Konsep Manusia dan Agama

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penciptaan Manusia Menurut Al Quran Dan Hadis
Advertisements

MU’JIZAT AL-QURAN.
Manusia dan Agama.
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Pokok Bahasan 3, ARIS RISDIANA, S.Sos.I, MM
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia
PENGERTIAN AGAMA.
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
MUHAMMAD HAMBALI, SHI,MEI
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
Manusia dan Agama.
HUBUNGAN AGAMA, NEGARA DAN HUKUM
Dalam konsep pengetahuan
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
Manusia a. Asal Usul Manusia b. Manusia Makhluk Berakal.
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
Pertemuan Ke-9.
PENGERTIAN AGAMA ISLAM
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
AGAMA Arti Agama Pengertian Agama Hakekat Agama Bagi Manusia.
KELOMPOK I 1. Ana Hisbiana Al F.(B2A015016)
A. Manusia dan Alam Semesta
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
Manusia dan alam semesta Manusia menurut agama islam
Dienul Islam Jum’at 30 Maret 2007
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA KULIAH TAUHID AQIDAH AKHLAK Dosen : Sarah Wulan, S.Ag, M.Pd
BAB 2 MANUSIA DAN PERANANNYA DALAM PANDANGAN ISLAM
AGAMA Agama merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan, keyakinan terhadap Tuhan dan alam ghaib, pengaturan tentang.
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
BIODATA NAMA : SUPRIYADI,SPd.I TTL : PURWOREJO,14 SEP 1976 ALAMAT : PERUM SALSABILA 2 JATISARI, JATI ASIH, BEKASI TELP/HP :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SILABI PERBANDINGAN AGAMA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Agama dan Manusia A1 Putri Indori Sely Wardani Muammar Khadafi
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNSUR DAN PROSES PENCIPTAAN MANUSIA
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Ali Rohmad – 2015 M - Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTUHNYA
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Cahya Indah Purnamasari
QS Al-Mu’minun :
Agama Etimologi: Agama berasal dari bahasa sankskerta. [a = tidak; gama = kacau] artinya tidak kacau; atau adanya keteraturan dan peraturan untuk mencapai.
Definisi Agama Agama adalah salah satu istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa sanskerta. Istilah ini terambil dari dua kata yaitu a dan.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
PENGANTAR KONSELING LINTAS AGAMA DAN BUDAYA
Pengertian manusia; Proses terjadinya manusia;
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
MODUL IHES 1 Kemenjadian Dalam Pendidikan
Pengertian Agama Islam
HAKEKAT MANUSIA DLM ISLAM
Pertemuan 1 1. Pengertian Aqidah 2. Istilah lain Aqidah 3. Ruang lingkup Aqidah 4. Urgensi Aqidah.
Transcript presentasi:

Konsep Manusia dan Agama Kajian Tentang Manusia Manusia dalam Islam Kajian Tentang Agama Hubungan Manusia dan Agama

Kajian Tentang Manusia Ilmu Umum Homo sapiens (binatang yang berpikir), Homo volens (binatang yang berkeinginan), Homo sosial (Makhluk Sosial)

Manusia dalam Pandangan Al-Qur’an Insan lebih mengacu pada peningkatan manusia ke derajat yang dapat memberinya potensi dan kemampuan untuk memangku jabatan Khalifah dan memikul tanggung jawab dan amanat manusia di muka bumi, karena sebagai khalifah manusia dibekali dengan berbagai potensi seperti ilmu, persepsi, akal, dan nurani.

Nas Jamak dari Insan lebih menonjolkan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dan bersama-sama manusia lainnya. Contoh Al-Quran menginformasikan bahwa penciptaan manusia menjadi berbagai suku dan bangsa bertujuan untuk bergaul dan berhubungan antar sesamanya (ta’aruf) (QS. al- hujurat [49]: 13),

Basyar secara etimologis berasal dari kata ba’, syin, dan ra yang berarti sesuatu yang tampak baik dan indah, bergembira, menggembirakan, menguliti/mngupas (buah), atau memperhatikan dan mengurus suatu.

Basyar digunakan al-Quran untuk menyebut manusia dari sudut lahiriah serta persamaannya dengan manusia seluruhnya. Kata basyar juga selalu dihubungkan dengan sifat-sifat biologis manusia, seperti asalnya dari tanah, yang selanjutnya dari sperma dan berkembang menjadi manusia utuh (QS. al- Mu’minun [23]: 12-14),

Adam/Bani Adam Secara umum kedua istilah ini menunjukkan arti keturunan yang berasal dari Adam, atau dengan kata lain bahwa secara historis asal usul manusia adalah satu, yakni dari Nabi Adam (Aflatun Mukhtar, 2001: 109).

Asal Kejadian dan Akhir Manusia Al-Quran menegaskan bahwa manusia pertama adalah Adam a.s. Allah menciptakan Adam a.s. melalui proses yang unik dan berbeda dengan manusia- manusia lainnya. Melalui tanah (turab) “Proses Kun Fayakun” (QS. Ali ‘Imran [3]: 59)

2. Manusia yang lain (selain Adam atau keturunan Adam) diciptakan oleh Allah dari saripati tanah (turab), yang berproses menjadi sperma (nuthfah), segumpal darah (‘alaqah), segumpal daging (mudghah), tulang belulang (‘izham), hingga menjadi janin (khalqan akhar). (QS. al-Mu’minun [23]: 12- 14).

Akhir Manusia Kembali menjadi Tanah....

Potensi Manusia dan Struktur Manusia Potensi kecerdasan (IQ). Al-Baqarah (2): 31 Potensi tauhid (agama) Al-A’raf (7): 172: Jasmani/Fisik Aqal Ruhani/Qolbu

Fungsi kekhalifahan (khalifah Allah). Fungsi ibadah (hamba Allah). Fungsi Manusia Fungsi kekhalifahan (khalifah Allah). Fungsi ibadah (hamba Allah).

Kajian Agama Secara etimologis kata ‘agama’ berasal dari bahasa Sangskerta, yakni a dan gama. A berarti tidak dan gama berarti kocar-kacir atau berantakan. Jadi agama berarti tidak berantakan atau teratur. ‘religion’ yang berasal dari bahasa Latin religio (adjective: religious) akan tetapi sering kata ini dikaitkan dengan kata ‘religare’ yang berarti mengikat, tetapi masih rancu

din’ sendiri dalam bahasa Arab berasal dari kata ‘dana’ yang sebenarnya memiliki beberapa arti, di antaranya cara atau adat istiadat, peraturan, undang-undang, taat atau patuh, pembalasan, menunggalkan ketuhanan, perhitungan, hari kiamat, nasihat, dan agama (Moenawar Chalil, 1970: 13). Din juga bisa berarti aqidah, syari’ah, dan millah (Aflatun Mukhtar, 2001: 17).

Harun Nasution (1985: 10) mengidentifikasi beberapa definisi tentang agama dari para ahli. Agama didefinisikan sebagai berikut: a. Pengakuan terhadap adanya hubungan manusia dengan kekuatan gaib yang harus dipatuhi. b. Pengakuan terhadap adanya kekuatan gaib yang menguasai manusia.

perbuatan-perbuatan manusia. c. Mengikatkan diri pada suatu bentuk hidup yang mengandung pengakuan pada suatu sumber yang berada di luar diri manusia dan yang mempengaruhi perbuatan-perbuatan manusia. d. Kepercayaan pada suatu kekuatan gaib yang menimbulkan cara hidup tertentu. e. Suatu sistem tingkah laku (code of conduct) yang berasal dari suatu kekuatan gaib. f. Pengakuan terhadap adanya kewajiban-kewajiban yang diyakini bersumber pada suatu kekuatan gaib. g. Pemujaan terhadap kekuatan gaib yang timbul dari perasaan lemah dan perasaan takut terhadap kekuatan misterius yang terdapat dalam alam sekitar manusia. h. Ajaran-ajaran yang diwahyukan Tuhan kepada manusia melalui seorang Rasul.

Unsur Pokok Agama 1. Kekuatan gaib. 2. Keyakinan manusia bahwa kesejahteraannya di dunia ini dan hidupnya diakhirat tergantung pada adanya hubungan dengan kekuatan gaib yang dimaksud. 3. Respons yang bersifat emosional dari manusia. 4. Paham adanya yang kudus (sacred) dan suci, dalam bentuk kekuatan gaib, dalam bentuk kitab yang mengandung ajaran-ajaran agama bersangkutan dan dalam bentuk tempat- tempat tertentu (Nasution, 1985: 11).

Klasifikasi Agama Agama samawiy (Indonesia: samawi) disebut juga sebagai agama tauhid, yang berasal dari kata wahhada yang berarti menganggap satu. Agama samawi merupakan agama yang pertama di dunia yang dibawa oleh Nabi Adam a.s. sampai dengan yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Agama Samawi yang dibawa oleh semua nabi sejak Nabi Adam sampai dengan Nabi Muhammad muatan pesan ajarannya sama, yakni tauhid. Agama ardli ialah agama bumi atau agama budaya. Agama ini disebut ardli (Indonesia: ardi) karena semua konsep ajarannya berasal dari cipta, rasa, dan karsa manusia.

Kebutuhan Terhadap Agama Ada beberapa argumen mengapa agama sangat dibutuhkan oleh manusia. 1. Agama merupakan sumber kebenaran mutlak. 2. Agama sebagai sumber informasi tentang hal- hal yang gaib. 3. Agama sebagai sumber ajaran moral. 4. Agama dapat memberikan nasihat yang sangat berharga bagi manusia baik di kala suka maupun duka