As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Struktur Android As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
HTML PEMROGRAMAN INTERNET. Form & Input HTML Form adalah area yang bisa ditempati oleh elemen form. Elemen form adalah elemen yg mengijinkan user memasukkan.
KoTA 105 : Irwan Nugraha ( ) Rendy Azhary ( ) Taufik Rohmat ( )
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
Pemrograman Mobile Android # 6
PERTEMUAN 3 PAB Bahasan: Layout,Class,Trigger Button Intent.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Instroduksi Pemrograman Android
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pemrograman Mobile Android
Pengelolaan Database Lanjutan
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 5
Content Provider pada Android
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Android Virtual Device Manager
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Mendayagunakan Activity External
KOMPONEN APLIKASI ANDROID
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
P E R T E M U A N 5 FRAGMENT.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Presentasi materi pemrogaman mobile 2 pertemuan ke 3
Komponen Aplikasi Android
KELOMPOK 1 : PEMROGRAMAN MOBILE PERTEMUAN KE 3
Pemrograman Mobile Kelompok Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Notification, Dialog, dan Intent
Komponen Aplikasi Android
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Fragment Nama anggota : Andian Ramadhan
FRAGMENT Nama anggota :
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Webservice mobile Nama Kelompok : Ragil Setiawan ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Struktur Android As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Activity Activity berupa container atau form Activity merupakan tempat dimana UI dan sebagian kode program tersimpan Aplikasi android dapat terdiri dari 1 atau lebih activity

Activity Lifecycle Diagram

Intents Intent digunakan untuk memulai activities dan berkomunikasi antar bagian-bagian dalam android Aplikasi android dapat mengirim maupun menerima intent Intent dapat diisi dengan data ingin kita kirimkan antar activity

Intent dapat digunakan pula untuk mengirim pesan ke android yang kemudian akan dikirim ke activity dalam satu aplikasi atau ke aplikasi lain Mendaftarkan penerima intent yang dapat “mendengarkan” dan kemudian menjalankan perintah tertentu Contohnya pada saat kita share sebuah foto, maka akan ditampilkan beberapa pilihan aplikasi untuk menerima foto tersebut

Views View  elemen/kontrol dasar user interface Area berbentuk persegi pada layar yang berguna untuk penggambaran dan penanganan event ContextMenu Menu View Surface view

Widgets Widget  elemen/kontrol user interface yang lebih khusus menangani aksi tertentu dari user Button CheckBox DatePicker DigitalClock Gallery FrameLayout Imageview RelativeLayout PopupWindow Daftar android widget di internet

Tugas 2 Tuliskan minimal 5 buah widget dengan masing-masing 10 buah property dan penjelasan property tersebut

Membuat Project Baru

Application name  nama project, nama yang juga akan dipakai di Google Play Store, misal: Aplikasi Saya Company domain  URL perusahaan/ organisasi milik kita, misal: kampusku.my.id Package name  otomatis diisi dengan nama URL secara terbalik ditambah dengan nama project, misal: id.my.kampusku.aplikasisaya Project location  lokasi penyimpanan file-file dari project tersebut, misal: C:\Users\Project\AndroidStudioProjects\AplikasiSaya

Pilihan Platform Phone and tablet (smartphone dan tablet) Wear (jam tangan) TV Android Auto Glass (kacamata)

Minimum SDK  versi minimum android dimana aplikasi tersebut akan dijalankan

Pilihan Activity

Activity name  nama activity, juga sebagai nama class dari file java yang akan dibuat, misal: LayarUtama Layout name  nama file layout (berformat xml) yang akan dibuat untuk tampilan activity

LayarUtama.java package com.example.project.aplikasisaya; import android.support.v7.app.AppCompatActivity; import android.os.Bundle; public class LayarUtama extends AppCompatActivity { @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_layar_utama); } }

activity_layar_utama.xml <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <android.support.constraint.ConstraintLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent" tools:context="com.example.project.aplikasisaya.LayarUtama"> <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:text="Hello World!" android:textSize="50sp" app:layout_constraintBottom_toBottomOf="parent" app:layout_constraintLeft_toLeftOf="parent" app:layout_constraintRight_toRightOf="parent" app:layout_constraintTop_toTopOf="parent" /> </android.support.constraint.ConstraintLayout>

AndroidManifest.xml <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <manifest xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" package="com.example.project.aplikasisaya" > <application android:allowBackup="true" android:icon="@mipmap/ic_launcher" android:label="@string/app_name" android:roundIcon="@mipmap/ic_launcher_round" android:supportsRtl="true" android:theme="@style/AppTheme" > <activity android:name=".LayarUtama" > <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.MAIN" /> <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" /> </intent-filter> </activity> </application> </manifest>

Tugas 3 Tuliskan macam-macam tag yang dapat ditulis di dalam file AndroidManifest.xml dan jelaskan kegunaan dan property-nya

strings.xml <resources> <string name="app_name">Aplikasi Saya</string> </resources>