Asas-Asas Hukum Pid Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
By: Mista Hadi Permana, M.Pd I
Advertisements

Lanjutan faktor penyebab dari s/ akibat : Contoh utk pendapat Profesor Van Bemmelen : “X melukai tangan Y dengan menggunakan sebilah pisau. Beberapa orang.
Kuliah ke 3 HPI FHUI Oleh: Gemala Dewi, SH., LL.M.
DEWI NURUL MUSJTARI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Hukum Pidana Islam Rabu, 19 Desember Masih Relevankan Hukum Pidana Islam diterapkan?  Jawabannya: Tentu masih. Sebagai sistem hukum yang telah.
METODE MEMAHAMI ISLAM AGAMA ISLAM DIYAKINI MEMILIKI SEGALA KESEMPURNAAN DAN AJARAN YANG LENGKAP, TETAPI TERKESAN KAKU DAN MENJADI BEBAN KARENA DISAMPAIKAN.
HADITS KEtigapuluh sembilan
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DENGAN
KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
TEORI PENEMUAN HUKUM Peristilahan; Batasan Penemuan Hukum;
JINAYAH By Abdul Muthalib. JINAYAH Secara terminologi → perbuatan yang dilarang oleh syarak karena dapat menimbulkan kerusakan agama, jiwa, akal, dan.
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
DASAR-DASAR PERINGAN PIDANA
HUKUM PENGANGKUTAN.
Bab III Dasar PerUU Berlakunya Hukum Adat A. Masa Hindia Belanda - Dasar hukum: Indische Staatsregeling (IS), sistem hkm pluralisme, - Dasar hukum: Indische.
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
Bab V HUKUM ISLAM Universitas Narotama.
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
FIQIH JINAYAAT Oleh: Muhaimin, S.H.,M.Kn.
AL-KHILAFAH SISTEM POLITIK DALAM ISLAM & MAJELIS SYURO
PERTANGGUNGJAWABAN NEGARA
Kajian Hukum Pidana bagi PPAT yang Bermasalah Hukum dalam Menjalankan Profesinya oleh Gandjar Laksmana Bonaprapta Anggota Bidang Studi Hukum Pidana FHUI/
Pertemuan III Asas-asas Hukum Islam.
pelanggaran-2 + kejahatan-2  thd norma-2 hk mengenai kepentingan umum
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
SHALAT JENAZAH BAB 3 KELAS XI.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Faiq Tobroni, SHI., MH. Pertemuan Kesembilan
Pert Hukum internasional.
TA’RIF (DEFINISI) TARBIYAH ISLAMIYAH Tarbiyah Islamiyah adalah: “Cara ideal dalam berinteraksi dengan fitrah manusia, baik secara langsung (berupa.
Pasal 53 UU No.9/Th 2004 : (1) Orang atau badan hukum perdata yang merasa kepentingannya dirugikan oleh suatu Keputusan Tata Usaha Negara dapat mengajukan.
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
SK-KD Indikator Qona’ah Tasamuh PERILAKU TERPUJI : QONA’AH DAN TASAMUH.
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Pertanggungjawaban pidana dalam islam
P E NO L O G I FAKULTAS HUKUM UNIKOM.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Al-Fath (Lari Dari Perang)
Hukum Islam Rabu, 21 Maret 2012 FHUI, Depok
Kajian Ahad pagi Ust. Muslih Husain
HUKUM PEMBUKTIAN PIDANA
H.ACARA PID Oleh: Airi Safrijal Pengertian dan Bentuk2 Surat Dakwaan
Dasar-dasar hukum delik adat
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
MALAIKAT SELALU BERSAMA KITA SEMUA KELOMPOK 5.
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
BAHAN KULIAH HUKUM JINAYAH Oleh : Airi Safrijal BENTUK2&UNSUR2 JARIMAH
فقه الجنايات (FIQH AL-JINAYAT)
HUKUM ACARA PERADILAN AGAMA
Assalamualaikum Wr.Wb.
LATIHAN SOAL BAB 4 1. Perhatikan pernyataan berikut: (1) menyesal thd dosa yg telah dilakukan (2) meninggalkan dosa itu (3) mengerjakan shalat, tobat,
PENYIDIKAN DAN PEMBUKTIAN DLM UU NO 32 THN 2009 TTG PPLH
ETIKA DAN TATA CARA BER-LALIN
BAHAN KULIAH HUKUM ACARA PID Oleh: Airi Safrijal Pembuktian IAIN
Macam-macam Hukuman Ditinjau dari segi pertalian satu hukuman dengan lainnya Hukuman Pokok (al-’uqubah al-ashliyah), yaitu hukuman pokok yang telah ditetapkan.
Prodi Hukum Bisnis Syariah Fakultas Syariah UIN Maliki Malang 2015
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
DIDIK ANAK AGAR JANGAN SOMBONG!
Pengertian Hukum Islam
Pembatalan Hukuman Dalam hukum Islam, hukuman menjadi batal (gugur) dikarenakan ada sebab tertentu. Sebab-sebab ini bersifat khusus dan kondisional karena.
Materi 1 Penemuan Hukum Oleh : Lita Tyesta ALW
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Ayat Al-Quran tentang Hijrah
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
Pengertian Agama Islam
AL QUR’AN SOLUSI SEMUA PROBLEMA
Transcript presentasi:

Asas-Asas Hukum Pid Islam BAHAN KULIAH HUKUM JINAYAH Oleh : Airi Safrijal Asas-Asas Hukum Pid Islam FAKULTAS HUKUM UNMUHA

A. ASAS LEGALITAS DLM HKM PID ISLAM Kata asas brsal dr bhsa Arab asasun yg brti dsar/prinsip, sdngkan kta legalitas brsal dr bhsa latin yaitu lex (kata benda) yg brti UU atau dri kata jadian legalis yg brti sah atau ssuai dg ktntuan UU. Dg dmkian legalitas adl "keabsahan sesuatu menurut undang undang". Subekti dan Tjitrosudibyo, kamus Hukum, (Jakarta: pradnya Paramita, 1969), hlm, 63.

Sumber Hukum Asas Legalitas Asas legalitas dlm Islam bkn brdsrkan pd akal mnsia, ttpi dr Allah Swt. Sdngkan asas legalitas scra jls dianut dlm hkm Islam. Terbukti adanya bbrpa ayat yg mnnjukkan asas legalitas tsb. Allah tdk akan mnjtuhkan hkman pd mnsia&tdk akn mmnta ptnggngjwban mnsia sblm adanya pnjlsan&pmbrthuan dr Rasulnya. Dasar hukum asas legalitas dalam Islam antara lain: Al-Qur'an surat Al-Isra’: 15.

Lnjtan..., Artinya: “Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), Maka Sesungguhnya Dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan Barangsiapa yang sesat Maka Sesungguhnya Dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan meng'azab sebelum Kami mengutus seorang Rasul.” (Lht pl Al-Qur'an surat Al-Qashash: 59).

Penerapan Asas Legalitas Prinsip legalitas ini ditrpkan pling tgas pd kjhtan2 hudud. Plnggrannya dihkum dg sanksi hkm yg psti. Prinsip tsb jg ditrpkan bg kjhtan qishash dan diyat dg diltakanya prosedur khusus dan sanksi yg ssuai. Jdi, tdk dirgukan bhw prinsip ini brlku spnuhnya bg kedua katagori diatas.

Asas legalitas dlm islm jg mngnal asas teritorial dan non teritorial; Asas teritorial mnytkan bhw hkm pid Islam hny brlku di wil dimna hkm Islam diberlakukan, yakni : Ngra2 Islam; Ngra yg brprang dg ngra Islam; dan Ngra yg mngdakan prjnjian damai dg ngra Islam. Asas non teritorial mnytkan bhw hkm pid Islam brlku bg seorg muslim tnpa terikat dimna ia brda, apakah ada di wil dimna hkm pid Islam dibrlkkan (tiga negara tsb di atas), maupun di ngra yg scra formal tdk dibrlkkan hkm pid Islam.

B. ASAS TIDAK BERLAKU SURUT Hukum pidana Islam pada prinsip tidak berlaku surut, hal ini sesuai dengan kaidah في التشريع الجنائي لارجعية tdk brlku surut pd pid Islam, artinya sblum adanya nas yg mlrang prbtan tsb mka tindakan mukallaf tdk bs dianggap sbg suatu jarimah. Nmn dlm praktiknya ada bbrpa jarimah yg ditrpkan brlku surut artinya prbtan itu dinggp jrimah wlaupun blm ada nas yg mlrngnya.

C. ASAS PRADUGA TAK BERSALAH Suatu konsekuen yg tdk bs dihindarkan dr asas legalitas  adl asas praduga tak brslah (principle of law fulness/presumption of innocence). Mnrut asas ini smua prbtan dianggap blh kcli dinyatakan sebaliknya olh suatu nash hkm. Slnjutnya stiap org dianggap tdk brslah utk suatu prbtan jahat, kcli dibktikan kslhannya pd suatu kjhtan tnpa ada krguan. Hadits nabi mnytkan scra jls : “Hindarkan hudud dalam keadaan ragu lebih baik salah dalam membebaskan daripada salah menghukum.” Mnrut kttuan ini, ptsan utk mnjtuhkan hkman hrs dilkan dg keyakinan, tanpa adanya keraguan.

D. ASAS MATERIAL Asas material hkm pid Islam mnytkan bhw tndak pid ialah sgl yg dilrang olh hkm, baik dlm bntuk tndkan yg dilrang maupun tdk mlkkan tndkan yg diprintahkan, yg diancam hkm (had atau ta’zir). E. ASAS MORALITAS Ada beberapa asas moral hukum pidana Islam : Asas Raful Qalam yg mnytkan bhw sanksi ats suatu tndak pid dpt dihapuskan krn alasan2 tttu, yaitu krn plkunya di bwh umur, org yg trtidur&org gila.

Asas Adamul Uzri yg mnytkan bhw ssorg tdk ditrma prnytaannya bhw ia tdk tahu hkm. Asas Suquth al-‘Uqubah yg scra harfiah brti gugurnya hkman. Asas ini mnytkan bhw sanksi hkm dpt gugur krn dua hal : pertama, krn si plku dlm mlksnakan tndkannya mlksnakan tugas; dan kedua, krn terpaksa. Asas al-Khath wa Nis-yan yg scra harfiah brti kslhan dan kelupaan. Asas ini mnytkan bhw ssorg tdk dpt ditntut prtnggngjwab ats tndkan pidananya jk ia dlm mlkkan tndkannya itu krn kslahan/krn kelupaan. Asas ini didasarkan atas surat al-Baqarah: 286.

surat al-Baqarah: 286. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Berikut ini adalah beberapa daftar ayat Alquran sebagai dasar legalitas dalam Hukum pidana Islam atau Fikih Jinayah. Jarimah Hudud 1. Zina : Al Isra' 32 dan An Nur 2 2. Qadzaf : An Nur 4 3. Minum Khamr: Al maidah 90 dan hadist 4. Pencurian: Al Maidah 38 5. Hirabah: AlMaidah 33 6. Riddah: Ali Imran 85 dan Al Baqarah 217 7. Albaghyu : Al hujurat 9 dan Hadist Jarimah Qishah Diyat 1. Pembunuhan sengaja: Al ISra 33, AL Baqarah 178 dan hadist 2. Penganiayaan Sengaja : Al baqarah 179, Al maidah 45 dan Annahl 126 3. Pembunuhan semi-sengaja : Hadist 4. Pembunuhan tidak sengaja: An Nissa' 92 dan Hadist 5. Penganiayaan Tidak Sengaja : Hadist

SEKIAN DAN TERIMAKASIH