: 1.Balikan 2.Percabangan 3.Penilaian.
HAKIKAT MENULIS.
Storyboard.
BAB VIII. PARAGRAF DALAM TULISAN Kompetensi Dasar: Mahasiswa dapat menerapkan paragraf yang benar dalam tulisan Paragraf adalah kalimat-kalimat yang bertalian.
Syarat kalimat efektif Kasus kalimat tdk efektif
Konversi Modul - Buku.
KESALAHAN DALAM PENULISAN
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
PERTEMUAN KETIGA KETERAMPILAN MENULIS oleh Teguh Prakoso
PARAGRAF.
KALIMAT KEILMUAN Gramatikal Contoh:
DEFINISI PARAGRAF 1 Paragraf adalah satuan bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PENGENALAN ANGKA DALAM BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS for further detail, please visit
PARAGRAF.
PARAGRAF ABDUL HALIM ( ) HELDA YANTI ( ) SUDARLIAH ( )
01.1 Hari-1 Sesi-1 Pendahuluan.
Pembelajaran Membaca-Menulis
KOHESI DAN KOHERENSI; PENANDA KOHESI, PENALARAN
Linda Fitri Andriyani ( K )
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Perkembangan Fisik & Motorik wien/pgsd_perk.
Kekeliruan berpikir Kekeliruan (fallacy) adalah kekeliruan penalaran yang disebabkan oleh pengambilan kesimpulan yang tidak sahih dengan melanggar kaidah-kaidah.
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
Paragraf/ Alinea Karangan yang pendek / singkat yang berisi sebuah pikiran dan didukung himpunan kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk satu gagasn.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PARAGRAF.
Creative Industry dalam Komunikasi Pariwisata
Paragraf dalam Komunikasi
PERENCANAAN PEMBELAJARAN IPS
DAKONMATIKA Oleh: Zadna Zulfia Ni’mah
Mendeskripsikan tentang multimedia
Sub Tema 1 Organ Gerak Hewan Pembelajaran 1 Pembelajaran 2
Modul 3 Bentuk Berita Pada dasarnya teknik penulisan berita mengenal dua bentuk. Piramida dan Piramida terbalik 1. Piramida Semula penulisan berita hanya.
Menulis Paragraf Pertemuan 14
Sistematika Penulisan Karya Ilmiah
ANGGOTA : Kelompok 2 ENDAH SETIYARINI NIM
TOPIK , JUDUL, TEMA KARYA ILMIAH
MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN
MENYUNTING KARANGAN DENGAN PERBEDAAN PADA KETEPATAN EJAAN PILIHAN KATA, KEEFEKTIFKAN KALIMAT,KETERPAFUAN PARAGFAF DAN KEBULATAN WACANA.
JUDUL PENELITIAN Pengaruh Penggunaan Hp terhadap Konsentrasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016.
RAGAM BAHASA.
Disusun : Lies Sunarmintyastuti
Paragraf / Alinea Karangan yang pendek / singkat yang berisi sebuah pikiran dan didukung himpunan kalimat yang saling berhubungan untuk membentuk satu.
P A R A G R A F Paragraf atau alenia adalah kesatuan pikiran yang lebih tinggi atau lebih luas dari kalimat (Keraf, 1977:51). Paragraf dapat juga dikatakan.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
PARAGRAF/ALINEA DAN POLA PENGEMBANGANNYA
Pemilihan Penerbitan dan Editor
Perkembangan Game.
MEDIA DISPLAY DAN REALIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BY : LENNI KHOTIMAH HARAHAP MAGISTER PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2017.
MEDIA PEMBELAJARAN. LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan.
Transcript presentasi:

PARAGRAF KEILMUAN Kesatuan atau keutuhan gagasan paragraf Suatu paragraf dikatakan memiliki kesatuan atau keutuhan gagasan, jika seluruh uraiannya terpusat pada satu gagasan utama. Contoh: (1) Mahasiswa yang tergabung dalam tim desain Lampung memiliki kreativitas yang tinggi. (2) Mereka membuat film kartun yang berisi kritik sosial terhadap pemilihan kepala daerah. (3) Dengan demikian, kritik sosial itu disampaikan dengan cara kreatif dan tidak anarkhi, sehingga tidak meresahkan masyarakat.

2. Kelengkapan gagasan Paragraf dikatakan lengkap, apabila gagasan utamanya dijelaskan secara memadai oleh sejumlah kalimat penjelas. Contoh: (1) Ketua Umum Yayasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) Yohanes Surya telah mengembangkan animasi untuk bahan ajar dan melatih anak-anak berbakat. (2) Animasi permainan yang terintegrasi dalam perangkat lunak komputer itu terdiri dari puluhan varian dengan materi beragam. (3) Dari materi Matematika, ada fungsi penambahan, perkalian, pembagian, dan logika. (4) Selain itu, ada materi pelajaran Fisika dan Biologi. (5) Seluruh materi itu dikemas dalam bentuk permainan yang menarik dan variatif.

3. Kepaduan hubungan antarkalimat Kepaduan paragraf tersebut dapat dilihat dari kohesi dan koherensinya. Kohesi atau kepaduan bentuk terkait dengan penggunaan kata-kata yang padu. Contoh: Simulation games merupakan jenis permainan yang paling sulit. Algoritmanya sangat sulit karena harus memperhitungkan semua jenis kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, melainkan seharusnya juga mengerti persoalan matematika, teknik, dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar 7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, dan Jet Fighter.

Kekohesifan paragraf di atas ditandai oleh hal-hal berikut. Penggunaan kata ganti –nya dalam kata algoritmanya yang berarti algoritma simulation games. Pengulangan kata, seperti kata jenis, permainan, sulit, dan algoritma. Penggunaan kata tunjuk, yaitu ini.

Suatu paragraf dikatakan koheren, jika kalimat-kalimat penjelasnya mendukung gagasan utama dan tidak ada satu pun kalimat yang menyimpang atau tidak sesuai dengan gagasan utamanya.

Contoh: Komik Crayon Shinchan sudah menyebar seperti virus. Sekarang sudah tidak aneh lagi, jika masyarakat melihat anak kecil berusia lima tahun sudah memiliki visualisasi dan imajinasi seksual. Di negeri asalnya, komik Crayon bukanlah bacaan untuk anak-anak, melainkan untuk kalangan remaja. Sementara itu, di Indonesia, komik itu berada di tangan anak-anak berusia lima tahun, di mal, di pinggir jalan, di toko buku, dan di televisi. Komik itu telah menciptakan kehebohan, bahkan menciptakan rasa takut di rumah tangga Indonesia karena hidup seperti tumor yang menjalar ke dalam

tubuh anak-anak. Bila sekarang terjadi kontroversi yang sangat dahsyat, itu lebih disebabkan oleh keteledoran penerbitnya, PT Indorestu Pasific. Pada awalnya penerbit itu sama sekali tidak memberikan batas usia untuk membaca komik itu. Namun, protes berhamburan dengan deras. Akhirnya penerbit itu mulai melekatkan label batasan bacaan untuk usia 15 tahun ke atas.

Ketidakkoherenan paragraf di atas ditandai oleh hal-hal berikut. Topik paragraf di atas memang benar membicarakan komik Crayon Shinchan. Namun, gagasan pertama tentang kontroversi komik Shinchan dan yang lainnya mengenai pengaruh negatif yang ditimbulkannya.

4. Keseimbangan paragraf Sebuah paragraf dikatakan seimbang, jika panjang pendeknya disesuaikan dengan kerumitan atau kekompleksitasan gagasan utama. Contoh: Game komputer semakin lama semakin berkembang pesat. Game komputer pertama dibuat pada tahun 1962 oleh insinyur MIT dengan nama Space War. Walaupun tampilan grafiknya masih primitif, namun pada masa itu, game tersebut sudah terhitung sangat canggih. Kemudian pada tahun 1972, sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game bernama Odyssey.

Selanjutnya pada tahun 1973, perusahaan tersebut meluncurkan lagi sebuah game arcade legendaris bernama Pong. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan tenis. Mulai tahun 1980, perkembangan game pun semakin bertambah pesat dengan munculnya berbagai produsen konsol. Mereka mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar.