17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Oleh : Tim Pengembang TIK BTKP Dinas Dikpora DIY PROSEDUR PENGEMBANGA BAHAN BELAJAR Berbasis Internet.
MATA KULIAH DESAIN INSTRUKSIONAL CARA MEMBUAT BUKU/MODUL
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PETUNJUK TEKNIS PENULISAN BUTIR SOAL.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
ANALISIS BUKU GURU dan SISWA (Mata Pelajaran Program Keahlian SMK)
Langkah-Langkah Dalam Proses Penelitian
Peta Materi, Peta Kompetensi, Flowchart
Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran
ANALISIS SILABUS DAN RENCANA PEMBELAJARAN
PPB Pengembangan Profesi Berkelanjutan Hak Cipta Pustekkom 2013 Pengembangan Bahan Ajar Kegiatan Belajar 2 Konsep, Prinsip, dan Jenis-jenis Bahan Belajar.
Menyusun Proposal PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Classroom Action Research) Oleh: Drs. Khaerudin, M.Pd.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Analisis penggunaan buku guru
PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD
Racangan/program PEMBELAJARAN
Racangan/program PEMBELAJARAN
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
JUKNIS ANALISIS STANDAR ISI
Kelompok 4 Present.
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pembelajaran Online Koesnandar.
Teamwork dalam Pengembangan Multimedia (MM)
RAMBU - RAMBU PENYUSUNAN RPP
UNSUR-UNSUR BAHAN AJAR
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
PTK KELOMPOK 3 6F PGSD Nama kelompok: Marisa Ulfa R ( )
PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK SEMINAR DAN PUBLIKASI Herman Mawengkang Departemen Matematika, FMIPA USU UNIMAL
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Mendesain Media Pembelajaran
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
PPPPTK I TK DAN PLB PTK 1.
Modul Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga diharapkan siswa dapat menyerap sendiri materi.
17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RAMBU - RAMBU PENYUSUNAN RPP
MULTIMEDIA Interaktif
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
REVIEW MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN PAI
PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Penyusunan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RAMBU-RAMBU PENYUSUNAN RPP
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) MATA KULIAH / BLOK BERDASARKAN
PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Transcript presentasi:

17 Langkah Pengembangan Bahan Belajar Berbasis Web

Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer dalam Pembelajaran Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan menggunakan Komputer Komputer sebagai Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Mata Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif on / offline Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi

Siklus Pengembangan Bahan Belajar

3 Langkah PENGEMBANGAN PERANCANGAN PENULISAN NASKAH PRODUKSI

PERANCANGAN Identifikasi Topik Penyusunan Peta Materi GBIM dan JM

1. Identifikasi Topik Menghasilkan daftar topik Sesuai dengan kebutuhan sasaran Sesuai dengan karakteristik media Melibatkan ahli, praktisi Buat urutan prioritas Identifikasi Topik

2. Penyusunan Peta Materi Mengukur cakupan dan kecukupan Tuliskan sub materi Tentukan hubungan antar sub materi (sebab akibat, bagian dari, persamaan, lawan, contoh, definisi) Gambar pohon materi Tentukan batas Penyusunan Peta Materi

3. Penyusunan Peta Kompetensi Rumuskan kompetensi akhir yang ingin dicapai Rumuskan indikator Tentukan hubungan antara indikator Gambarkan dalam peta Tentukan batas awal Penyusunan Peta Kompetensi

4. Penyusunan GBIM Gunakan format yg berisi minimal; tujuan, indikator, alat evaluasi, pokok materi, media Jelas, singkat, aktual dan Konsisten Jabarkan materi secara ringkas Lengkapi dengan rancangan visualisasi dan interaktivitas Melibatkan ahli materi dan media Penyusunan GBIM dan JM

5. Penulisan JM Setiap sub materi dideskripsikan secara singkat dan jelas Lengkapi dengan contoh Lengkapi dengan gambar Cantumkan referensi Penyusunan GBIM dan JM NASKAH

PENULISAN NASKAH Pembuatan Flowchart Penulisan Finalisasi

6. Pembuatan Flowchart Sbg kerangka dasar pemrograman Menggambarkan alur pembelajaran Proses interaktivitas Pedoman penulisan naskah Tulis flowchart dengan detil Pembuatan Flowchart

7. Penulisan Naskah Naskah merupakan blue print Sebagai pedoman produksi Berisi substansi materi, metode penyajian, dan petunjuk-petunjuk teknis Petunjuk buat programer Petunjuk buat animator, dll Penulisan Naskah

8. Pengkajian Naskah Pengkajian aspek materi dan aspek media Pengkajian aspek materi mencakup; kebenaran substansi, aktualitas, kesesuaian dengan kurikulum, efektivitas pembelajaran, dll Pengkajian aspek media mencakup; originalitas gagasan, efektivitas komunikasi, daya tarik, kejelasan dan kelengkapan petunjuk, dll Penulisan Naskah

9. Finalisasi Naskah Revisi berdasarkan saran Verifikasi Finalisasi Dinyatakan siap produksi Finalisasi Naskah Produksi

PRODUKSI Script Conference Produksi (apha) Produksi (betha)

10. Pembentukan Tim Produksi Minimal; TL, Programer, Desainer grafis, animator, QC Penerimaan naskah Pelajari naskah Susun jadwal kerja

11. Script Conference Pembahasan naskah pra-produksi Pengembangan gagasan Konfirmamsi dan klarifikaksi Penulis, pengkaji, Tim Produksi, Produser Tuliskan kesepatan hasil SC Script Conference

12. Produksi Kerja tim Ikuti aturan main Tepati jadwal Programing Grafis Animasi Text entry Produksi

13. Internal QC, Pemenuhan standar spek Lembar QC Lolos or revisi Produksi Alpha

14. Revisi (Alpha) Revisi sesuai lembar QC 1 Kembali ke QC 1 Verifikasi QC 1 Lolos or tidak lolos Revisi 1, 2, 3, …dst Produksi Alpha

15. Preview, QC 2 Eksternal QC Kebenaran substansi Efektivitas pembelajaran Efektivitas komunikasi Kualitas tampilan, dll Produksi Betha

16. Revisi (Betha) Revisi sesuai hasil preview Kembali ke QC 2 Lolos or tidak lolos Revisi 1, 2, 3, …dst Verifikasi QC 2 Siap upload Produksi Betha

17. Upload Upload Dokumentasi Database

17 Langkah PERANCANGAN PENULISAN NASKAH PRODUKSI Identifikasi topik Penyusunan Peta Materi Penyusunan Peta Kompetensi Penyusunan GBIM Penulisan JM Pembuatan flowchart Penulisan draft naskah Pengkajian draft naskah Finalisasi naskah Pembentukan Tim Produksi Script conference Produksi Internal QC (QC 1) Revisi Alpha Preview (QC 2) Revisi Betha Upload