Perancangan Pembelajaran Terintegrasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Dina Mustafa Manajer Penelitian & Pengembangan SEAMEO SEAMOLEC dina@seamolec.org dina.mustafa@yahoo.co.id
Setiap siswa, sebagai semua orang, adalah pribadi yang unik & kreatif; Refleksi Setiap siswa, sebagai semua orang, adalah pribadi yang unik & kreatif; Tugas sekolah menyediakan sistem yang kondusif bagi pengembangan kepribadian para siswa dan kreativitas mereka; Sekolah akan lebih bermakna jika terkait erat dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat sekitar.
Perancangan Pembelajaran Apakah Perancangan Pembelajaran? … adalah suatu proses sistematis untuk memahami permasalahan pembelajaran, mengembangkan solusi inovatif, dan merancang, mengembangkan dan mengevaluasi sistem pembelajaran yang baru
Model Perancangan Pembelajaran ADDIE Implement/ Menerapkan/ melaksankan Design and Develop/ Merancang & Mengembangkan Evaluate Analyze/ Menganalisis Mengidentifikasi SK/KD Mengidentifikasi Permasalahan pembelajaran Melakukan analisis intruksional Melakukan Ujicoba/evaluasi formatif Mengidentifikasi indikator Mengidentifikasi prilaku awal siswa Menganalisis lingkungan/konteks pembelajaran Implementasi Otentik/di kelas Menulis latihan, tugas dan tes Pemantauan dan Evaluasi Program Merancang Solusi alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran Memilih strategi Pembelajaran Revisi dan Pelaksanaan di kelas Mengembangkan materi Pembelajaran berbasis TIK
Analyze Menganalisis Keluasan Materi yang harus dipelajari siswa dan berbagai kemungkinan cara mengajarkannya Karakteristik Siswa untuk menentukan perilaku awal atau entry behavior karakteristik Konteks (sekolah, kelas dan pribadi guru)
Permasalahan Pembelajaran Analisis kebutuhan Yang diharapkan Yang sekarang Kesenjangan Permasalahan Pembelajaran dan Upaya Perbaikan
Analisis Kebutuhan Pembelajaran Mikro Analisis Isi Pembelajaran (standar kompetensi lulusan, taksonomi tujuan pembelajaran, dimensi pembelajaran, task analysis, media dan teknologi pembelajaran) Analisis Karakteristik Siswa (gaya belajar, gaya kognitif, dan kebutuhan khusus) Analisis konteks (pada tingkat sekolah, kelas dan pribadi) Membaca Dokumen Standar Kompetensi dan Standar Isi Untuk matapelajaran Agama Islam di SMP, SMA, SMK Identifikasi kebutuhan Pembelajaran
Menentukan Tujuan (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) Membaca Dokumen Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Memilih kompetensi yang akan dikembangkan indikator, materi dan sistem penilaian dengan mengintegrasikan TIK Lakukan analisis terhadap Kompetensi Dasar untuk menentukan indikator
Indikator Berorientasi kepada siswa, bukan kepada guru atau mata pelajaran Berorientasi kepada hasil belajar, bukan kepada proses belajar
Indikator Untuk Kemampuan Kognitif Kreasi Evaluasi Analisis Penerapan Pemahaman KEMAMPUAN BERPIKIR (KOGNITIF) Pengetahuan Bloom
Indikator Untuk Kemampuan Afektif Karakterisasi Pengorganisasian Penilaian Pemberian respon Penerimaan KEMAMPUAN BERSIKAP/NILAI (AFEKTIF)
Indikator Kemampuan Psikomotor NATURALISASI MERANGKAIKAN KETEPATAN MENGGUNAKAN MENIRU KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR)
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GURU DALAM PERSPEKTIF SISTEM PERSEKOLAHAN PERENCANAAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN (PLAN) (DO) (ACT) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN Interaksi Pengelolaan Kelas KURIKULUM/ KTSP Rencana Pembelajaran Media Latihan Pemahaman siswa Menguasai materi Evaluasi sikap Media dan alat sumber belajar Membuat tes Melaksanakan tes Menilai hasil belajar Refleksi Memberikan umpan balik Metode pembelajaran Evaluasi Pembelajaran, Kendali Mutu (CHECK)
Garis besar Program Pembelajaran/KTSP Mata pelajaran/Mata Kuliah : Tahun/Semester: Kompetensi Lulusan Mapel/Makul Deskripsi Mata Pelajaran/Matakuliah : Guru/Dosen: No. Std Kompetensi/Kompetensi Dasar/indikator Pokok Bahasan/ Subpokok Bahasan Pengalaman Belajar Media Test Waktu Sumber Ctk Lain O E P O = Objektif; E = Essay; P = Performance/kinerja untuk unjuk kerja praktek/proyek/Makalah
Pengalaman Belajar Proses belajar dan mengajar (pembelajaran) yang dirancang untuk dilaksanakan dengan melibatkan guru dan siswa, melalui berbagai strategi, media, sumber belajar, dalam periode waktu tertentu sebagai proses negosiasi makna untuk pencapaian kompetensi
Belajar Belajar merupakan “proses penciptaan pengetahuan/keterampilan” Belajar berarti membentuk/menciptakan makna Proses mengkreasikan makna merupakan proses yang terus-menerus. Belajar bukan sekedar kegiatan mengumpulkan fakta, tetapi proses pengembangan pemikiran dengan membuat pengertian yang baru berdasarkan fakta
Rumpun Kompetensi Knowledge Kompetensi Understanding Knowing what Skills Attitude Interest Value Ranah Kompetensi 4 pilar belajar Knowing what Knowing why Knowing how Knowing when Attitude and value Kompetensi Learning to know Learning to do Learning to be Learning to live together (Dellor, UNESCO, 2001)
Strategi/Urutan Kegiatan Instruksional Media Instruksional Pengalaman Belajar Sumber Belajar Waktu untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan secara efektif dan efisien
Contoh Formulir Satuan Acara Pengajaran (SAP) Matapelajaran : Kode : SKS : Waktu Pertemuan : jam/menit Pertemuan ke : Kompetensi 1. SK : 2. KD/indikator : Pokok Bahasan : C. Sub Pokok Bahasan : Kegiatan Belajar Mengajar Tahap Kegiatan Pengajar Siswa Media dan Alat Pengajaran Waktu Pendahuluan Penyajian Penutup E. Evaluasi : D. Referensi :
Prosedur Pembelajaran Pembelajaran Kreatif dan Produktif Prinsip Dasar Prosedur Pembelajaran Orientasi Belajar Aktif Konstruktivistik Eksplorasi Evaluasi Interpretasi Kooperatif dan kolaboratif Re-kreasi Belajar Kreatif
ORIENTASI Pembelajaran Kreatif dan Produktif 1. … 2… - Pengkomunikasian: garis besar tugas (termasuk tujuan, materi, dan kegiatan), serta penilaian Kesepakatan antara guru dengan siswa
Pembelajaran Kreatif dan Produktif Eksplorasi Cari dan baca sumber Coba Dengarkan Saksikan Hayati Wawancara
Pembelajaran Kreatif dan Produktif Re-kreasi Ciptakan sesuatu dari hasil pemahaman: gambar seri, drama, novel, makalah, puisi, karya seni, artikel, karikatur, resep Tampilkan, demonstrasikan, pamerkan, publikasikan
Pembelajaran Kreatif dan Produktif Aha! Interpretasi Bahas Analisis Diskusi Rumuskan konsep Sajikan pemahaman di depan kelas Tanggapi (oleh siswa dan guru)
Evaluasi Pembelajaran Kreatif dan Produktif PROSES: Observasi: sikap & kemampuan berpikir, bekerja sama HASIL: Tes pemahaman konsep (sebagai hasil dari eksplorasi & interpretasi) Produk kreatif yang dihasilkan
21st Century Student Outcomes Core Subjects and 21st Century Themes Core Subjects • Indonesian, reading or language arts • English & other World languages • Arts • Mathematics • Economics • Science • Geography • History • Government and Civics • Global awareness • Financial, economic, business and entrepreneurial literacy • Civic literacy • Health literacy Learning and Innovation Skills • Creativity and innovation skills • Critical thinking and problem solving skills • Communication and collaboration skills Information, Media and Technology Skills • Information literacy • Media literacy • ICT (information and communications technology) literacy Life and Career Skills • Flexibility and adaptability • Initiative and self-direction • Social and cross-cultural skills • Productivity and accountability • Leadership and responsibility 21st Century Education Support Systems Standards and Assessments Curriculum and Instruction Professional Development Learning Environments
21st Century Skills – P-21 Definition Emphasis on Academically Rigorous Core Subjects for All Student 21st Century Context and Content (Relevance) Global Awareness, Financial, Business, Economic, and Entrepreneurship Literacy Higher-Order Thinking and Learning Skills – “Learning and Innovation Skills” Problem Solving Critical Thinking Communication Creativity and Innovation Life and Career Skills Flexibility and Adaptability Taking Initiative Leadership and Personal Responsibility 21st Century Tools -- Information, Media, and Technology Skills ICT Literacy – Becoming Critical Consumers of Information Must go further than core academics if we want to foster creativity and innovation Learning and Innovation Skills: Problem Solving, Critical Thinking, Adaptive Reasoning, Systems thinking, Communication ICT Literacy – in an age of information overload, students must become critical consumers of information
12 Kompetensi SANGAT BARU Berbasis TIK 1. Searching, dengan search engine 2. Collecting, MP3, grafik, animasi, video 3. Creating, membuat web, membuat game 4. Sharing, web pages, blog 5. Communicating, e-mail, IM, chat 6. Coordinating, workgroups, mailing list 7. Meeting, forum, chatroom, 8. Socializing, beragam kelompok sosial on line 9. Evaluating, on line advisor 10. Buying-Selling, jual beli on line 11. Gaming, game on line 12. Learning, jurnal on line, riset on line Bernie Trilling, Toward Learning Societies, 2006
Bloom’s Taxonomy - revised
Selamat Mencoba Semoga Berhasil www.seamolec.org