Pengenalan Pemrograman Mobile.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sistem Operasi Android
Advertisements

06PEM KELOMPOK 8 HARI CAHYA NUGRAHA RATU DEWI AYU M ALENA RIZKI TEDDY MARZEN S ZUAGERI ADHIRAHMANA
Stefani Priska Tangkuman TEKNIK INFORMATIKA STMIK PARNA RAYA MANADO
Mobile Operating System Oleh Fahmi Nur Aini Wahyuni Islammia Retno Palupi Airin Nur Hidayati Siti Qomariah Nasir
+ Sistem Operasi Terapan Teknik Informatika Universitas Bunda Mulia Jakarta Indra Priyandono.
Standar Kompetensi : Menggunakan Operating System (OS) Kompetensi Dasar : Melakukan operasi dasar pada Operating System (OS) Komputer Materi : Pengertian.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Pendahuluan Tentang .Net
Mobile Application.
ANDROID OPERATING SYSTEM
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Sistem Operasi Mobile Sistem operasi mobile adalah software utama yang melakukan manajemen dan kontrol terhadap hardware secara langsung serta manajemen.
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
Pengantar Aplikasi Komputer 1B** - Psikologi
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
LINUX Berikut merupakan daftar distribusi linux yang popular
Pengantar Teknologi Informasi
Algoritma & Pemrograman 1
SISTEM KOMPUTER UNIVERSITAS GUNADARMA
Pengenalan pemrograman mobile
Pengantar Teknologi Mobile
Konsep Dasar Python Pada awalnya merupakan bahasa tingkat tingi pada sistem operasi terdistribusi Amoeba. OS terdistribusi adalah Sistem operasi terdistribusi.
Arsitektur Sistem Operasi???
Presentasi sistem operasi
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
Presentasi system operasi Nama:ahmad zia&ahmad faisal
Pengertian Sistem Operasi
PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
APLIKASI MOBILE AN’ ANQINUDIN L., S.Kom.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Pemrograman Perangkat Mobile
Android, firefox os, ubuntu touch
TREN TIK SISTEM OPERASI Oleh : Mega Suryaningsih PWK - FTSP.
ANDROID KITKAT 1. Rizqia Mintarsih
Pengembangan Aplikasi Mobile
Pemrogaman Mobile Minggu 1
Pemrograman Mobile 2 Kelas : TI 15 D Kelompok : 3
Pengenalan Pemrograman Mobile
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
Pemrograman Mobile Arif Risqiantoro ( )
PENGENALAN SISTEM OPERASI MOBILE
PEMROGRAMAN MOBILE Materi Pertemuan Ke – 1
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
SISTEM OPERASI - CHAPTER 1 SISTEM KOMPUTER
PEMOGRAMAN MOBILE 2 TUGAS PERTEMUAN 1.
PEMROGRAMAN MOBILE.
PENGENALAN MOBILE 2 Ade Irma Suryani
iPhone Mempermudah Kehidupan
PEMROGRAMAN MOBILE PMO TI 15 Sore.
ANDROID.
SMARTPHONE.
Arsitektur Sistem Operasi Linux
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 1 Rizky Aditya Doni Pranoto
Pemrograman Mobile Android Multimedia.
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Pemograman mobile 2 Kelompok 3 Kelas TI 15 A
PENGENALAN SISTEM OPERASI MOBILE
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Pengatar Teknologi Informasi “Perangkat Lunak (Software)”
ANDROID.
MACAM – MACAM SISTEM OPERASI
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
SISTEM OPERASI Sistem Operasi (atau dalam bahasa Inggris: Operating System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol.
Sistem Operasi / Operating System (OS)
SISTEM OPERASI & MANAGEMENT FILE
Transcript presentasi:

Pengenalan Pemrograman Mobile

Anggota Kelompok 4 : Mailan Catur Rochman (15.11.0116) Lingga Catur Putra (15.11.0117) Chandra Setyawan (15.11.0118) Usman Nur Dimas I.P (15.11.0119) Nandana Afif N.F (15.11.0120) Achmad Ulfi (15.11.0121) Andru Dite (15.11.0122)

PEMROGRAMAN | MOBILE Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile.

SISTEM OPERASI PERANGKAT BERGERAK Sistem operasi pada perangkat komputasi bergerak berfungsi untuk mengelola sumber daya perangkat bergerak dan menyediakan layanan (servis) yang bersifat umum agar bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan di atasnya. Android, iOS, Blackberry dan Windows Phone.

LINGKUNGAN PENGEMBANGAN Lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) adalah lingkungan pemrograman yang sudah dikemas sebagai program aplikasi, biasanya terdiri dari editor kode, sebuah compiler , debugger, dan antarmuka pengguna grafis ( GUI ) builder.

penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, desain software, DEVELOPMENT Software Development adalah salah satu tipe proyek IT yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses: penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, desain software, pengembangan software aplikasi perusahaan, atau pengembangan platform (Wales, 2012)

ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE LINUX KERNEL Android dibangun di atas kernel Linux 2.6. Namun secara keseluruhan android bukanlah linux, karena dalam android tidak terdapat paket standar yang dimiliki oleh linux lainnya. Oleh karenanya pada android terdapat beberapa servis yang diperlukan seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, jaringan dan driver.

LIBRARIES Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Contohnya : Media Library, Graphic Library, SQLite, etc. ANDROID RUNTIME Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada.

APPLICATION FRAMEWORK Menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android, menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface. APPLICATION LAYER Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.

VERSI-VERSI SISTEM OPERASI VERSI-VERSI ANDROID Android v1.0 Astro (Alpha) Android v3.0 – 3.2 Honeycomb Android v1.1 Bender (Beta) Android v4.0 Ice Cream Sandwich Android v1.5 Cupcake  Android v4.4 Kitkat Android v1.6 Donut Android v5.0 – 5.1 Lollipop Android v2.0 – 2.1 Éclair Android v6.0 Marshmallow Android v2.3 Gingerbread Android v7.0 Nougat Android v8.0 Oreo

IOS ANDROID PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE SISTEM OPERASI DESIGN GRAPHIC APPLICATION VERSI IOS Software Non-komersial Elegant, biasanya menggunakan bahan kaca Memiliki tampilan yang jernih Kebanyakan berbayar 1.0 , 2.0 , 3.0, 4, 5, 6, 7, 8 ANDROID Software bersifat Komersial Tergantung dr perusahaan HP nya. Biasanya bahan plastik Memiliki tampilan jernih dan bagus terutama Android versi Kitkat Aplikasinya gratis tapi tidak sedikit yang berbayar 1.0, 1.1, 1.5 , 2.1 , 2.0, 2.2 , 2.3 , 3.0 , 4.0 ,4.4 , 5.0 , 6.0 , 7.0 , 8.0

KELEBIHAN & KEKURANGAN SISTEM OPERASI MOBILE KELEBIHAN KEKURANGAN IOS Jumlah Aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain. Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store. Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal. Harga devicenya lebih mahal. Aplikasi-aplikasi tertentu banyak terdapat versi berbayar/trial . Tidak ada slot micro SD dan baterai sudah built in ( tidak bisa dicopot). ANDROID . User Friendly . Open Source . Aplikasi Banyak yg Gratis Update System Manual Battery cepat habis Lemot/Lag Boros Memory

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop. Memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka. Memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Daya proses yang terbatas Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini.

PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Kuat dan dapat diandalkan Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air. Konektivitas yang terbatas Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless. Mengkonsumsi daya yang rendah Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.

https://techijau.com/urutan-versi-nama-android/ DAFTAR | PUSTAKA http://newbie-21.blogspot.co.id/2014/08/apa-itu-pemrograman-mobile.html https://simpay.wordpress.com/2013/07/06/sistem-operasi-perangkat-komputasi-bergerak/ http://pondokaplikasi.blogspot.co.id/2016/04/memilih-ide-lingkungan-pengembangan.html https://algoritmacinta.wordpress.com/2012/02/26/software-development-definisi-dan-contoh/ http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/teknologi-informasi/825-arsitektur-sistem-operasi-android https://techijau.com/urutan-versi-nama-android/ http://sandhi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/34345/J2ME-Pengembangan+Aplikasi+Mobile.pdf