KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
A photography workshop by featuring. Objectives 1. Menghasilkan foto yang tidak buram dan tidak goyang 2. Menghasilkan foto yang tidak gelap 3. Menghasilkan.
Advertisements

FOTOGRAFI.
Kamera Foto dan Editing Fotografi Kreatif
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
PENULISAN NASKAH.
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
MENERAPKAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI
CAMERA SET-UP.
Minggu XII HALAMAN WEBSITE DIBUAT DENGAN HTML
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Macam-macam bidang pemandangan gambar
ZISWAF ANANG SAPUTRA FAISAL SUWANDI ADE KURNIAWAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TEHNIK KAMERA.
MENGOPERASIKAN KAMERA
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Fotografi Kehumasan Irsan Mulyadi.
Video Recording NURUL MUSAWATIRA P.
Desain permodelan grafis
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Diyah Ayu Amalia Avina M.Si
Photography By : MG. Robert F. Damaling.
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TV
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
Storyboard.
OLEH: R. WISNU WIJAYA DEWOJATI
Basic Design Principles
VIDEOGRAFI AGUS NURSAMSU.
CLOSURE, SIMILARITY, CONTINUANCE Pertemuan 5
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
SENI MULTIMEDIA Wisnu Adisukma, M.Sn..
Desain Interior II PERSPEKTIF dan MAKET Pertemuan 37, 38 & 39
Oktaviana Purnamasari, S.Sos, M.Si
MEMOTRET SUBJEK DENGAN TEKNIK PEMOTRETAN
Nyatakan teknik fotografi yang digunakan untuk mengambil gambar (foto)
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
PRAKTEK  PEMOTRETAN Andi Nurul Huda.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
SEQUENTIAL ART.
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
TEKNIK KAMERA MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Teknik Produksi Kamera.
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
STRUKTUR SHOT MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH: BUDIYANTO
KAIDAH-KAIDAH VISUAL MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS
DoF Depth of Field.
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
GAYA EKSEKUSI PESAN IKLAN
Camera Angle & Movement
TEKNIK EDITING, ANIMASI DAN MULTIMEDIA 8
FOTOGRAFI Tanpa Gambar, Aksara tak Bermakna
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
TEKNIK PENYUNTINGAN BERITA TELEVISI
APPLIED MEDIA AESTHETICS
CIRI POSTER YANG BAIK Dipasang di tempat-tempat umum.
PROSES PENGAMBILAN GAMBAR
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
Teknik dasar fotografi dan desain grafis
pertemuan 2 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn.,M.Sn
PENGERTIAN EDITING.
SARI KURNIAWATI.  Teknik ini biasa juga di sebut Very Long Shot atau Extra Long Shot.Teknik ini mencakup sudut pandang yang cukup luas.  Hal ini bertujuan.
Transcript presentasi:

KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO CHIEF CAMERAPERSON METRO TV SELASA, 14 OKTOBER’08

PENGERTIAN KOMPOSISI: MERUPAKAN SUATU CARA UNTUK MEMPERJELAS APA YANG MENJADI PRIORITAS DALAM SUATU SHOT. UPAYA MENEKANKAN SUBYEK UTAMA DAN TIDAK MENONJOLKAN ATENSI OBYEK LAIN. KOMUNIKASI VISUAL YANG BAIK DICAPAI DENGAN KOMPOSISI YANG BAIK PULA. KOMPOSISI YANG BAIK MEMPERMUDAH PESAN SAMPAI KE PENONTON. KOMPOSISI YANG BAIK MEMBANGKITKAN MINAT PENONTON MENJADI KUAT. I SEE WHAT YOU MEAN !!!( SAYA PAHAM MAKSUD ANDA)

SET-UP OF SHOT KEPUTUSAN PRIMER SUDUT KAMERA SUDUT LENSA JARAK KAMERA TINGGI KAMERA FRAME SUBYEK DALAM FOKUS DEPTH OF FIELD

DESAIN VISUAL KOMPOSISI YANG PERSPEKTIF MUNGKIN LEBIH BAGUS DARIPADA KOMPOSISI FRONTAL. PENCAHAYAAN MERUPAKAN ELEMEN DESAIN LAIN YANG JUGA BERPERAN PENTING DALAM KOMPOSISI SHOT. PENONJOLAN SUBYEK UTAMA DAN PALING PENTING DENGAN PENGGUNAAN KONTROL BACKGROUND, SUDUT LENSA, KETINGGIAN, FOKUS, SHOT SIZE DAN CAMERA MOVEMENT.

URGENTS KOMPOSISI YANG BAIK DENGAN MENAMPILKAN DEPTH OF FIELD. HINDARI MEMBAGI FRAME DENGAN ELEMEN-ELEMEN VERTIKAL DAN HORIZONTAL MENJADI AREA-AREA TERPISAH KECUALI DIKEHENDAKI. PERIKSA KESELURUHAN GAMBAR, KHUSUSNYA DETAIL LATAR BELAKANG. JAUHKAN GERAKAN SIGNIFIKAN DARI TEPI FRAME, TAPI HINDARI SHOT FRONTAL YANG BERADA PAS DITENGAH FRAME KURANGI ELEMEN DOMINAN DAN SEIMBANGKAN DENGAN ELEMEN LAIN YANG KURANG DOMINAN.

URGENTS ISI FRAME DENGAN ELEMEN DAN HINDARI AREA KOSONG YANG TERLALU LUAS DARI ASPEK RASIO LAYAR. TONJOLKAN POSISI ELEMEN TERPENTING DALAM FRAME DENGAN MENGGUNAKAN KONTROL BACKGROUND, SUDUT LENSA, KETINGGIAN, FOKUS, UKURAN SHOT, PERGERAKAN KAMERA DSB. FOKUS SELEKTIF DAN DENGAN MENARIK FOKUS DARI SUBYEK SATU KE SUBYEK LAIN BISA MENARIK PERHATIAN. USAHAKAN MEMBUAT BEBERAPA VISUAL YANG MISTERIUS ATAU KEJUTAN. SEMAKIN KUAT EFEK VISUAL SEMAKIN HEMAT PENGGUNAANNYA.

FIGURES NOOSEROOM / LOOKING ROOM

FIGURES HEADROOM

FIGURES EYE LEVEL

END SAMPAI KETEMU MINGGU DEPAN