Disusun oleh: Tuti sabariah Marwiyah

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Advertisements

(IKHLAS, TAAT, KHAUF , DAN TAUBAT)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM II
BAHAYA NARKOBA.
MEMBENTENGI ANAK-ANAK KITA DARI ANCAMAN NARKOBA
I’tikaf di Masjid Phapros 23 Ramadhan 1431 H
TAKWA.
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
BINATANG YANG HALAL DAN HARAM
HADITS KEsepuluh.
PENYALAHGUNAAN NARKOBA DALAM PANDANGAN ISLAM
Makanan dan minuman dalam islam
Etimologi  Kata takwa ( التَّقْوَى ) berasal dari kata kerja ( وَقَى ) artinya menutupi, menjaga, berhati-hati dan berlindung.
Ar-Risalah Pengertian Risalah Rasul dan Nabi Auliya dan Ulama.
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
ISLAM SEBAGAI WAY OF LIFE YANG KOMPREHENSIF DAN SEMPURNA
As-Sunah yang memuat Sunnah Rasulullah
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
Perkara yang akan dipelajari:
MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS
Larangan Pergaulan Bebas dan Perzinaan
KRITERIA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DALAM ISLAM
SUNNAH (AL-HADITS) SEBAGAI SUMBER AJARAN AGAMA ISLAM
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
“TAFSIR AYAT TENTANG PENEGAKAN HUKUM”
لَّقَدْ كَانَ فِي يُوسُفَ وَإِخْوَتِهِ آيَاتٌ لِّلسَّائِلِينَ
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Etika Islam Dalam Penerapan Ilmu
HALAL HARAMNYA MAKANAN – MINUMAN
Ekonomi Islam “Riba/Bunga dan Perekonomian tanpa Bunga”
Islam dan Dasar-Dasar Ekonomi
KEPIMPINAN DALAM ISLAM.
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Al-Fath (Lari Dari Perang)
MEDIA PENDIDIKAN Disusun oleh : NUR AMIN : KLS : D/4
MENGHINDARI PERGAULAN BEBAS
Menemani Rasulullah di Surga
Akidah Akhlak Madrasah Aliyah
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
BAB III HUKUM ISLAM.
Summative assessment By: Rio & BAYU.
MAKNA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL
WANITA BERTANYA ISLAM MENJAWAB
HALAL HARAMNYA MAKANAN – MINUMAN
Dosen: Maemunah Sa’diyah Drs.M.Ag
Hak asasi manusia dan demokrasi DALAM islam
KONSUMSI DALAM ISLAM TUTUT LINA WIJAYANTI
SERTA ADAB KETIKA MAKAN SESUAI TUNTUNAN RASULULLAH
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
Islam dan Ilmu Pertanian
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
1 Juz 7 Zaenal Abidin. 2 Surat Al Maidah Al Anam Sikap org nasrani yg beriman kpd Al-Quran Larangan mengharamkan makanan yg halal Sumpah.
SMPN 4 Mataram QANA’AH DAN TASAMUH Oleh : MAJID SAID, S.Pd.I.
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Allah SWT Nabi SAW Muhammad Rasul JasadInsan Sifat Zat SHALAT (QALBU HIDUP) Tuj: Ingat pada Allah dan sampai pd Allah. Tingkat Orang Shalat: MELAKSANAKAN.
Perundangan Zaman Rasulullah
BAB 1: MAKANAN DAN MINUMAN DALAM ISLAM
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
JUAL BELI QS. AL Baqarah : 275.
KONSEP ASAS TAMADUN ISLAM
BAB 5: MENJAGA AKHLAK TERHADAP SESAMA MANUSIA
  Nikmat Allah  “Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan dua buah bibir?” (Q.s. 90: 8-9)  Sarana.
BAB 7: MENJAGA AKHLAK DALAM MAKAN DAN MINUM
Makanan Halal يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوخُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
BAB 2: JENIS HARTA YANG WAJIB DIKELUARKAN ZAKAT
AL HADIST RAJA BATAR HASIBUAN PMI-B FDK UINSU 2019 DOSEN: H. MOHD IQBAL A. MUIN, LC,MA.
Transcript presentasi:

Disusun oleh: Tuti sabariah Marwiyah Minumam keras Dosenpembimbing: Drs.H.Zaenal Arifin. Mpd. Disusun oleh: Tuti sabariah Marwiyah Jurusan pendidikan agama islam/tarbiah UNIVERSITAS ISLAM ATTAHIRIYAH JAKARTA JL.MELAYU III NO 15 BUKIT DURI TEBET, JAKARTA SELATAN, TELP (021) 8379454

Minuman keras (khomer) adalah: jenis minuman yang memabukkan dan diharamkan. Minuman yang termasuk kepada kelompok khomr adalah segala jenis minuman yang memiliki sifat sama dengan khomer yaitu memabukkan. Jadi batasan suatu minuman dikatakan sebagai khomr didasarkan pada sifatnya bukan pada jenis dan bahannya.

Allah swt berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 90 yang berbunyi: 90. Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Abu Hanifah membatasi khamr pada anggur yang diolah dengan memasaknya sampai mendidih dan mengeluarkan busa, kemudian dibiarkan  hingga menjernih. Yang ini haram hukumnya  untuk diteguk sedikit atau banyak, memabukkan atau tidak. Adapun minuman lain seperti yang terbuat dari kurma atau gandum dan lain lain yang berpotensi memabukkan, maka ia tidak dinamai khamer, tetapi dinamai nabidz maka ia dalam pandangan abu hanifah, tidak dinamai khamr dan tidak haram kalau sedikit. Ia baru haram kalau banyak

Bagi mayoritas ulama, apapun yang apabila diminum atau digunakan dalam keadaan normal oleh seorang yang normal lalu memabukkannya maka ia adalah khamr dan ketika itu hukumnya haram, baik sedikit atau banyak.

. Ini berdasarkan sabda Rosul Saw. : كل مسكر خمروكل خمرحرام ”Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram”(HR Muslim dari Ibnu Umar)

Juga berdasarkan sabda Nabi Saw : مَااَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ “apa apa yang banyaknya memabukkan, sedikitnya(pun) haram”.(HR. Ahmad dan empat)

Islam bukan tidak mengetahui sisi manfaat khamar, namun dalam pandangan Islam dampak kerusakan khamr dalam kehidupan manusia jauh lebih besar dari manfaat yang bisa diperoleh. Hal ini dinyatakan di dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 219 yang berbunyi:   219. Mereka bertanya kepadamu tentang khamar[136] dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,

Tahapan-Tahapan Dalam Pengharaman Khomr  Allah Ta’ala mengharamkan khomr bagi ummat islam dalam empat tahapan yang tertuang dalam empat ayat, yaitu: