Materi 2 The Data Link Layer
DATA LINK LAYER data-link layer berfungsi mentransfer data dari satu simpul (node) ke simpul yang berdekatan melalui saluran (link) “link” Terminologi: host and router adalah simpul Kanal komunikasi yang menghubungkan simpul yang berdekatan adalah link wired link wireless link LAN Data di encapsulate menjadi frame 2
Tugas dari Data Link Layer Melayani Network Layer Membuat Framing Error Control Flow Control
Fungsi dari Data Link Layer Melayani dan sebagai interface ke network layer Mengamati error transmisi Pengaturan data flow Raceiver dengan kecepatan yang rendah tidak dapat menampung pengirim dengan kecepatan tinggi.
Functions of the Data Link Layer (2) Hubungan antara paket dan frame
Services Provided to Network Layer (a) Virtual communication. (b) Actual communication.
(a) Without errors. (b) With one error. Framing A character stream. (a) Without errors. (b) With one error.
Framing (2) (a) A frame delimited by flag bytes. (b) Four examples of byte sequences before and after stuffing.
Framing (3) Bit stuffing (a) The original data. (b) The data as they appear on the line. (c) The data as they are stored in receiver’s memory after destuffing.
Hamming Code Menangani single error code Cara membuat codenya : Posisi parity bit ada di bit sesuai 2n (1,2,4,8,16,32….) Selain posisi tersebut akan dipakai sebagai data (3,5,6,7…) Untuk mencari besar parity (0 atau 1) dapat dilakukan sbb:
Posisi 1 : bergantian ada 1bit dan tidak ada 1bit : ada 1bit, gak ada 1 bit,ada 1bit….. Dan seterusnya untuk 8, 16,32,64…. Bit Paritas ditentukan sebagai 1 bila jumlah bit 1-nya adalah ganjil. Bit Paritas ditentukan sebagai 0 bila jumlah bit 1-nya adalah genap
Contoh : Suatu data : 1 0 0 1 1 0 1 0 Membuat data word –nya: - - 1 – 0 0 1 – 1 0 1 0 ( - paritas 15) Carilah paritas-nya : Posisi 1 : ? – 1 – 0 0 1 – 1 0 1 0 Jumlah bit 1 genap paritas : 0 Posisi 2 : 0 ? 1 – 0 0 1 – 1 0 1 0 Jumlah bit 1 ganjil paritas : 1 Posisi 4 : 0 1 1 ? 0 0 1 – 1 0 1 0
Posisi 8 : 0 1 1 1 0 0 1 ? 1 0 1 0 Jumlah bit 1 genap paritas : 0 Jadi Code-word-nya : 0 1 1 1 0 0 1 0 1 0 1 0 Dicoba :cari kesalahan pada bit paritas-nya 0 1 0 1 0 1 1 0 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0 1 1 0 0 0 0 0 0 1 0 0 0 1 0 1 0
0 1 0 1 0 1 1 0 0 0 1 1 Posisi 1 : ? – 0 – 0 1 1 – 0 0 1 1 Jumlah bit 1 genap paritas : 0 Posisi 2 : 0 ? 0 – 0 1 1 – 0 0 1 1 Jumlah bit 1 ganjil paritas : 1 Posisi 4 : 0 0 0? 0 11 – 0 0 1 1 Jumlah bit 1 ganjil paritas :1 Posisi 8 : 0 0 0 1 0 11 ? 00 1 0 Jumlah bit 1 ganjil paritas : 1
Error-Correcting Codes Use of a Hamming code to correct burst errors.
Error-Detecting Codes Calculation of the polynomial code checksum.
Elementary Data Link Protocols An Unrestricted Simplex Protocol A Simplex Stop-and-Wait Protocol A Simplex Protocol for a Noisy Channel
Physical Layer Protocols & Services Describe the role of bits in representing a frame as it is transported across the local media.
Layanan yang disediakan Data Link Layer bagi Network Layer Data link layer dapat dirancang untuk memberikan salah satu dari jenis layanan (service) berikut: Unacknowledged connectionless service. Sesuai pada kondisi dengan error rate yang sangat rendah, juga pada aplikasi real time seperti voice. Acknowledged connectionless service. Sesuai pada kondisi channel yang kurang handal seperti wireless. Acknowledged connection-oriented service. Menjamin pengiriman data secara handal 19
Protokol pada Data Link Layer Unrestricted Simplex Protocol Simplex stop and wait protocol Protocol Simplex untuk Kanal yang bernoise PAR (Positive Acknowledgement with Retransmission) PAR (Positive Acknowledgement with Retransmission) Sliding Window Protocols Protokol dengan “Go back to N” Protokol dengan ‘Selective Repeat
Protocol Definitions Continued Some definitions needed in the protocols to follow. These are located in the file protocol.h.
Protocol Definition (con’t) Some definitions needed in the protocols to follow. These are located in the file protocol.h.
Arsitektur Link Layer Sisi pengirim : Sisi penerima sending node frame rcving datagram adapter link layer protocol Sisi pengirim : Mengencapsulasi datagram dalam frame Menambah error checking bits, rdt, flow control, dsb. Sisi penerima Memeriksa error, rdt, flow control, dsb. Mengekstrak datagram, mengirimkan ke node penerima 23
Framing Teknik framing: Character count Flag byte – byte stuffing Flag bits – bit stuffing 24
Framing – character count A character stream. (a) Without errors. (b) With one error. Setiap frame diawali dengan field yang menyatakan panjang frame Jika field ini rusak, maka frame tidak dapat dikenali lagi 25
Framing : flag byte Awal dan akhir frame ditandai dengan byte(s) khusus Byte penanda dapat merupakan simbol yang sama atau berbeda Masalah: kode byte(s) yang digunakan dapat muncul di dalam data yang terkirim, sehingga dapat mengakibatkan kesalahan penentuan frame Solusi: byte stuffing, mengganti byte serupa pada data dengan simbol lain 26
Framing : flag byte (a) A frame delimited by flag bytes. (b) Four examples of byte sequences before and after stuffing. 27
Framing : flag bits Serupa dengan flag bytes, namun menggunakan bit Lebih cocok untuk data biner Misalnya ditentukan flag adalah: 01111110 Pada pengirim: setiap muncul 5 bit 1 berurutan, tambahkan bit 0 Pada penerima: jika menerima 5 bit 1 berurutan, maka: Jika bit berikutnya 0: hapus Jika bit berikutnya: 10: end-of-frame Jika bit berikutnya: 11: error 28
Framing : flag bits Bit stuffing (a) The original data. (b) The data as they appear on the line. (c) The data as they are stored in receiver’s memory after destuffing. 29
Protocol Data Link Layer Unrestricted Simplex Protocol Pengirim : Ambil datagram (paket) dari NL Membentuk frame Kirim datagram(frame) ke PL Penerima : Bila ada frame sampai Ambil dari PL Bentuk paket dari frame Kirim paket ke NL
Data ditransmisikan ke satu arah saja NL pengirim dan penerima siap Waktu proses diabaikan Mempunyai buffer dengan kapasitas Tidak ada frame yang rusak/hilang
Unristricted Simplex Protocol
Simplex stop and wait protocol Buffer : terbatas Saluran komunikasi : error free Trafik data : simplex Kecepatan proses : terbatas Protocol ini merupakan protocol dimana pengirim mengirimkan satu frame dan kemudian menunggu ack sebelum melanjutkan pengiriman
Pengirim : Ambil paket dari NL Membentuk frame Kirimkan ke PL Menunggu ack Penerima : Bila ada frame yang datang Ambil dari PL Ambil paket dari frame Lewatkan ke NL Kirim ack
Simplex Stop-and-Wait Protocol
Protocol Simplex untuk Kanal yang bernoise Situasi yang sesungguhnya Frame bisa rusak/hilang Bila frame rusak, dapat dideteksi dengan checksum
Protocol yang sebelumnya Pengirim : Mengambil dari NL (data) Membuat frame/membentuk frame (DLL) Mengirim frame (lewat PL) Bila menerima ack, mengirim frame berikut Bila tidak menerima ack, mengirim ulang Diulang sampai selesai
Penerima : Menerima dari PL Dilakukan error checking Kalau terjadi/terdeteksi error dibuang, tidak mengirim ack Kalau datanya bagus, tanpa error mengirim ack Diteruskan sampai si pengirim selesai mengirimkan semua frame MASALAH : Apa yang terjadi bila acknya hilang dalam transmisi data?
A Simplex Protocol for a Noisy Channel A positive acknowledgement with retransmission protocol. Continued
A Simplex Protocol for a Noisy Channel (ctd.) A positive acknowledgement with retransmission protocol.
Gambarannya sbb : Si A mengirim data Diterima oleh si B Lulus checksum, si B mengirim ack Ack hilang ditengah jalan Time out ! Si A tidak menerima ack dalam waktu tertentu Si A menganggap transmisi gagal dan mengirim frame tadi lagi Si B menerima frame lagi dan diteruskan ke NL Pada NL tertulis 2 frame yang sama pada NL
Cara mengatasinya : Diberi no. urut pada setiap framenya untuk membedakan frame yang satu dengan yang lain Jadi bila menerima frame yang sama, salah satu dapat dibuang. Jumlah bit yang menyatakan no. urut diharapkan seminimal mungkin Berapa bit minimum tersebut ? Analisa : Anggap bahwa frame I = m frame II = m + 1 frame III = m + 2
m dengan m + 1 atau m + 1 dengan m + 2 Keraguan terjadi pada bukan Akibatnya, hanya perlu membedakan antara m dengan m + 1 atau m + 1 dengan m + 2 bukan m dengan m + 2
Kenaikannya dengan modulo 2 Oleh karena itu hanya diperlukan 1 bit saja untuk nomor urut frame : 0 dan 1 Kalau menerima no. urut yang salah, (setelah 0, 0 lagi atau setelah 1, 1 lagi), berarti frame yang diterima tidak urut (duplikasi dari frame yang sebelumnya) salah satu dibuang Kalau no. urutnya benar : frame m : no. 0 frame m + 1 : no. 1 frame m + 2 : no. 0 …dst frame-frame tersebut akan diteruskan ke NL Kenaikannya dengan modulo 2
PAR (Positive Acknowledgement with Retransmission) Pengirim : Inisialisasi no urut frame yang mau dikirim Ambil paket I dari NL Membentuk frame Mengirim frame lewat PL
Menunggu jawaban dari penerima Bila frame sampai dengan selamat ada ack mengirim yang berikut Kelamaan time out mengirim data yang sama frame rusak mengirim data yang sama Diulang sampai semua frame terkirim
Penerima : Tunggu Bila frame sampai : Cek apakah frame sempurna? Cek sequential no nya? Bila valid, lewatkan data ke NL Increment seq no yang diharapkan berikutnya Bila tidak, frame tersebut dibuang Seq. No yang diharapkan berikutnya tidak di in-crement Diulang sampai pengiriman data selesai
Sliding Window Protocols A One-Bit Sliding Window Protocol A Protocol Using Go Back N A Protocol Using Selective Repeat
Protocol Sliding Window Pada 3 protocol yang pertama, frame ditransmisikan ke 1 arah saja simplex Situasi yang praktis : perlu transmisi untuk 2 arah full duplex Untuk full duplex (salah satu cara) Perlu 2 saluran transmisi simplex yang terpisah Tetapi untuk saluran balik, bandwidth wasted Forward (data) A B Reverse (ack)
Pemikiran yang lain : Menggunakan saluran yang sama untuk ke dua arah dengan data dan ack dalam 1 frame Dengan melihat jenis field pada header dari incoming frame, receiver mengetahui apakah frame tsb frame data / frame ack
Digunakan teknik piggy backing : Teknik dimana menunda pengiriman ack sampai ada data frame yang dikirimkan dan ack akan ditempelkan pada frame data. Masalah pada piggy backing : Lamanya waktu tunggu menunggu frame data yang dapat ditumpangi oleh ack Jika lamanya delay > time out sender sender retransmit data
Keuntungan dari teknik ini : Dapat menghemat bit-bit untuk membentuk frame ack Karena untuk mengirim ack juga harus dalam bentuk frame, perlu : header checksum Protocol Sliding Window : Dapat menangani : Frame sampah (rusak) Frame hilang Time out yang terlalu cepat Selain ack itu sendiri
Pada setiap frame berisi nomor urut 0 ~ max Dimana max : 2n - 1 bit Untuk Protocol stop and wait, n = 1 (0 atau 1) Protocol ini memiliki : Sending Window Mengingat nomor urut dari frame yang dikirim Ukuran frame, sesuai windownya Mengingat ack yang sampai Receiving Window Mengingat frame yang diterima dengan baik Mengingat ack yang dikirim
Sliding window dengan ukuran = 1, dengan no urut = 3 bit Max window size = n, berarti sender perlu n buffer untuk menyimpan frame yang mungkin perlu dikirim kembali Sliding window dengan ukuran = 1, dengan no urut = 3 bit
One Bit Sliding Windows Maximum window size : 1 Keterangan gambar : (a) Keadaan awal (b) Pengirim mengirim 1 frame (c) Setelah frame pertama diterima penerima (d) Setelah ack pertama diterima pengirim One Bit Sliding Windows Maximum window size : 1 Protokolnya : stop and wait Menunggu ack dari frame yang dikirimkan, baru mengirim frame berikutnya
Sliding Window Protocols (2) A sliding window of size 1, with a 3-bit sequence number. (a) Initially. (b) After the first frame has been sent. (c) After the first frame has been received. (d) After the first acknowledgement has been received.
A One-Bit Sliding Window Protocol Continued
A One-Bit Sliding Window Protocol (con’t)
A One-Bit Sliding Window Protocol (2) Two scenarios for protocol 4. (a) Normal case. (b) Abnormal case. The notation is (seq, ack, packet number). An asterisk indicates where a network layer accepts a packet.
Protokol dengan “Go back to N” Round Trip Time waktu transmisi sampai ke penerima ditambah dengan diterimanya ACK di pengirim Besarnya RTT mempengaruhi efisiensi dari penggunaan bandwidth. Contoh : Seharusnya suatu frame dapat dikirim dengan lengkap pada t = 20 ms. Ternyata baru sampai penerima setelah 270 ms dan ACK diterima kembali setelah 520. Berarti dibutuhkan 500/520 atau 96% tidak efisien.
Untuk mengatasi akan diblok w=26 frame bukan hanya 1 frame Setelah selesai mengirim 26 frame = 520 ms, diikuti dengan diterimanya ACK setiap 20 ms Window yang dibutuhkan sesuai dengan BW x RTT menentukan kapasitas pipa disebut teknik pipelining (definisikan!) Mis : Kapasitas kanal = b bit/sec, Besar frame = L bit RT prop (delay) = R sec. Waktu transmit 1 frame = L/b Utilisasi kanal : L/(L+bR) Bila L<bR. Berapa efisiensi-nya?
Masalah timbul, bila terjadi rusak/ hilang pada frame ditengah?? Ada 2 cara : Penerima menggunakan window size 1 dan disebut “Go back n” yang akan membuang semua frame berikutnya, tanpa mengirim ACK thd frame yang rusak Penerima menggunakan window size besar dan disebut “Selective repeat” yang akan membuffer semua frame setelah frame yang rusak. Frame yang rusak akan dibuang. Setelah sender time-out baru ACK dikirim ulang menggunakan NAK
A Protocol Using Go Back N Pipelining and error recovery. Effect on an error when (a) Receiver’s window size is 1. (b) Receiver’s window size is large.
Sliding Window Protocol Using Go Back N Continued
Sliding Window Protocol Using Go Back N Continued
Sliding Window Protocol Using Go Back N Continued
Sliding Window Protocol Using Go Back N
Contoh skenario dengan max-seq = 7 Pengirim mengirim frame 0-7 (ke-1) ACK (Piggy-backing) ke-7 dikirim Pengirim mengirim lagi 8 frame (0-7) (ke-2) ACK (Piggy-backing) berikut ke-7 dikirim Untuk itu perlu jumlah max frame yang tersedia (max-seq)-multiple Dibutuhkamn multiple timer. Ilustrasi multiple timer sbb :
Sliding Window Protocol Using Go Back N (2) Simulation of multiple timers in software.
Protokol dengan ‘Selective Repeat’ Protokol 6 (penerimaan tidak berurut) melewatkan ke NL berurut Bila timer habis hanya frame tsb yang diretransmisi tidak semua frame yang berikutnya. Contoh: Untuk 3 bit bisa mengirim 7 frame sbl menerima ack dikirim frame 0-6 jendela dimajukan untuk pengiriman frame ke7 dan frame 0-6
A Sliding Window Protocol Using Selective Repeat (5) (a) Initial situation with a window size seven. (b) After seven frames sent and received, but not acknowledged. (c) Initial situation with a window size of four. (d) After four frames sent and received, but not
A Sliding Window Protocol Using Selective Repeat Continued
A Sliding Window Protocol Using Selective Repeat (2) Continued
A Sliding Window Protocol Using Selective Repeat (3) Continued
A Sliding Window Protocol Using Selective Repeat (4)