Praktikum pengantar kecerdasan buatan (pkb)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN VISKA ARMALINA, S.T., M.Eng..
Advertisements

AI CONCEPTS PRESENTASI PART ONE.
Pemrograman WEB Pertemuan 6
SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Pengenalan Prolog Pengenalan Prolog.
Oleh: Achmad Zakki Falani Universitas Narotama Fakultas Ilmu Komputer
PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
ARTIFICIAL INTELLEGENT
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan I “Inteligensia Semu” (IS)
Pengantar Intelegensia Buatan (IB) M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I.
M. Haviz Irfani, S.Si, M.T.I. Menurut Alan Turing “Jika sebuah mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain,dapat.
PENGANTAR BAHASA PROLOG
PENGANTAR BAHASA PROLOG
Pengantar Intelegensia Buatan (IB). Pengertian IB H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi.
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Artificial Intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
BAHASA PEMROGRAMAN PROLOG
BAB XIV KECERDASAN BUATAN. PENDAHULUAN Mulai sekitar abad 18 sebagaimana mesin telah menjadi lebih kompleks, usaha yang keras telah dicoba untuk ii manusia.
Praktikum PKB Pertemuan 2 (Visual Prolog Console & GUI)
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Konsep Sistem Informasi
Satuan Acara Perkuliahan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
Representasi & penalaran
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
PERTEMUAN 4 SISTEM PAKAR
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELLIGENCE Chapter 1
BAHASA PEMROGRAMAN PROLOG
Kecerdasan buatan.
Artificial Intelligence
Fakultas Ilmu Komputer
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
Artificial Intelegence
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELGENCE-AI)
REPRESENTASI PENGETAHUAN (KNOWLEDGE REPRESENTATION)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN - Artificial Intelligence
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
BAB XIV KECERDASAN BUATAN
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Mesin Cerdas 17/9/2015 Kode MK : MK :.
SISTEM PAKAR.
PRAKTIKUM PEMROGRAMAN WEB Pertemuan 3
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Konsep Kecerdasan Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
PEMROGRAMAN BERBASIS AI (PROLOG)
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Transcript presentasi:

Praktikum pengantar kecerdasan buatan (pkb) Pertemuan I PJ : Nuraini Purwandari Copyright@2010. This presentasion is dedicated to Laboratory of Information of Universitas Gunadarma

PEMBAHASAN Dalam praktikum kali ini dibahas antara lain : Pengertian Kecerdasan Buatan Sejarah Kecerdasan Buatan Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan Perbedaan Kecerdasan Alami & Buatan  Sejarah PROLOG Aplikasi PROLOG Konsep Pemrograman PROLOG Menu bar pada Visual Prolog

Pengertian Kecerdasan Buatan AI atau Kecerdasan Buatan merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. AI dilihat dari berbagai sudut pandang : Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’. Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia. Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis. Sudut pandang Pemrograman : studi tentang penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

Pengertian Kecerdasan Buatan Aplikasi ini memiliki 2 bagian utama, yaitu: Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi fakta-fakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya. Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Sejarah Kecerdasan Buatan Pada 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes untuk melihat bisa/tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas). Istilah“Artificial Intelligence” dimunculkan oleh John McCarthy (MIT), tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitumengetahuidanmemodelkanproses-proses berpikir manusia dan mendesain mesinagar dapat menirukan kelakukan manusia tersebut. Beberapa program AI periode 1956-1966 : – Logic Theorist, untuk pembuktian teorema matematik – Sad Sam (oleh Robert K.Lindsay, 1960), program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah percakapan. –ELIZA (Joseph Weizenbaum, 1967), program untuk terapi pasien dengan memberikan jawaban.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan Ruang lingkup Kecerdasan Buatan terdiri dari : 1. Sistem Pakar (Expert System) Komputer memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar. 2. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) Diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari 3. Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) Melalui pengenalan ucapan, diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara.

Ruang Lingkup Kecerdasan Buatan 4. Robotika dan Sistem Sensor (Robotics & Sensory Systems) 5. Computer Vision Menginterpretasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer 6. Intelligence Computer –aided Instruction Komputer digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar. 7. Game Playing

Perbedaan Kecerdasan Alami & Buatan

Sejarah PROLOG Prolog singkatan dari Programming in Logic. Dikembangkan oleh Alain Colmenraurer dan P.Roussel di Universitas Marseilles Perancis, tahun 1972. Prolog populer di Eropa untuk aplikasi artificial intelligence, sedangkan di Amerika peneliti mengembangkan aplikasi yang sama, yaitu LISP.

APLIKASI PROLOG Sistem Pakar (Expert System) Program menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat, layaknya seorang ahli. Contoh dalam mendiagnosa penyakit. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Languange Processing) Program dibuat agar pemakai dapat berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa manusia sehari-hari, layaknya penterjemah. Robotik Prolog digunakan untuk mengolah data masukanyang berasal dari sensor dan mengambil keputusan untuk menentukan gerakan yang harus dilakukan.

APLIKASI PROLOG Pengenalan Pola (Pattern Recognition) Banyak digunakan dalam image processing, dimana komputer dapat membedakan suatu objek dengan objek yang lain. Belajar (Learning) Program belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan, dari pengamatan atau dari hal-hal yang pernah diminta untuk dilakukan.

Konsep Pemrograman PROLOG Fakta dan Relasi Prolog terdiri dari kumpulan data-data objek yang merupakan suatu fakta. Fakta dibedakan 2 macam : Menunjukkan relasi. Menunjukkan milik/sifat. Penulisannya diakhiri dengan tanda titik “.” Contoh : Fakta Prolog Slamet adalah ayah Amin ayah (slamet, amin). Anita adalah seorang wanita wanita (anita). Angga suka renang dan tenis suka(angga, renang). dan suka(angga,tenis). Jeruk berwarna orange orange(jeruk).

Konsep Pemrograman PROLOG Aturan (“Rules”) Aturan adalah suatu pernyataan yang menunjukkan bagaimana fakta-fakta berinteraksi satu dengan yang lain untuk membentuk suatu kesimpulan. Sebuah aturan dinyakatakan sebagai suatu kalimat bersyarat. Kata “if” adalah kata yang dikenal Prolog untuk menyatakan kalimat bersyarat atau disimbolkan dengan “:-“. Setiap aturan terdiri dari kesimpulan(kepala) dan tubuh. Tubuh dapat terdiri dari 1 atau lebih pernyataan atau aturan yang lain, disebut subgoal dan dihubungkan dengan logika “and”. Aturan memiliki sifat then/if conditional “Kepala(head) benar jika tubuh (body) benar”.

Konsep Pemrograman PROLOG Predikat (“Predicate”) Predikat adalah nama simbolik untuk relasi. Contoh : ayah(slamet,amin). Predikat dari fakta tersebut ditulis : ayah(simbol,simbol). dimana ayah adalah nama predikat, sedangkan slamet dan amin adalah menujukkan argumen. Sebuah predikat dapat tidak memiliki atau memiliki argumen dengan jumlah bebas. Jumlah argumen suatu predikat disebut aritas (arity). Contoh : ayah(nama) …… aritas-nya 1 ayah(nama1,nama2) ….. aritasnya 2

Konsep Pemrograman PROLOG Variabel Varibel adalah besaran yang nilainya dapat berubah- ubah. Tata cara penulisan variabel : Nama varibel harus diawali huruf besar atau garis bawah (_) Nama variabel dapat terdiri dari huruf, bilangan, atau simbol dan merupakan kesatuan dengan panjang maksimum 250 karakter. Nama variabel hendaknya mengandung makna yang berkaitan dengan data yang dinyatakannya.

Menu bar pada Visual Prolog Pada gambar diatas merupakan menu bar yang terdapat pada Visual Prolog antara lain terdapat New File, Open File, Save, Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Compile, Build project, Debug, Break, Stop, Trace into, Step over, Run to Cursor, Step Out.

Laporan Pendahuluan 2 Apa yang kamu ketahui tentang Visual Prolog Console dan Visual Prolog Object Oriented GUI ! Jelaskan perbedaan antara Visual Prolog Console dan Visual Prolog Object Oriented GUI ! Note : Materi Slide bisa download di- http://anoa5.wordpress.com