KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Topik : Struktur Sosial dan Hukum
Advertisements

Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
HAKEKAT PANCASILA HAKIKAT SILA I :
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA Outline
PEMBAGIAN AGAMA DI DUNIA
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
PANCASILA 8 FILSAFAT, PANCASILA, DAN FILSAFAT PANCASILA
Pranata Agama Dalam bahasa Arab agama disebut ad-dien yang artinya hukun atau undang undang ciptaan yang maha kuasa. Sedang dalam bahasa sansekerta, a.
ILMU ALAMIAH DASAR (IAD)
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
Pancasila Sebagai SistemFalsafah Bangsa
MOTIVASI PERTEMUAN 8 4/12/2017.
Manusia dan pandangan hidup
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
Sosiologi Antropologi Pendidikan
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
PSIKOLOGI KOMUNIKASI Anas Tamsuri.
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Modul11 filsafat komunikasi PARADIGMA DASAR ILMU
Konsepsi Belajar sepanjang Hayat
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
PEMIKIRAN AUGUSTE COMTE
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
MATERI X BERPIKIR VISIONER
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
ILMU ALAMIAH DASAR.
ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGAANYA
IAD Ilmu Alamiah Dasar. IAD Ilmu Alamiah Dasar.
MUHAMMAD FAHMI AL HABIB ( )
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
ILMU ALAMIAH DASAR.
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
Pert. 2 Dosen: Dr. Syahrial Syarbaini, MA.
KELOMPOK 1 FARICHATUN NI’MAH (080) WINDA PUTRI (066)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
ZAT DAN SIFAT TUHAN SERTA TAUHID RUBUBIYAH DAN TAUHID ULUHIYAH
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
Konsep Kebutuhan Dasar Manusia
MASYARAKAT DAN PANDANGAN HIDUP
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
FILSAFAT ILMU SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN KEBENARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
2.3.Metode Ilmiah.
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
Materi ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA 1 OUTLINE
Konsep Manusia dan Agama
Assalamu’alaikum Wr Wb. Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan dan Tujuan 2. Pemecahan Masalah 3. Pembangunan Diri Manfaat Pandangan Hidup 1. Kekokohan.
Tuhan Yang Maha Esa dan Ketuhanan
UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
ARTI TUHAN : Berasal dar i Tuan, menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti : 1. Orang tempat mengabdi 2. Orang yang memberi pekerjaan 3. Orang laki-laki.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
Meraih Bintang.
CARA BERPIKIR FILSAFAT
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
HUBUNGAN MANUSIA DENGAN AGAMA
AKIDAH KETUHANAN DAN SAINS
POSITIVISME HUKUM Positivisme adalah suatu aliran filsafat yang bertitik tolak bahwa ilmu alam (fakta yang positif) sebagai satu-satunya sumber pengetahuan.
Pelajaran 10 : RABBANIYYAH
SISTEM KEPERCAYAAN ISIP 4214 ABDUSSHAUFI, M.PD. A. RELIGI DAN SISTEM KEPERCAYAAN Religi (Fischer) : apabila kesadaran akan adanya hal-hal yang dianggap.
Transcript presentasi:

KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA PERTEMUAN 3 KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA

TUGAS HARI INI BAGAIMANA MEMBEDAKAN SUATU AGAMA DENGAN AGAMA LAIN? UNSUR2 APA YANG HARUS DIPERHATIKAN? APAKAH MANUSIA PERLU AGAMA? KENAPA? APA FUNGSI AGAMA BAGI MANUSIA? ADAKAH MANUSIA TANPA AGAMA?

KLASIFIKASI AGAMA BERDASAR ASAL-USUL SAMAWY/WAHYU/REVEALED (DIYAKINI BERASAL DARI LANGIT = DARI TEMPAT YANG TINGGI, DARI DZAT YANG MAHA AGUNG DAN KUASA) ARDHI/BUDAYA/NON-REVEALED (DIKATAKAN BERASAL DARI BUMI/MANUSIA = HASIL BUDAYA)

MUNGKINKAH SEORANG PENGANUT AGAMA MAU MENERIMA DAN MENGAKUI BAHWA AGAMA YANG DIANUTNYA ADALAH AGAMA ARDHI/AGAMA BUDAYA? BAGI SEORANG PENGANUT AGAMA, HANYA AGAMA YANG DIANUTNYA SAJA YANG IA AKUI SEBAGAI AGAMA SAMAWI (BERASAL DARI YANG MAHA TINGGI)

KLASIFIKASI AGAMA PEMBEDA PALING UTAMA DARI SUATU AGAMA DENGAN AGAMA LAIN ADALAH AJARAN (KONSEPSI/PANDANGAN/ GAMBARAN) TENTANG TUHAN. MASING2 AGAMA PUNYA GAMBARAN SENDIRI TENTANG SESUATU YANG DIPANDANG SEBAGAI TUHAN, BAIK TENTANG ZAT MAUPUN SIFAT2NYA.

KLASIFIKASI AGAMA BERDASAR KONSEP KETUHANAN BERDASARKAN AJARAN/GAMBARAN AGAMA TERTENTU TENTANG TUHAN MONOTHEISME PERCAYA BAHWA TUHAN HANYA SATU POLYTHEISME PERCAYA BAHWA TUHAN BANYAK

BAGAIMANA MENILAI AGAMA? PERHATIKAN KEBENARAN AJARANNYA TENTANG TUHAN TENTANG HIDUP DAN KEHIDUPAN YAKINI JUGA KEASLIAN/KEAUTENTIKANNYA APAKAH ANDA YAKIN BAHWA YANG DIPAKAI SAAT INI PERSIS SAMA DENGAN YANG DIAJARKAN OLEH NABI/ PEMBAWA AWALNYA?

ADAKAH MANUSIA TANPA AGAMA?

BERBAGAI UPAYA DENGAN BERMACAM-MACAM CARA TELAH DILAKUKAN UNTUK MENOLAK AGAMA SEJAK ZAMAN DAHULU. PERKEMBANGAN SAINS DI EROPA MODEREN MENDORONG PARA SAINTIS UNTUK MENINGGALKAN AGAMA YANG MEREKA ANUT (KRISTEN). AGAMA DIPANDANG SEBAGAI PENGHALANG KEMAJUAN/MODERNISASI. AGAMA BERASAL DARI YANG GHAIB KARENA ITU TIDAK SAINTIFIK

FILSAFAT EMPIRISME - MATERIALISTIK YANG ADA HANYA SESUATU YANG DAPAT DIBUKTIKAN SECARA EMPIRIK, SESUATU YANG DAPAT DIJANGKAU OLEH PANCAINDERA. HAL2 YANG TAK TERJANGKAU PANCAINDERA (IMMATERI) TIDAK DAPAT DIBUKTIKAN KEBERADAANNYA. KEBERADAAN YG GHAIB TIDAK MEYAKINKAN KARENA ITU AGAMA TIDAK DAPAT DIJADIKAN PEGANGAN

PENOLAKAN AUGUST COMTE (1795 – 1857) TINGKAT BERFIKIR MANUSIA TEOLOGI BODOH – PASRAH KEPADA YANG GAIB METAFISIK + PINTAR – MEMBUJUK TUHAN DENGAN SESAJIAN DAN UPACARA2 POSITIF MENGUASAI HUKUM ALAM – MAMPU MENGENDALIKAN GEJALA ALAM AGAMA HANYA DIBUTUHKAN OLEH ORANG2 BODOH YG BELUM SAMPAI PADA TINGKAT POSITIF/SAINTIS

ADAKAH MANUSIA TANPA AGAMA? DAPATKAH MANUSIA TERBEBAS DARI YG GAIB? BETULKAH ADA MANUSIA YANG TAK PERCAYA DENGAN SESUATU YANG GAIB? KENAPA ORANG TAKUT MENABRAK KUCING? KENAPA ORANG TAKUT DENGAN ANGKA 13? UNTUK APA UPACARA SELAMATAN? KENAPA BANYAK ORANG PINTAR BERHUBUNGAN DENGAN PARANORMAL? APAKAH KEYAKINAN SEPERTI INI HANYA ADA PADA ORANG BODOH?

MANUSIA & KEBUTUHANNYA MANUSIA ADALAH MAKHLUK PSIKO-FISIK  IMMATERI + MATERI KARENA ITU, KEBUTUHAN MANUSIA TENTU SAJA TIDAK HANYA KEBUTUHAN FISIK YANG BERSIFAT MATERI SEMATA TETAPI JUGA KEBUTUHAN PSIKIS YANG BERSIFAT IMMATERI ADA KECUKUPAN MATERI DAN ADA JUGA KEPUASAN ROHANI/JIWA. BAHKAN, PADA MANUSIA YANG SEHAT, KECUKUPAN MATERI HANYALAH ALAT UNTUK KEPUASAN DAN KETENANGAN ROHANI/JIWA

TEORI MURTADHA MUTHAHHARI KEBUTUHAN MANUSIA: ALAMIAH, YAITU KEBUTUHAN MUTLAK YG DIPERLUKAN MANUSIA UNTUK MENJAGA EKSISTENSINYA SEBAGAI MANUSIA  MAKAN, MINUM, DLL.  PENGETAHUAN,  KEBENARAN,  HIDUP BERMASYARAKAT  KESELAMATAN

KEBUTUHAN MANUSIA: NON ALAMIAH, YAITU KEBUTUHAN YG BILA TIDAK TERPENUHI TIDAK AKAN MENGHILANGKAN EKSISTENSI MANUSIA SEBAGAI MANUSIA  MEROKOK, KOPI, DLL. AGAMA MERUPAKAN KEBUTUHAN ALAMIAH YG BERSIFAT IMMATERI TANPA AGAMA, SESEORANG TIDAK AKAN HIDUP SEBAGAI MANUSIA

HANYA AGAMA YANG DAPAT MEMENUHI SECARA MEMUASKAN KEBUTUHAN AKAN PENGETAHUAN, KEBENARAN, PENATAAN HIDUP BERMASYARAKAT, DAN KESENANGAN SERTA KESELAMATAN. PEMENUHAN KEBUTUHAN YANG HANYA DIDASARKAN PADA PRODUK AKAL PIKIRAN SEMATA TAK PERNAH MEMUASKAN.

STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU KAJIAN BERIKUTNYA STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU APA YANG DIMAKSUD DENGAN STUDI AGAMA? APA MOTIVASI DAN TUJUAN STUDI AGAMA? PENDEKATAN DAN METODE APA SAJA YANG DIGUNAKAN DALAM STUDI AGAMA? BAGAIMANA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN STUDI AGAMA?